PTPN III Akan Fokus Pada Produktivitas dan Efisiensi

Oleh : Wiyanto | Rabu, 15 November 2017 - 06:50 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Holding Perkebunan Nusantara-PTPN III (Persero) akan fokus pada peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam operasional vaik di in farm ataupun off farm.

"Efisiensi dilakukan agar dapat tercapai harga yang efisien dan konsisten, sehingga apabila penurunan harga komoditi tidak akan berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan," ujar Direltur Utama PTPN III Holding Perkebunan Nusantara, Dasuki Amsir di Jakarta (16/11/2017).

Ia menambahkan, dalam bisnis komoditi gula, manajemen terua melakukan upaya perbaikan kinerja melalui penataan ulang pabrik gula, diversifikasi produk berbasis tebu serta pembangunan pabrik gula baru.

"Perseroan juga menjalin kerjasama perluasan lahan Tebu dengan Perum Perhutani dan Direktorat Jenderal Perkebunan," ungkapnya.

Selain itu, ditambahkan juga bahwa pada tahun 2018 Perseroan akan mulai fokus di industri hilir yang sudah mulai dikembangkan dan memiliki potensi besar dalam memberikan kontribusi terhadap revenue perusahaan, serta meneruskan upaya penetrasi pada industri hilir dari setiap komoditas pada 2019.

"Ditargetkan Perseroan bisa memproduksi minyak goreng sendiri melalui anak usaha PT Industri Nabati Lestari," kata Dasuki.

Seperti dilaporkan, Holding Perkebunan Nusantara-PTPN III (Persero) sukses melakukan turnaround dengan mencatatkan laba bersih konsolidasi per Oktober 2017 sebesar Rp921 miliar.

Angka tersebut tumbuh mencapai 214 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2016 yang masih merugi Rp806 miliar.

Peningkatan kinerja tersebut karena sejumlah faktor seperti perubahan budaya kerja, peningkatan penjualan, produktivitas tanaman, efisiensi untuk menekan harga pokok, serta kenaikan harga komoditas.