Dukung Sektor Logistik, Wings Air Buka Rute Langgur-Nabire-Timika

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 21 Juli 2017 - 12:23 WIB

INDUSTRY.co.id - Timika- Maskapai penerbangan dari Lion Air Grup, Wings Air akan membuka rute penerbangan langsung dari Langgur Maluku Tenggara-Nabire-Timika pergi pulang mulai 1 Agustus.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika John Rettob di Timika, Kamis (20/7/2017)  mengatakan pembukaan rute penerbangan pesawat Wings Air dari Tual ke Nabire dan Timika PP itu sudah lama dibicarakan, namun baru akan terealisasi dalam waktu dekat ini.

"Kami berharap tidak ada kendala sehingga pengoperasian pesawat Wings Air rute Langgur-Nabire-Tual bisa terealisasi mulai 1 Agustus 2017. Tentu ini berita yang sangat menggembirakan bagi masyarakat pengguna jasa penerbangan di wilayah Timika dan sekitarnya," kata John.

Selain mengoperasikan pesawat Wings Air, Lion Air Grup juga berencana mengoperasikan pesawat Batik Air untuk melayani penerbangan langsung Jakarta-Timika PP setiap hari.

Adapun maskapai Trigana Air berencana membuka penerbangan langsung rute Jayapura-Wamena-Timika-Langgur PP setiap hari.

Mengingat semakin tingginya permintaan maskapai penerbangan untuk membuka pelayanan penerbangan ke Timika, Dishubkominfo Mimika bekerja sama dengan semua pihak terkait lainnya kini terus membenahi kualitas pelayanan di Bandara Mozes Kilangin Timika, terutama di gedung terminal penumpang sisi selatan.

Belum lama ini, Dishubkominfo Mimika melakukan rapat koordinasi dengan jajaran PT AVCO (pengelola Bandara Timika), PT Airnaf Indonesia dan lainnya guna mempercepat realisasi penerbangan pesawat-pesawat komersial baru di Bandara Timika.

Beberapa hal yang dibicarakan dalam pertemuan koordinasi itu, demikian John, seperti pembenahan terminal penumpang di sisi selatan Bandara Timika (terminal yang dibangun pemerintah), pembenahan security sistem, perbaikan slot time dan lainnya.

"Ada beberapa hal yang harus segera kami benahi selama bulan Juli ini seperti ketersediaan sumber daya petugas untuk air traffic control, perbaikan terminal penumpang dan lainnya. Saat ini penerbangan tambahan di Bandara Timika dimungkinkan setelah pukul 11.00," jelasnya.