Afrika Selatan Cabut Aturan Masker dan Pelonggaran Perjalanan Wisatawan Asing

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 25 Juni 2022 - 14:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Afrika Selatan mengalami penurunan jumlah kasus Covid-19. Sehingga, negara itu telah memutuskan untuk mencabut aturan terkait Covid-19 yang sebelumnya mewajibkan pemakaian masker di tempat umum dalam ruangan, bersama dengan jumlah pertemuan publik yang terbatas dan berbagai persyaratan masuk di perbatasannya.

Menurut departemen pariwisata, hal itu akan menguntungkan industri pariwisata karena sekarang Afrika Selatan akan mudah diakses dan pengunjung tidak akan lagi mengalami penurunan dari masa tinggal yang nyaman di negara ini.

Keputusan itu muncul setelah negara itu melihat penurunan yang stabil dalam jumlah kasus serta sifat ringan infeksi pada gelombang kelima Covid-19.

Melansir dari laman Times of India, menurut Departemen pariwisata juga telah berbagi bahwa Covid-19 belum sepenuhnya hilang, tetapi sekarang dimungkinkan untuk kembali kepada era new normal karena sekarang negara itu bergerak ke arah yang positif sehubungan dengan kebijakan vaksin dan booster.

Departemen juga menunjukkan bahwa meskipun tingkat infeksi rendah, setiap orang harus tetap menjaga tingkat kebersihan tertentu dan memakai masker ketika berada di tempat umum, tetapi itu bukan lagi kebijakan pemerintah. Di tempat-tempat umum seperti sekolah, restoran, dan mal, masih bijaksana untuk mengambil tindakan pencegahan.

Sementara, untuk aturan wisatawan yang mengunjungi Afrika Selatan, membawa bukti vaksinasi atau tes Covid-19 negatif bukan lagi persyaratan. Ini dilakukan untuk membuat Afrika Selatan lebih mudah diakses dan terbuka bagi wisatawan.