Mulai 1 Juli, Thailand Cabut Kewajiban Thailand Pass untuk Wisatawan Asing

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 20 Juni 2022 - 09:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Wisatawan asing yang bepergian ke Thailand tidak perlu lagi melakukan pendaftaran Thailand Pass dan asuransi kesehatan mulai 1 Juli. Thailand Pass adalah platform online di mana pelancong akan diminta untuk mengunggah dokumen dan informasi terkait sebelum memasuki Negeri Gajah Putih.

Melansir dari laman Times of India, kini persyaratan ini dicabut untuk warga negara Thailand mulai 1 Juni, tetapi masih berlaku jika warga negara asing.

Jika berencana untuk melakukan perjalanan ke Thailand, wisatawan masih perlu menunjukkan bukti vaksinasi baik dalam salinan cetak atau digital dari sertifikat vaksinasi, serta menunjukkan hasil RT-PCR negatif atau hasil tes ATK (Antigen Test Kit) profesional dalam waktu 72 jam perjalanan.

Wisatawan dengan ini diberitahu bahwa mungkin ada pemeriksaan acak pada saat kedatangan di bandara internasional Thailand atau pos pemeriksaan perbatasan darat di 22 dari 77 provinsi. 

Mereka yang ditemukan tidak divaksinasi atau tidak divaksinasi penuh, atau mereka yang tidak dapat menunjukkan bukti tes pra-kedatangan negatif harus menjalani tes antigen.

Semua 77 provinsi di Thailand adalah zona hijau, yang berarti kegiatan normal sekarang diizinkan dan tidak ada lagi pembatasan terkait pandemi Covid-19. Namun, tetap diharapkan dari seluruh pengunjung dan penghuni untuk menjaga dan mengikuti peraturan dasar dan mematuhui kebersihan demi keselamatan mereka sendiri serta keselamatan orang lain di sekitar mereka.

Sekarang, dengan semua perbatasan terbuka, dan perjalanan internasional berlangsung, Thailand jelas berada di tahap pasca-pandemi. Dengan mempertimbangkan hal ini dan keselamatan penduduk, Pemerintah Kerajaan Thailand akan segera mengumumkan serangkaian pedoman baru untuk penduduk serta wisatawan asing.