Hanya Ada Saat Ramadan, Lezatnya Apem Cimanuk Kuliner Khas Warga Banten

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 02 Juni 2018 - 20:00 WIB

Apem Cimanuk Kuliner Ramadan Khas Pandenglang, Banten (Istimewa)
Apem Cimanuk Kuliner Ramadan Khas Pandenglang, Banten (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Banten - Memasuki bulan Ramadan, di daerah Indonesia mempunyai tradisi hingga menyantap berbagai kuliner lezat untuk berbuka puasa yakni, seperti di kabupaten Pandeglang Banten, ada makanan khas Banten, namanya Apem Cimanuk.

Kue yang terbuat dari tepung beras ini, merupakan salah satu kuliner khas warga Banten saat berbuka puasa. Jadi, jelas saja kalau kuliner ini sangat susah ditemui di luar bulan Ramadan. Kue yang cukup dikenal sebagai Apem Cimanuk Bohay ini, dapat kamu temui di Desa Kadu Bumbang, Kecamatan Cimanuk, Pandeglang, Banten.

Untuk cara pembuatannya dan menjaga kualitasnya, rasa apem putih, beras apem bohay digiling sendiri untuk dijadikan tepung, yang merupakan bahan baku kue tersebut. Lalu, tepung beras, dicampur dengan tape. Setelah itu, adonanpun didiamkan selama satu malam agar mengembang.

Setelah didiamkan selama satu malam, adonan tersebut dimasukan ke dalam cetakan yang terbuat dari daun pisang lalu kemudian dikukus selama setengah jam.

Setelah matang, kuliner Ramadan ini disantap dengan unik, Kamu harus mencocol apem tersebut dengan cairan gula yang terbuat dari gula aren namun, jika tidak ada gula. Kamu, bisa menggantinya dengan sirup gulamerah yang ditambahkan dengan santan dan potongan daun pandan. Nikmat bukan?

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun Nanas (FotoDok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:44 WIB

Nanas Kediri Jatim Miliki Nilai Ekonomi Tinggi

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian menggerakkan sentra nanas di Kediri, Jawa Timur, karena memiliki nilai ekonomi tinggi, baik untuk konsumsi maupun sebagai produk ekspor.

drg. Rian Hermawan Siloam Buton (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:40 WIB

Siloam Hospitals Buton Lakukan Seminar Pentingnya Pemeriksaan dan Perawatan Gigi Secara Berkala

Kesadaran sebagian masyarakat kita akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut masih tergolong sangat kurang. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 penduduk Indonesia yang…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:36 WIB

Go-Life #SiapBantuin Pengguna Lebih Produktif Melalui Hari Bolos Nasional

Layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, Gojek melalui Go-Life kembali #SiapBantuin para pengguna menyambut Harbolnas 2018 melalui peluncuran kampanye #SiapBantuin Hari Bolos…

Product Owner Go-Points Michael Parera (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:13 WIB

Ramaikan Harbolnas 2018, Gojek Hadirkan Go-Deals

Gojek, layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, akan meramaikan Hari Belanja Online Nasional 2018 melalui layanan Go-Deals, mobile marketplace yang menghadirkan penawaran deals/voucher…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:11 WIB

Menperin Airlangga Tantang HIPMI PT Cetak 1 Juta Wirausaha Pemula

Menteri Airlangga menargetkan kepada HIPMI PT dapat mencetak wirausaha pemula dari para anggotanya sebanyak satu juta orang. Hal ini guna memenuhi kebutuhan Indonesia sebesar 4 juta wirausaha…