Hanya Ada Saat Ramadan, Lezatnya Apem Cimanuk Kuliner Khas Warga Banten

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 02 Juni 2018 - 20:00 WIB

Apem Cimanuk Kuliner Ramadan Khas Pandenglang, Banten (Istimewa)
Apem Cimanuk Kuliner Ramadan Khas Pandenglang, Banten (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Banten - Memasuki bulan Ramadan, di daerah Indonesia mempunyai tradisi hingga menyantap berbagai kuliner lezat untuk berbuka puasa yakni, seperti di kabupaten Pandeglang Banten, ada makanan khas Banten, namanya Apem Cimanuk.

Kue yang terbuat dari tepung beras ini, merupakan salah satu kuliner khas warga Banten saat berbuka puasa. Jadi, jelas saja kalau kuliner ini sangat susah ditemui di luar bulan Ramadan. Kue yang cukup dikenal sebagai Apem Cimanuk Bohay ini, dapat kamu temui di Desa Kadu Bumbang, Kecamatan Cimanuk, Pandeglang, Banten.

Untuk cara pembuatannya dan menjaga kualitasnya, rasa apem putih, beras apem bohay digiling sendiri untuk dijadikan tepung, yang merupakan bahan baku kue tersebut. Lalu, tepung beras, dicampur dengan tape. Setelah itu, adonanpun didiamkan selama satu malam agar mengembang.

Setelah didiamkan selama satu malam, adonan tersebut dimasukan ke dalam cetakan yang terbuat dari daun pisang lalu kemudian dikukus selama setengah jam.

Setelah matang, kuliner Ramadan ini disantap dengan unik, Kamu harus mencocol apem tersebut dengan cairan gula yang terbuat dari gula aren namun, jika tidak ada gula. Kamu, bisa menggantinya dengan sirup gulamerah yang ditambahkan dengan santan dan potongan daun pandan. Nikmat bukan?

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 12:00 WIB

Perancang Dian Pelangi Tampil di New York Fashion Week 2019

Panggung New York Fashion Week (NYFW) - The Shows, di Industria Studio, Manhattan kembali menampilkan koleksi busana fesyen dari Indonesia, akhir minggu lalu. Empat perancang mode yaitu Dian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peletakan Batu Pertama Sekolah Vokasi di PT Gunung Raja Paksi (GRP), Cikarang Barat, Bekasi (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:15 WIB

Bangun Sekolah Vokasi, Menperin Apresiasi PT Gunung Raja Paksi Ciptakan SDM Kompeten di Industri Logam

Menperin memberikan apresiasi kepada PT GRP yang membangun sekolah vokasi sebagai wujud nyata dari komitmen menumbuhkan tenaga kerja terampil di sektor industri baja.

Operator Amerika Serikat (AS) Apple siap merilis iPhone 5G

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:00 WIB

Apple Segera Produksi Chip Modem Sendiri

Apple Inc telah memindahkan usaha rekayasa chip modemnya di bawah kelompok teknologi perangkat kerasnya sendiri dari unit rantai pasokannya, ujar dua orang yang mengetahui tentang langkah tersebut…

Suasana Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah.(Dok. PT IMIP)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:30 WIB

TNI Tugaskan Batalyon 716 Jaga Kawasan Industri Morowali

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Rabu siang mengunjungi Kawasan Industri pertambangan PT. Indonesia Morowali…

Richard Wilianto, Head of Busines Consultant Jet Commerce.(Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:00 WIB

Jet Commerce Dorong Pelaku Usaha Tembus Pasar Ekspor Lewat Platform Digital

Jet Commerce, authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia kembali menggelar lokakarya bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan pangsa pasar ekspor melalui platform digital. Setelah…