Hanya Ada Saat Ramadan, Lezatnya Apem Cimanuk Kuliner Khas Warga Banten

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 02 Juni 2018 - 20:00 WIB

Apem Cimanuk Kuliner Ramadan Khas Pandenglang, Banten (Istimewa)
Apem Cimanuk Kuliner Ramadan Khas Pandenglang, Banten (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Banten - Memasuki bulan Ramadan, di daerah Indonesia mempunyai tradisi hingga menyantap berbagai kuliner lezat untuk berbuka puasa yakni, seperti di kabupaten Pandeglang Banten, ada makanan khas Banten, namanya Apem Cimanuk.

Kue yang terbuat dari tepung beras ini, merupakan salah satu kuliner khas warga Banten saat berbuka puasa. Jadi, jelas saja kalau kuliner ini sangat susah ditemui di luar bulan Ramadan. Kue yang cukup dikenal sebagai Apem Cimanuk Bohay ini, dapat kamu temui di Desa Kadu Bumbang, Kecamatan Cimanuk, Pandeglang, Banten.

Untuk cara pembuatannya dan menjaga kualitasnya, rasa apem putih, beras apem bohay digiling sendiri untuk dijadikan tepung, yang merupakan bahan baku kue tersebut. Lalu, tepung beras, dicampur dengan tape. Setelah itu, adonanpun didiamkan selama satu malam agar mengembang.

Setelah didiamkan selama satu malam, adonan tersebut dimasukan ke dalam cetakan yang terbuat dari daun pisang lalu kemudian dikukus selama setengah jam.

Setelah matang, kuliner Ramadan ini disantap dengan unik, Kamu harus mencocol apem tersebut dengan cairan gula yang terbuat dari gula aren namun, jika tidak ada gula. Kamu, bisa menggantinya dengan sirup gulamerah yang ditambahkan dengan santan dan potongan daun pandan. Nikmat bukan?

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BSI Maslahat bantu terdampak Banjir Sumatera Barat yang dar hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah setempat. Banjir bandang yang bercampur lahar dingin Gunung Marapi berdampak di beberapa titik.

Senin, 20 Mei 2024 - 21:10 WIB

BSI Maslahat Bantu Korban Banjir Bandang dan Longsor Sumatera Barat

Banjir bandang Sumatera Barat berasal dari hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah setempat. Banjir bandang yang bercampur lahar dingin Gunung Marapi berdampak di beberapa…

Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif (tengah)

Senin, 20 Mei 2024 - 20:57 WIB

Kemenperin 'Buka Suara Lantang' Tanggapi Pernyataan Kemenkeu & Kemendag Soal Penumpukan Kontainer Impor

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) angkat suara terkait penumpukan kontainer di beberapa pelabuhan utama seperti, Tanjung Priok, Tanjung Perak, dan Belawan.

Pameran seni Harmony karya Ramrama di Mangkuluhur Artotel Suites.

Senin, 20 Mei 2024 - 20:17 WIB

Mangkuluhur Artotel Suites Gelar pameran Tunggal Harmony Karya Ramrama

Pameran seni Harmony karya Ramrama dipusatkan di Artspace, Mangkuluhur Artotel Suites mulai tanggal 17 Mei 2024 hingga 25 Agustus 2024 dengan tema flora sebagai objek utama karya.

Modena Forma Indonesia berinvestasi lebih lanjut dengan membangun lini produksi tambahan untuk lebih beragam produk-produknya di Indonesia.

Senin, 20 Mei 2024 - 19:58 WIB

Dukungan Modena Terhadap Pengembangan Industri Dalam Negeri Lewat Ekspansi Manufaktur

Modena Forma Indonesia berinvestasi lebih lanjut dengan membangun lini produksi tambahan untuk lebih beragam produk-produknya di Indonesia.

Tecno Spark 20 Pro+

Senin, 20 Mei 2024 - 19:15 WIB

Raih Muse Award 2024, Ini 5 Keunggulan Tecno Spark 20 Pro+

Fitur-fitur unggul yang disematkan ke Tecno Spark 20 Pro+ membuatnya menjadi smartphone 2 Jutaan Game Changer yang dapat membantu para pengguna merasakan pengalaman baru dengan deretan fitur…