Garap Segmen Cutting Tools Spesial Desain, PT Ikitech Bidik Pertumbuhan 40 Persen pada Tahun 2018

Oleh : Ridwan | Rabu, 07 Maret 2018 - 07:05 WIB

Direktur PT Ikimura Group Hadrianto Abas (kiri) bersama General Manager PT Ikimura Grouo Jonathan Abas (tengah) dan Deputy Director PT Ikimura Group Abigael Jane (kanan) (Foto: Herlambang/ INDUSTRY.co.id)
Direktur PT Ikimura Group Hadrianto Abas (kiri) bersama General Manager PT Ikimura Grouo Jonathan Abas (tengah) dan Deputy Director PT Ikimura Group Abigael Jane (kanan) (Foto: Herlambang/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, PT Ikitech Precision Grinding sebuah perusahaan manufaktur spesial metal cutting tools anak usaha dari PT Ikimura Group semakin menunjukkan perkembangan bisnis yang cukup baik di tiap tahunnya.

Perusahaan Ikitech Precision Grinding berdiri dari tahun 2005, memproduksi special custom cutting tools dengan desain original dari team enginering Ikitech Precision Grinding sendiri untuk dapat menghasilkan peningkatan pencapaian efektivitas dan produktivitas bagi seluruh customer.

Abigael Jane selaku Deputy Director PT Ikimura Group mengatakan, permintaan akan produk kami cukup melonjak sangat signifikan sejak tahun 2009. Hal ini seiring dengan peningkatan permintaan otomotif di dalam negeri yang semakin meningkat.

"Di Machining Mandiri Pratama dan Multi Precision Utama, anak perusahaan Ikimura Group lainnya lebih memfokuskan usahanya ke arah penyediaan jasa machining, penjualan alat-alat pendukung mesin industri dan pembuatan komponen pada kendaraan bermotor dan alat-alat elektronik," ujar Abigael kepada INDUSTRY.co.id di Menara Batavia, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Ia menambahkan, penyebab terbesar dari peningkatan industri otomotif dan elektronik di Indonesia adalah karena meningkatnya kepercayaan investor asing kepada Indonesia yang akhir-akhir ini menunjukkan kestabilan di dalam politik dan ekonomi.

Ikimura Group saat ini memfokuskan kepada pasar industri otomotif yang membutuhkan cutting tools dengan desain spesial mulai dari ukuran, dimensi, volume dan sebagainya.

"Segmen pasar ini belum banyak di Indonesia, karena minimnya tenaga kerja ahli dan membutuhkan mesin-mesin industri yang canggih. Selama ini sebagian besar customer melakukan impor, padahal harganya sangat mahal dan pengirimannya pun bisa lebih dari tiga bulan, hal ini yang membuat kami tertantang untuk mengembangkan bisnis ini dengan fokus untuk menggarap segmen pasar ini," terangnya.

Berada di kawasan industri Jababeka, pabrik cutting tools PT Ikitech, berdiri di atas lahan seluas 1800 meter persegi dan luas bangunan mencapai 800 meter persegi, dengan total tenaga kerja mencapai 100 orang.

Dikesempatan yang sama, General Manager PT Ikimura Group Jonathan Abas mengatakan, fasilitas mesin produk kami merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

"Kurang lebih total ada 25 mesin, semua berasal dari Eropa dengan total investasi mencapai lebih dari Rp200 miliar," ungkap Jonathan.

Jonathan optimis pertumbuhan bisnis kedepannya akan semakin membaik. Menurutnya, masih minimnya kompetitor di industri cutting tools dengan desain spesial semakin membuat perusahaan percaya diri dalam mengembangkan bisnis kedepannya.

"Dalam industri cutting tools dengan desain spesial kompetitor masih minim, kalau penjualan banyak," imbuhnya.

Jonathan berharap tahun politik dapat menjadi momentum buat perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi. "Pertumbuhan memang up and down. Namun kami optimis pertumbuhan capai 40% pada tahun 2018," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…