Promosikan Danau Toba, Kabupaten Samosir Gelar Horas Samosir Fiesta 2018

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 16 Februari 2018 - 13:30 WIB

Launching Event Horas Samosir Fiesta 2018 (Foto: Dok. Kemenpar)
Launching Event Horas Samosir Fiesta 2018 (Foto: Dok. Kemenpar)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Horas Samosir Fiesta 2018, merupakan even yang akan diselenggarakan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Dengan mengangkat tema ‘Samosir Negeri Indah Kepingan Surga’.  

Gelaran even ini dalam rangka mempromosikan dan menarik minat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Samosir, pulau di tengah Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) yang dikembangkan sebagai destinasi prioritas berkelas dunia.

“Danau Toba oleh Presiden Joko Widodo dikembangkan sebagai destinasi prioritas kelas dunia dengan mengandalkan unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas). Unsur atraksi  di antaranya event Horas Samosir Fiesta 2018, diharapkan semakin menarik kunjungan wisatawan ke Danau Toba,” kata Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, melalui siaran persnya yang diterima Industry.co.id, Kamis (15/2/2018).

Ia juga mengatakan, pemerintah telah membentuk Badan Ororita Pariwisata (BOP) Danau Toba. Badan ini bertugas dan bertanggung jawab mengelola destinasi prioritas Danau Toba sebagai ‘single destination, singgle manajement’ yang mengedepankan semangat Indonesia Incoporated.

“Presiden Jokowi menginstruksikan untuk  membangun Kawasan Danau Toba secara menyeluruh selayaknya melibatkan tujuh Kabupaten di kawasan danau vulkanik terbesar di dunia. Oleh karena itu, seluruh unsur yang berkepentingan di sekitar Danau Toba harus solid, speed, dan smart (3S) dalam mengembangkan pariwisata di sana,” kata Dadang.

Saat ini kunjungan wisatawan ke Danau Toba menunjukan tren positif terus meningkat, seiring dikembangkannya insfrakstur seperti jalan tol, bandara, serta pelabuhan penyebarangan.

“Tahun 2019 kita mentargetkan kunjungan wisatawan ke Toba sebanyak 1 juta wisatawan, sedangkan tahun 2016 kunjungan wisatawan mancanegara ke Toba sebanyak 35.823 wisman dan 154.905 wisatawan nusantara , dan tahun 2017  meningkat menjadi  55.771 wisman dan 222.288 wisnus,” ungkap Dadang.

Upaya peningkatan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata Danau Toba terus dilakukan di antaranya membangun  akses jalan tol dari Kuala Namu-Tebing Tinggi-Pematang Siantar serta pelebaran jalur Pematang Siantar – Parapat. Pembangunan outer ring road yang mengitari danau sepanjang 100 km,  inner ring road di Pulau Samosir, dan  pembangunan pelabuhan penyeberangan di kedua sisi danau.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, Horas Samosir Fiesta (HSF) merupakan event tahunan yang digelar sejak tahun 2014, "Kegiatan HSF 2018 akan dikemas lebih menarik agar banyak mendatangkan wisatawan ke Toba,” kata Rapidin Simbolon.

Event Samosir ini dikemas berskala internasional sehingga diharapkan mampu mendatangkan wisatawan dari berbagai negara.

”Aksesibilitas ke Samosir sekarang mudah dan banyak pilihan lewat darat dan udara. Dari Bandara Kualanamu lewat tol menuju Parapat, Simalungun. Kemudian wisatawan bisa menyeberangan melalui Pelabuhan Ajibata, Simalungun, maupun Pelabuhan Tigaras,  atau langsung menuju bandara udara internasional Silangit,” kata Rapidin Simbolon.

Penyelenggaraan event Horas Samosir Fiesta 2018 diharapkan akan memperkuat promosi serta branding pariwisata Toba. “Kegiatan ini akan menciptakan peluang ekonomi kreatif masyarakat Samosir serta membuka peluang kerjasama paket wisata dengan tour operator,” kata Rapidin Simbolon.

Horas Samosir Fiesta 2018 yang digelar dalam kurun waktu satu tahun akan disemarakan beragam event unggulan antara lain, Festival Gondang Naposo, Samosir Band Festival, Batak Fiesta Samosir Jazz Season, Sigalegale Carnival dan Festival Sipinggan, Festival Pasir Putih, Horja Bius Mangalahat Horbo, Samosir Music International, Samosir Lake Toba Ultra Marathon, dan festival lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…