3 Faktor Pendorong Mengapa Destinasi Wisata Mulai Ramai Pengunjung

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 27 Desember 2021 - 11:25 WIB

Wisatawan di Bali (Dok: Kemenparekraf)
Wisatawan di Bali (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Menjelang libur akhir tahun, tentu saja masyarakat ingin menghabiskan momen perayaan Natal dan Tahun Baru dengan traveling bersama keluarga maupun kerabat. Walau di tengah pandemi, niat masyarakat untuk bepergian tidak surut sama sekali.

Melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id dari Pegipegi, seperti dilansir dari IndoGuideBook, sebuah survei telah dilakukan untuk mengetahui tren liburan di 2021. Hasilnya ada sekitar 47 persen masyarakat telah merencanakan bepergian di dalam negeri. 

Maka, dengan survei tersebut menunjukkan bahwa di situasi pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, perilaku konsumen untuk berlibur cenderung tetap stabil.

Travel Report Pegipegi juga merangkum sekiranya di tahun ini ada lima destinasi yang menjadi favorit masyarakat untuk bepergian dalam kota yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bali. Kota-kota tersebut merupakan pilihan kota besar yang ramai pengunjung, dan terkenal dengan banyak destinasi menarik di dalamnya. 

Sehingga, adapun bebrapa faktor pendorong mengapa lima destinasi tersebut sangat ramai dikunjungi wisatawan. Berikut tiga faktor mengapa kelima kota tersebut menjadi destinasi wisata favorit liburan. 

Fasilitas dan Infrastruktur yang Memadai

Masyarakat kini dimudahkan dengan adanya infrastruktur yang memadai. Terlihat dari akses perjalanan di kota-kota besar yang sudah dibangun sedemikian rupa dalam rangka mempermudah traveller bermobilitas. Tersedia juga, pilihan fasilitas transportasi yang mudah untuk diakses saat mengunjungi destinasi pilihan. Seperti pesawat, kereta api, bus dan travel, kapal, serta angkutan umum.

Penerapan Protokol Kesehatan yang Ketat

Pemerintah beserta jajarannya sudah mengimbau semaksimal mungkin agar setiap pelaku perjalanan dapat tetap menjaga kebersihan dan keamanan selama bepergian. Tak hanya itu, banyak tempat wisata yang kini juga telah menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer yang dapat digunakan secara umum. Hal ini bertujuan agar destinasi yang ramai pengunjung, tetap dapat mematuhi protokol kesehatan yang ada secara disiplin.

Variasi Destinasi Alam dan Budaya yang Beragam

Indonesia terkenal dengan kekayaan dan keanekaragamannya. Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa dapat ditemukan ribuan destinasi alam, budaya, dan sejarah yang juga berlimpah. Terutama di Bali, masyarakat bisa menjumpai wisata air atau deretan pantai eksotis dengan mudah. Variasi tersebut menjadi ciri khas tersendiri bagi tiap kota dalam menarik minat pengunjung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…

Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB

Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.