Gegara Omicron, Thailand Kembali Terapkan Karantina

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 22 Desember 2021 - 11:15 WIB

Pattaya, Thailand (Ist)
Pattaya, Thailand (Ist)

INDUSTRY.co.id - Thailand akan mewajibkan kembali karantina bagi wisatawan asing karena kekhawatiran penyebaran Omicron. Kementerian Kesehatan melaporkan kasus pertama penularan lokal varian Omicron di negara tersebut.

Dilansir dari laman Times of India, mengacu pada hal ini, Menteri Anutin Charnvirakul menyatakan bahwa Kementerian Kesehatan Masyarakat kemungkinan akan menerapkan kembali karantina hotel dan program 'sandbox', yang memungkinkan pergerakan bebas orang di lokasi tertentu dan akan mengusulkan penghapusan pengabaian karantina untuk pengunjung yang divaksinasi.

Anutin juga menambahkan bahwa langkah-langkah ini didorong oleh kekhawatiran atas penyebaran Omicron.

Pernyataan Menteri datang tepat setelah Thailand dibuka kembali untuk pengunjung asing pada November, setelah mengakhiri hampir 18 bulan kebijakan masuk yang ketat yang menyebabkan runtuhnya pariwisata negara itu. Kini, industri utama dan penggerak ekonomi yang bertanggung jawab untuk memikat sekitar 40 juta pengunjung pada tahun 2019.

Mengacu pada kasus Omicron aktif di Thailand, Anutin menambahkan bahwa negara itu telah mendeteksi 63 orang yang terinfeksi varian Omicron, dengan satu kasus transmisi lokal, sementara sisanya adalah kasus impor.

Seorang pejabat Kementerian Kesehatan menginformasikan bahwa kasus pertama yang ditularkan secara lokal ditemukan pada seorang wanita Thailand yang dites positif ke Omicron setelah tertular virus dari suaminya yang kembali ke Thailand dari Nigeria pada akhir November.

Pejabat itu menambahkan bahwa kemungkinan adalah kasus Omicron pertama di Thailand yang tertular virus dari seorang wisatawan dari luar negeri, dan kasus pertama yang ditularkan secara lokal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat peresmian fasilitas produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI)

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:10 WIB

Resmikan Fasilitas Produksi PT STI, Menteri Bahlil Minta Ruang untuk Anak-anak Daerah jadi Tuan Rumah

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia hadir dalam Peresmian Fasilitas Produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI) yang berlokasi di Kabupaten Malang.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:09 WIB

Kabar Duka Cita, Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta…

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…