Optimistis di Tahun Macan Air 2022, Permintaan Karoseri Truk Duta Pertiwi Bakal Meningkat

Oleh : Kormen Barus | Senin, 20 Desember 2021 - 15:48 WIB

PT Harapan Duta Pertiwi Tbk (HDP) optimistis permintaan karoseri truk akan meningkat pada 2022
PT Harapan Duta Pertiwi Tbk (HDP) optimistis permintaan karoseri truk akan meningkat pada 2022

INDUSTRY.co.id, Jakarta –PT Harapan Duta Pertiwi Tbk (HDP) optimistis permintaan karoseri truk akan meningkat pada 2022. Di sisi lain, emiten berkode saham HOPE ini terus melakukan efisiensi di tengah pandemi Covid-19.

“Kami optimistis tahun 2022 seharusnya lebih baik dibandingkan dengan 2021,” ujar Kevin Jong, direktur utama PT Harapan Duta Pertiwi Tbk dalam paparan publik, Senin (20/12/2021).

Dari sisi strategi penjualan, tambah dia, pihaknya sekarang fokus dan berkomunikasi intensif dengan  pemain-pemain besar khususnya dealer truk yang memasok sektor pertambangan.

“Salah satu pemain truk Eropa sudah ada permintaan pesananan kepada kami sekitar 300-an unit sampai April 2022 untuk kebutuhan tambang batu bara,” papar Kevin.

Optimisme memasuki 2022, kata dia,  juga ditopang oleh adanya perusahaan logistik yang sudah siap menambah kurang lebih 1.500-an unit armadanya pada 2022.

Optimisme bagusnya permintaan pasar itu, jelas dia, seiring dengan membaiknya perekonomian nasional. Hal itu terutama ditopang oleh membaiknya penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan pemerintah seperti vaksinasi yang massif.

“Selain itu, karena harga komoditas, khususnya batu bara masih cukup bagus. Hal itu juga membuat kami optimistis dalam meningkan kinerja pada 2022,” papar Kevin.

Sementara itu, jelas dia, pada 2021,  pihaknya juga mencatat peningkatan volume karoseri dibandingkan dengan setahun sebelumnya. Peningkatan permitaan itu dipicu oleh membaiknya harga komoditas dibandingkan tahun 2020.

Harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) tercatat sempat US$ 169,75/ton pada 16 Agustus 2021. Harga itu dinilai cukup tinggi.

Tahun 2020, tutur Kevin, sektor karoseri terpukul sejak adanya pandemi Covid-19 yang di Indonesia muncul sejak Maret 2020. Permintaan karoseri anjlok terutama sejak adanya pembatasan pergerakan orang guna menghambat penyebaran Covid-19.

HDP berdiri sejak 2005 dan bergerak di bidang karoseri pada kendaraan truk atau kendaraan komersial di Indonesia. Saat ini, berbagai macam lini produk karoseri HDP mencakup dump truck, tangki air, tangki crude palm oil (CPO) dan bahan bakar minyak (BBM). Lalu, tangki hi-blow, cement mixer, wing box, dan box besi untuk transporter logistik. Selain itu, trailer untuk mengangkut kontainer, self-loader untuk mengangkut alat berat dan berbagai produk high engineering lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.