Menperin Agus dan Menag Yaqut Kolaborasi Bangun Kewirausahawan di Pondok Pesantren

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 18 Desember 2021 - 11:18 WIB

Menperin Agus MoU dengan Menag Yaqut
Menperin Agus MoU dengan Menag Yaqut

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan bahwa pihaknya akan terus berkolaborasi dengan seluruh pihak guna mendorong pengembangan ekosistem industri halal nasional, termasuk pengembangan wirausaha mandiri di lingkungan pesantren diseluruh Indonesia.

"Dalam rangka membina kewirausahaan di lingkungan pondok pesantren, Kemenperin telah melaksanakan program Santripreneur. Sejak tahun 2013 kami telah membina 88 Ponpes dan 10.200 santri," kata Menperin Agus dalam acara Indonesia Halal Industry Award 2021 yang dihadiri langsung oleh Wapres Maruf Amin di Jakarta, Jumat (18/12/2021).

Untuk menunjang program tersebut, lanjut Menperin, pihaknya juga melakukan kolaborasi antar lintas kementerian, termasuk dengan Kementerian Agama.

"Karena itu pada kesempatan ini akan kami tandatangani pula nota kesepahaman antara Kemenperin dan Kemenag dalam rangka penumbuhan dan pengembangan wirausaha industri di lingkungan Pesantren," tandas Menperin.

Sementara itu, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi dan menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Kemenperin dan Kemenag.

Menurut Yaqut, kerjasama ini dijalin agar kedua pihak bisa saling mendukung untuk pengembangan eksositem ekonomi halal nasional.

"Saya kira ini sangat baik. Kerjasama ini akan menjadi kolaborasi yang apik sehingga program kemandirian pesantren dapat maksimal hasilnya sesuai harapan kita bersama," pungkas Gus Yaqut dalam penandatanganan MoU tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Microsoft (foto Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:15 WIB

Microsoft Rilis Hasil Penelitian dan Teknologi Baru untuk Mendukung Kerja Hybrid di Indonesia

Microsoft Corp. telah merilis laporan Work Trend Index tahunan keduanya, bertajuk “Great Expectations: Making Hybrid Work Work.” Laporan tersebut memberikan insights agar dapat mengakomodasi…

Clinton Augusto

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:00 WIB

Clinton Augusto Bagikan Tips Menaikan Berat Badan Secara Alami dengan RimbaLife

Punya badan kurang berisi tidak selamanya menjadi dambaan setiap orang, Banyak Orang yang masih bingung atau mungkin udah menyerah untuk bisa menaikan berat badannya, bahkan banyak yang melakukan…

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.