Fakta Unik Kota Madrid, Salah Satunya Kota Ketiga Terbesar di Eropa

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 09 Desember 2021 - 13:30 WIB

Taman Retiro, di Madrid, Spanyol (Tripadvisor)
Taman Retiro, di Madrid, Spanyol (Tripadvisor)

INDUSTRY.co.id - Merupakan ibukota dari Spanyol, Madrid menjadi salah satu tujuan populer bagi para wisatawan dari seluruh dunia. Terkenal dengan keindahan alamnya, kota ini pun menawarkan berbagai pilihan destinasi wisata yang indah.

Selain itu, kota yang terkenal dengan klub sepak bola Real Madrid ini juga terkenal dengan landmark bersejarah yang begitu ikonik, museum, wisata outdoor hingga wisata belanja. 

Kota ini juga jadi markas pusat United Nations World Tourism Organization (UNWTO) yang baru-baru ini dikunjungi Ketua DPR RI Puan Maharani.

Melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Madrid sendiri menyimpan sejumlah fakta yang mungkin orang-orang di luar sana belum tahu. Berikut ini penjelasannya :

Berada di Ketinggian 667 Mdpl

Berada diketinggian 667 mdpl, menjadikan Madrid emiliki iklim yang lembab dan ditentukan oleh angin pegunungan. Berhubung kotanya terletak dibawah 700 mdpl, udara di Madrid cenderung kering tapi tetap jernih. Pada musim gugur, biasanya cuaca akan cerah, akan tetapi pada musim panas akan terasa sangat panas. 

Memiliki Lambang Beruang dan Pohon

Kota ini identik dengan simbol berupa beruang yang turut dihiasi dengan bintang tujuh dari tanda zodiak Ursa-Mayor (Beruang Besar), yang mana telah mewakili dewan Madrid sejak 1212 silam. 

Sementara itu, lambang pohon ditambahkan setelah 10 tahun kemudian sebagai simbol perjanjian, untuk menyelesaikan perselisihan yang sedang berlangsung antara para pendeta dan dewan, atas penggunaan ladang dan hutan setempat. 

Kota Ketiga Terbesar di Eropa

Madrid merupakan kota terbesar ketiga di Eropa. Pada 2015, ada sebanyak 3,1 juta orang yang tinggal di ibukota Spanyol ini. Posisi nomor satu dan dua ditempati oleh London dan Paris. 

Madrid Bagian dari Wilayah Islami 

Madrid didirikan sekitar tahun 865 oleh Umayyad emir Mohamed. Madrid awalnya bernama Mayrit, dikenal sebagai salah satu rantai kantong militer yang dibentengi di sepanjang perbatasan antara Muslim Al-Andalus dan kerajaan Kristen di utara.

Nama Madrid diambil dari saluran air bawah tanah dari bahasa Arab, Mayra yang diperintahkan oleh Mohamed I untuk dibangun. Pada akhir abad ke-11, orang Kristen menaklukkan Mayrit, walaupun populasi Muslim di sana kala itu cukup besar dan terus tinggal di kota sampai pengusiran Muslim Spanyol pada 1609.

Saat ini Madrid pun menjadi rumah bagi sekitar 300 ribu orang Muslim. Populasi Muslim di Spanyol bisa dibilang telah berkembang sangat pesat. Mayoritas penduduk Muslimnya merupakan imigran yang berasal dari Maroko, Aljazair, Nigeria, Senegal, dan juga Pakistan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…