Flip Raih Pendanaan Seri B Senilai 48 Juta Dolar AS

Oleh : Wiyanto | Kamis, 09 Desember 2021 - 06:09 WIB

Seseorang menggunakan Aplikasi Flip metode pembayaran antar bank
Seseorang menggunakan Aplikasi Flip metode pembayaran antar bank

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Flip, platform pembayaran konsumen terkemuka Indonesia, mengumumkan bahwa perusahaan telah memperoleh pendanaan Seri B senilai 48 Juta Dolar AS[1] yang dipimpin oleh Sequoia Capital India, Insight Partners, dan Insignia Ventures Partners.

Putaran investasi di Flip ini sekaligus menandai investasi pertama kali di Indonesia oleh Insight Partners, sebuah perusahaan ekuitas swasta dan modal ventura global yang berbasis di New York.

Flip berencana menggunakan pendanaan ini untuk mempercepat ekspansi bisnis, memperkuat operasional di Indonesia, investasi pada teknologi untuk memberikan kualitas layanan yang lebih tinggi kepada para pelanggan, dan mengembangkan sumber daya manusia dengan fokus pada tim teknik (engineering) dan produk (product).

Saat ini, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pemilik rekening bank saat melakukan transfer uang, mulai dari kenyamanan penggunaan produk, biaya admin transfer beda bank, alur transaksi hingga kelancaran dan kecepatan proses transaksi. Masih terdapat ruang untuk memperbaharui dan mempermudah berbagai transaksi keuangan. Flip berupaya membantu para individu dan bisnis untuk meminimalkan kerumitan transaksi tersebut dan melakukan transfer uang dengan biaya rendah.

Flip bertujuan menjadi perusahaan teknologi keuangan yang paling mengutamakan pelanggan (customer-centric) di dunia dan memungkinkan para pengguna untuk melakukan transaksi keuangan yang fair (adil) dari mana saja kepada siapa saja. Beberapa produk Flip yang paling dominan di antaranya pembayaran P2P online dengan transfer beda bank ke lebih dari 100 bank domestik, pengiriman uang ke luar negeri (international remittance), isi ulang dompet digital (top-up e-wallet), dan produk-produk solusi bisnis.

“Kami merasa terhormat untuk tetap menerima kepercayaan dan dukungan terus-menerus dari mitra kami. Kami juga senang menyambut perusahaan modal ventura dan ekuitas swasta global terkemuka, Insight Partners, yang telah terbukti sukses dalam lanskap industri teknologi keuangan global. Kami percaya bahwa kemitraan ini akan membantu kami dalam mengejar pertumbuhan dan mewujudkan visi kami untuk menghadirkan produk keuangan yang paling fair (adil) di Indonesia,” kata Rafi Putra Arriyan, Pendiri dan Direktur Utama Flip. “Pendanaan baru ini merupakan bukti komitmen dan kegigihan tim kami. Hal ini menjadi sumber yang kami butuhkan untuk mendorong dan mempercepat misi kami dalam memberikan solusi inovatif yang memudahkan money movement (pergerakan uang) di Indonesia.”

Flip telah tumbuh secara signifikan di tengah meningkatnya adopsi teknologi. Flip melayani lebih dari tujuh juta pengguna untuk memproses berbagai jenis transaksi keuangan dari dan ke berbagai daerah di Indonesia serta untuk pengiriman uang ke luar negeri. Selain itu, Flip menghadirkan solusi bisnis bagi ratusan perusahaan dengan berbagai skala industri, termasuk UKM (Usaha Kecil Menengah), melalui layanan pencairan uang dan pengiriman uang seperti penggajian karyawan, pengembalian uang pelanggan, pembayaran faktur/pemasok, dan transfer internasional.

“Transfer beda bank merupakan metode pembayaran paling dominan dalam ekonomi digital Indonesia yang berkembang pesat. Flip memiliki basis pengguna yang besar dan tumbuh cepat dengan metrik retensi yang luar biasa, semuanya mengarah pada produk yang menyenangkan dan bagus yang dibuat oleh Flip. Bermitra dengan lebih dari 50 perusahaan fintech dan beberapa unicorn pembayaran pertama distribusi, Sequoia Capital India percaya bahwa Flip adalah perusahaan fintech konsumen paling menarik di Indonesia. Kami sangat senang untuk memimpin bersama putaran ketiga berturut-turut sebagai bukti keyakinan yang tinggi terhadap Flip,” kata Aakash Kapoor, VP Sequoia India.

“Flip mendisrupsi pasar transfer beda bank yang ada dan telah memantapkan dirinya sebagai pemimpin yang pasti dalam kategori ini dengan produk unggulan yang memungkinkan pergerakan pembayaran tanpa batas antara mitra-mitra bank,” kata Deven Parekh, Managing Director Insight Partners. “Kami berharap dapat bekerja sama dengan Flip karena perusahaan terus meningkatkan dan memperluas produknya.”

“Sebagai investor institusional pertama di Flip, kami telah menyaksikan pertumbuhan produk dan kinerja tim yang luar biasa selama dua tahun terakhir. Saat ini, Flip menjadi pemain dominan di industrinya dengan jutaan orang Indonesia yang telah mempercayai platform ini untuk kebutuhan finansial mereka sehari-hari. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Flip untuk memperdalam keunggulan mereka di Indonesia,” kata Samir Chaibi, Principal Insignia Ventures Partners.

Pendanaan baru ini mengikuti putaran Seri A Flip pada tahun 2020 yang dipimpin oleh Sequoia Capital India dan putaran awal (seed) pada tahun 2019 yang dipimpin bersama oleh Sequoia Capital India dan Insignia Ventures Partners.

Flip didirikan oleh alumni Universitas Indonesia; Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar, dan Ginanjar Ibnu Solikhinyang mulai membangun perusahaan sambil kuliah. Platform Flip merupakan jawaban atas permasalahan yang dialami langsung oleh Rafi sebagai mahasiswa di mana dia harus menunggu lama untuk transfer uang dan membayar biaya admin setiap kali transfer ke beda bank.

Dengan melanjutkan sistem kerja jarak jauh (remote working), Flip telah menambah lebih dari 250 anggota tim untuk mmembangun layanan keuangan yang fair (adil) bagi jutaan orang Indonesia. Perusahaan telah meningkatkan timnya sebesar 140% selama beberapa bulan terakhir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

Senin, 27 Juni 2022 - 18:31 WIB

Pan Brothers Tingkatkan Modal Dasar Jadi Rp647,5 Miliar

PT Pan Brothers Tbk (PBRX), produsen garmen yang menjadi emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) dan berkapasitas terpasang salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, meningkatkan modal dasar perseroan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Industri di Aichi Jepang Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di RI

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…

Garuda Indonesia (ist)

Senin, 27 Juni 2022 - 17:40 WIB

Rencana Perdamaian Resmi Disahkan, Garuda Indonesia Siap Akselerasikan Pemilihan Kinerja

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Garuda) memproyeksikan pemulihan kinerja yang lebih cepat sejalan dengan disahkannya persetujuan terhadap rencana perdamaian oleh Majelis Hakim Pengadilan…