KIIC Raih Special INDI 4.0 sebagai Smart Industrial Estate dari Kemenperin

Oleh : Ridwan | Rabu, 08 Desember 2021 - 20:02 WIB

Karawang International Industrial City (KIIC)
Karawang International Industrial City (KIIC)

INDUSTRY.co.id - Karawang - Karawang International Industry City (KIIC) berhasil meraih penghargaan Special INDI 4.0 Award sebagai "Smart Industrial Estate" pada ajang penganugerahan INDI 4.0 Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, KIIC telah melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian.  

Aspek penilaian dari proses verifikasi tersebut adalah pemaparan project-project transformasi industri 4.0 yang telah diterapkan di KIIC beserta capaiannya dan benefit yang diperoleh dari penggunaan teknologi tersebut bagi perusahaan baik dari segi cost efficiency, saving time dan peningkatan produktivitas karyawan tanpa adanya pengurangan dalam service level  kepada para tenant.

Penganugerahan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) Award merupakan agenda tahunan Kemenperin sejak tahun 2019 yang diharapkan menjadi stimulus bagi industri untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan kapasitas melalui transformasi industri dengan memanfaatkan prinsip-prinsip dan teknologi industri 4.0.

Pemberian INDI 4.0 Award tahun 2021 ini sedikit berbeda dari 2 tahun sebelumnya. Kali ini diberikan juga penganugerahan Special INDI 4.0 Award kepada perusahaan/perorangan yang memberikan kontribusi positif terhadap percepatan implementasi program Making Indonesia 4.0 di Indonesia dengan kategori Service/Technology Provider, Digital Transformation Manager,  Smart Industrial Estate, dan Industrial Internet of Things Startup.

KIIC telah berkomitmen untuk bertransformasi menuju Smart Industrial Estate sejak tahun 2016 dan telah melakukan pengurangan penggunaan bahan bakar fossil agar lebih ramah lingkungan. 

Dengan luasan kurang lebih 1500 Ha, KIIC adalah Kawasan Industri berkelas internasional yang telah berpengalaman selama hampir 30 tahun dalam mengelola dan mengembangkan kawasan industri. 

KIIC juga didukung dengan lokasi yang strategis guna mendukung supply chain system para tenant dan memiliki infrastruktur serta fasilitas yang sangat komprehensif guna mendukung keberlangsungan investasi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.