Kolaborasi BCA x Grab Indonesia x Binar Academy Hadirkan “SYNRGY Academy Batch Grab”: Siap Latih Anak Mitra Pengemudi Grab untuk Terjun ke Industri Digital

Oleh : Herry Barus | Rabu, 08 Desember 2021 - 14:13 WIB

Kolaborasi BCA x Grab Indonesia x Binar Academy Hadirkan “SYNRGY Academy Batch Grab
Kolaborasi BCA x Grab Indonesia x Binar Academy Hadirkan “SYNRGY Academy Batch Grab

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui SYNRGY Academy, sebuah program corporate social responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Binar Academy, bertujuan rutin mengembangkan talenta IT. Digital Talent Accelerator ini merupakan program yang sudah dimulai sejak awal 2020. Karena dirancang untuk mencetak tenaga IT yang profesional dan siap memasuki dunia kerja, maka kurikulum yang diajarkan merupakan pembelajaran berbasis proyek dan dirancang khusus oleh praktisi industri digital.

Untuk meningkatkan keterampilan, rekrutmen dan pengelolaan sumber daya manusia, pada Rabu (24/11/2021) BCA dan Binar Academy melalui SYNRGY Academy mengumumkan kolaborasi bersama Grab Indonesia. Program SYNRGY Academy Batch Grab digagas khusus untuk mengembangkan hard skill dan soft skill anak-anak Mitra Pengemudi Grab di bidang IT.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia salah satunya melalui program SYNRGY Academy. Pada kesempatan istimewa ini, melalui SYNRGY Academy Batch Grab, BCA ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia khususnya anak-anak Mitra pengemudi Grab yang ingin terjun ke bidang IT. Harapannya, melalui model pembelajaran yang diterapkan dapat turut menumbuhkan kemampuan intrapersonal dari setiap peserta untuk bisa tumbuh menjadi talenta digital kebanggaan Indonesia di waktu yang akan datang,” ujar Inge Setiawati, Executive Vice President CSR BCA, Rabu (8/12/2021)

Pada program ini, BCA membiayai anak-anak Mitra Pengemudi Grab untuk mengikuti program pengembangan keterampilan, sehingga mereka memiliki hard skill maupun soft skill. Selain itu, program ini akan mengembangkan SDM yang memiliki etos kerja yang baik, kemampuan kolaborasi atau kerjasama tim dan memiliki pola pikir yang haus belajar.

 “Saat ini banyak generasi muda yang merupakan anak-anak Mitra Pengemudi kami yang ingin bekerja di sektor teknologi saat mereka dewasa nanti. Sebagai perusahaan teknologi yang beroperasi di Indonesia, kami juga ingin membantu generasi muda untuk berkembang, mempersiapkan mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh industri 4.0. Sejalan dengan semangat GrabForGood, SYNRGY Academy Batch Grab adalah kontribusi sosial Grab agar Mitra Pengemudi kami terus berkembang dalam era ekonomi digital.” kata Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia.

Terdapat syarat bagi calon siswa untuk ikut program SYNRGY Academy Batch Grab. Siswa yang mengikuti program ini merupakan anak dari Mitra Pengemudi Grab dan sudah lulus minimal SMA/sederajat. Kegiatan pelatihan SYNRGY Academy Batch Grab akan dibagi menjadi dua fase dimana fase pertama merupakan Pre-Bootcamp dimana siswa akan mendapatkan kelas untuk membuat produk dalam bentuk web dan berkolaborasi dengan siswa lain dalam kelompok.

 

Sedangkan fase kedua akan ada lima pilihan kelas, yaitu Frontend, Backend, Android Engineering, Quality Assurance, dan kelas UI/UX yang digabung bersamaan dengan Product Management. Kegiatan pelatihan di fase dua ini akan berjalan selama 5x dalam seminggu dalam 4 bulan, dimana 2.5 bulan untuk membahas materi dan 1.5 bulan untuk konsultasi dengan fasilitator.

Setelah lulus dari program SYNRGY Academy Batch Grab, siswa diharapkan mampu untuk membuat produk digital dengan tema yang sudah ditentukan. Pembagian tema akan diadakan sebelum final project dimulai dan akan diselesaikan secara berkelompok. Setelah mengetahui final project, siswa akan diberikan pembekalan dalam bentuk workshop sesuai kebutuhan final project nya.

 “Program ini memiliki tujuan untuk menciptakan perubahan dan memberikan dampak bagi Indonesia dengan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk terjun ke industri digital yang sedang booming melalui program Digital Talent Accelerator dari kami. Kurikulum untuk SYNRGY Academy Batch Grab ini disertifikasi oleh Education Alliance Finland dan telah diadopsi oleh merek terkemuka dari berbagai industri,” kata Alamanda Shantika, CEO Binar Academy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…