Ilham Akbar Habibie, Sosok yang Mampu Merangkul Semua Kalangan Insinyur untuk Realisasikan Indonesia Emas!

Oleh : Hariyanto | Rabu, 08 Desember 2021 - 11:17 WIB

Ilham Akbar Habibie (tengah)
Ilham Akbar Habibie (tengah)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Siapa tidak kenal dengan sosok insinyur ini? Lugas, pintar dan supel menjadi kesan yang kita tangkap saat pertama kali berjumpa dengan sosok ini.

Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, Dipl. Ing., M.B.A, merupakan putra pertama dari presiden ke-3 RI, Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie. Pria pakar penerbangan berdarah Gorontalo ini mewarisi kecerdasan orang tuanya untuk terus berkiprah dan mengembangkan teknologi, sesuai dengan impian orang tuanya, membuat pesawat terbang sendiri.

Terlahir di Jerman Barat, Ilham memulai sekolah di Elementary School Windmuehlenweg, kemudian ke High School Hochrad, dan akhirnya menempuh studi di Technical University of Munich, Jerman. Di Universitas Munich ini, Ilham menuntaskannya dari gelar insinyur hingga doktor dalam teknik penerbangan dengan hasil summa cum laude.

Informasi yang diperoleh INDUSTRY.co.id, Rabu (8/12/2021) menyebutkan, prestasi akademis yang Ilham jalani di luar negeri ini tidak membuat Ilham lupa akan bangsa dan negaranya. Sempat bekerja di Boeing tahun 1994 – 1996 kemudian Ilham kembali ke Indonesia dan menjadi Direktur di PT Dirgantara Indonesia.

Selain itu beberapa posisi penting dan strategis dipercayakan kepada Ilham, diantaranya menjadi ketua Dewan TIK Nasional, Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama, Presiden Direktur PT Ilthabi Bara Utama, Komisaris PT Pollux Barelang Mega Superblock Meisterstadt Batam.

Dalam organisasi pun Ilham dipercaya untuk memimpin dan memajukan organisasi, Ilham menjadi Ketua Presidium ICMI 2010 – 2015, Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia 2012 -2017 dan 2018 – 2023.

Atas kiprahnya tersebut, Ilham Habibie dianugerahi penghargaan Bintang Satyalancana Wira Karya dan Adikarsa Pemuda. Sebuah pencapaian yang luar biasa dari pria yang sangat gemar membaca berbagai buku, baik buku teknis, bisnis, fiksi hingga filsafat dilahapnya.

Sebagai seorang cendekia, sekaligus pengusaha, Ilham Akbar Habibie diusung oleh sejumlah DPD dan DPC PII untuk maju menjadi calon wakil ketua umum Persatuan Insinyur Indonesia 2021 – 2024 yang pemilihannya akan diselenggarakan di Bali 16 – 18 Desember 2021 pada acara Kongres PII ke XXII.

Pengalaman dan kemampuannya sangat tepat untuk menjadi wakil ketua umum PII, Ilham Akbar Habibie mampu merangkul semua kalangan Insinyur di Indonesia, melakukan inovasi, sinergi dan kolaborasi untuk memajukan organisasi PII.

Setali tiga uang, Ilham Akbar Habibie pun mengiyakan, pria ramah ini menilai organisasi PII adalah organisasi yang sesuai dengan idealismenya, memegang kunci penting untuk mencapai Indonesia Emas, yakni Indonesia menjadi negara maju dengan ekonomi kuat, SDM berkualitas, dan berbudi luhur.

“Saya melihat PII ini adalah organisasi yang cocok untuk menjadi wadah semua insinyur di Indonesia, mengerti bagaimana situasinya, lebih komprehensif dan juga mempunyai kekuatan berjaring untuk menghadapi situasi, kondisi yang sering kali menghambat kita di Indonesia membuat produk dan jasa industri yang bermuatan nilai tambah tinggi," ungkap Ilham Habibie

Untuk mencapai itu perlu adanya organisasi yang kuat mendukung para insinyur dalam berkarya. Dalam hal itu PII adalah salah satu organisasi yang sesuai dengan idealisme saya sendiri, karena saya melihat negara dan bangsa ini merupakan suatu bangsa besar, namun perlu peningkatan daya saing, kekuatan ekonomi dan teknologi. PII adalah salah satu organisasi kunci untuk mencapai Indonesia Emas” imbuh Ilham Habibie.

Kita nantikan gebrakan dan kemajuan PII dalam berkontribusi mencapai impian bersama, Indonesia Emas!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…