Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Oleh : Herry Barus | Senin, 06 Desember 2021 - 03:30 WIB

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla
Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

INDUSTRY.co.id - Bogor---Memantapkan wawasan, pengetahuan dan pemahaman personel terhadap bentuk, proses dan implementasi kebijakan, politik dan kerja sama internasional di bidang keamanan dan keselamatan lautKemarin.  Direktorat Kerja Sama Bakamla RI selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kerja Sama Internasional Keamanan dan Keselamatan Laut di Bogor, beberapa hari lalu.

Acara dibuka oleh Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Sandy M Latief. Dikatakannya, sebagai negara kepulauan yang berbatasan dengan sepuluh negara tetangga, Indonesia memiliki posisi strategis dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Selain itu, Indonesia juga menerapkan kebijakan politik luar negeri bebas aktif, sehingga hal tersebut membuka banyak peluang kerja sama dengan banyak negara yang dapat memberikan keuntungan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun hal tersebut tentu tidak luput dari ancaman kejahatan kelautan dan juga aktivitas illegal, mengingat bahwa sebagian besar luas wilayah Indonesia merupakan lautan, dan laut merupakan salah satu jalur atau penghubung antara Indonesia dengan negara tetangganya yang tidak dapat dipagari.

Dikatakannya pula, dalam menghadapi dan menangani ancaman serta tantangan di laut, personel Bakamla RI tidak akan pernah terpisahkan dari diplomasi maritim antar badan penjaga laut atau badan penegak hukum negara lain karena hal tersebut merupakan sebuah kesepahaman dan acuan dalam pelaksanaan tugas penegakan hukum di wilayah territorial dan yurisdiksi Indonesia bagi personel. seperti diinformasikan Dispen TNI dan Humas Bakamla.

“Besar harapan penyelenggaraan bimtek ini, personel Bakamla memahami dan mengerti kerja sama yang telah terjalin serta meminimalisir hambatan atau kendala yang dihadapi saat implementasi kerja sama dengan negara tetangga”, jelas Direktur Kerjasama Bakamla Laksma Bakamla Sandy M. Latief.

Kegiatan bimtek yang diselenggarakan selama satu hari penuh yang dimoderatori oleh akademisi Ali Abdullah Wibisono, PhD dari Departemen Hubungan Internasional Universitas Indonesia.

Acara menghadirkan beberapa pakar atau narasumber baik dari kementerian dan akademisi, diantaranya adalah Kabid Kerja Sama Bilateral Asia Pasifik Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM Kolonel Laut Renny Setiowati, S.T., M.SC., MTr. Hanla yang membahas “Diplomasi Maritim dalam Menghadapi Isu Kemaritima Global”, dimana dalam paparannya membahas proses sebuah diplomasi, tantangan politik dan keamanan di ASEAN, isu-isu aktifitas illegal, kejahatan serta konflik perbatasan serta jenis-jenis kebijakan dan kerja sama dalam pengelolaan sumber daya, keamanan dan keselamatan maritim yang telah dan akan terwujud antar Indonesia dengan negara tetangga.

 

Kemudian hadir narasumber dari Direktorat Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Kementerian Luar Negeri RI Martin S. Madyantoro S.H., LL.M., yang membahas “Pembentukan Kerja Sama Internasional di Bidang Kelautan” dengan fokus kebijakan politik luar negeri, bentuk-bentuk kerja sama kelautan, pembentukan suatu perjanjian Internasional serta upaya-upaya kedepan yang dapat dilakukan Bakamla RI dalam menjalin kerja sama Internasional.

Hadir pula akademisi dari Kepala Departemen Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran oleh Drs. Arifin Sudirman, MIR., yang membahas “Jenis-jenis Kerja Sama Internasional di Lingkup Regional, Multiteral dan Organisai Internasional, serta dari The Center for Sustainable Ocean Policy oleh Hudiansyah Is Nursal, M.I.L.I.R., yang membahas “Monitoring dan Evaluasi Implementasi Kerja Sama”.

Selama berjalannya kegiatan, masing-masing sesi paparan dari narasumber menimbulkan diskusi yang sangat komperhensif hingga malam hari.

Kegiatan bimtek ini dihadiri 20 personel Bakamla secara luring dan 10 personel secara daring.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Minggu, 07 Agustus 2022 - 16:00 WIB

Kebutuhan Meningkat, Menperin Agus Bakal Genjot Produksi Gula Nasional

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan terus mendorong peningkatan produktivitas industri gula melalui pola intensifikasi dan ekstensifikasi hingga pemanfaatan digitalisasi. Langkah ini…

Penyanyi Pop Melayu Andrigo

Minggu, 07 Agustus 2022 - 14:46 WIB

Penyanyi Pop Melayu Andrigo Rilis Single Karam Ditengah Harapan

Dalam bermusik bila ingin mudah dikenali, mesti konsisten d:-\engan genre musik yang sebagai pilihannya. Hal itu yang tengah dijalani, Andrigo, ia setia sebagai penyanyi pop melayu. Sebagai…

OPPO Bazaar Fashion Festival

Minggu, 07 Agustus 2022 - 14:38 WIB

OPPO Bazaar Fashion Festival Jadi Fashion Show Didokumentasikan demham Smartphone OPPO Find X5 Pro 5G

Berbeda dari peragaan busana lain yang menampilkan fashion show dengan sorot pencahayaan yang terang dan gemerlap, OPPO Bazaar Fashion Festival membawa nuansa redup dan temaram namun tetap dengan…

Danone Indonesia Raih Penghargaan di Ajang IDEAS Awards 2022

Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:50 WIB

Danone Indonesia Raih Juara Umum Dengan 7 Penghargaan di Ajang IDEAS Awards 2022

Danone Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan 7 penghargaan dalam ajang IDEAS 2022 yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia bagian dari PR Indonesia Group yang berlangsung secara offline…

Migas Ilustrasi

Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:50 WIB

Hadapi Gejolak Ekonomi Global, AKLP Harap Pemerintah Jamin Keberlanjutan Harga Gas Industri USD6/MMBTU

Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP) optimis pemerintah sesegera mungkin akan menetapkan regulasi booster/penguat untuk menghadapi gejolak ekonomi global selepas pandemi Covid-19 yang…