MTDL Melalui MII Terus Melakukan Terobosan Digital

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 04 Desember 2021 - 10:56 WIB

MTDL Melalui MII Terus Melakukan Terobosan Digital
MTDL Melalui MII Terus Melakukan Terobosan Digital

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Metrodata Electronics Tbk (“MTDL”), emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi (“TIK”) khususnya di bidang solusi digital serta distribusi hardware dan software, melalui anak usahanya PT Mitra Integrasi Informatika (“MII”) terus melakukan terobosan digital bagi para perlanggannya. Hal ini dibuktikan oleh MII yang telah memenangkan dua penghargaan dari Channel Asia - dalam Partner Innovation Award 2021 untuk kategori Enterprise dan Collaboration.

Selain itu, MII juga terpilih menjadi tiga finalis untuk kategori Think Differently, Mid-Market, dan SMB (UKM). MTDL melalui anak usahanya yang lain, yaitu PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”), juga diberikan penghargaan highly commended dari Channel Asia dalam bidang Distributor yang Inovatif di bidang perusahaan inkubasi (Incubation), serta menjadi dua finalis untuk kategori Creativity dan Hardware.

Sjafril Effendi selaku Direktur MTDL yang juga merupakan Presiden Direktur MII mengungkapkan, “Kedua penghargaan ini sangat berarti bagi kami karena menunjukkan hasil inovasi MII dalam memanfaatkan teknologi untuk membantu tidak hanya perusahaan dalam melakukan transformasi digital, namun juga bagi institusi seperti perguruan tinggi dan sektor-sektor lainnya.”

Untuk kategori Enterprise, MII diakui usahanya seperti dalam Digital Payment Platform untuk industri perbankan dengan Smart Payment dan Smart Payment Portal yang mendukung kinerja tinggi, serta KOMI (BI-FAST System MII Converter) keduanya menggunakan standar berbasis industri (Software AG) dan sistem terbuka (Red Hat). MII juga siap membantu perusahaan dalam menyediakan infrastruktur software Super Apps yang menyasar industri perbankan. Solusi Super Apps ini juga dapat digunakan di industri lain.

Sedangkan, untuk kategori kolaborasi, MII diakui atas upaya mereka seperti di industri pendidikan tinggi, menggunakan Salesforce dan 3 Dolphins (solusi Chatbot lokal Indonesia) untuk memberikan solusi, seperti orientasi perjalanan siswa dan mencakup saluran media digital, keterlibatan omnichannel dan meningkatkan pengalaman pelanggan, menangkap lebih awal calon siswa, dan membina siswa onboarding.

Lie Heng selaku Direktur SMI, mengatakan “SMI diakui atas upayanya yang menonjol untuk mendukung channel ecosystem dengan Professional Services, Assembling Services, Digital Services, Solution Lab, dan Customer Experience Hub. Selain itu, kami juga telah memulai transformasi digital kami sendiri dengan mengembangkan Infrastruktur Digital SMI sebagai Bisnis Platform untuk lebih memperluas jangkauan pasar dan potensi bisnis ekosistem mitra kami.”

 

Penghargaan yang diberikan ini mewakili seluruh ekosistem Asia Tenggara yang terdiri lebih dari 220 finalis (termasuk 65 perorangan) yang dipilih lebih dari 90 organisasi dan lebih dari 300 nominasi, mitra kerja, perusahaan start-up, telekomunikasi, vendor, dan bisnis distributor.

Dari sisi kinerja keuangan per 30 September 2021, MTDL berhasil meningkatkan penjualan hingga 20,9% dari Rp10 triliun menjadi Rp12,1 triliun dengan peningkatan yang signifikan di laba bersih dari Rp267,7 miliar menjadi Rp351,4 miliar, atau naik sebesar 31,3% YoY.

Asal tahu saja, MTDL saat ini sedang dalam rencana untuk pemecahan nilai nominal saham (stock split) dengan rasio 1:5 yang akan diputuskan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan datang. Adapun tujuan dilakukannya stock split ini adalah untuk meningkatkan likuiditas jumlah saham di pasar, membuat harga saham MTDL lebih terjangkau, dan meningkatkan jumlah pemegang saham.

Metrodata juga baru-baru ini ditunjuk oleh Amazon Web Services (AWS) sebagai Strategic Collaboration partner untuk menghadirkan solusi cloud inovatif dan komprehensif bagi perusahaan atau organisasi di Indonesia. “Kami akan terus berupaya menjadi mitra perusahaan-perusahaan atau organisasi untuk membantu mereka melakukan transformasi digital dalam ekosistem kemitraan dengan mitra lokal maupun dari seluruh dunia,” tutup Sjafril.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…