Tips membuat Presentasi Agar Lebih Menarik

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 03 Desember 2021 - 21:45 WIB

Ilustrasi Sedang Presentasi di Kantor (Ist)
Ilustrasi Sedang Presentasi di Kantor (Ist)

INDUSTRY.co.id - Dalam proses belajar, terdapat beberapa metode ajar yang umum digunakan oleh para guru. Di antaranya menejaslakan, berdiskusi, praktik, studi kasus, peragaan, hingga latihan instruksi kerja. 

Namun, setelah pandemi melanda semua metode ajar tersebut berubah menjadi online. Salah satu yang umum diterapkan saat pembelajaran ialah metode ajar melalui presentasi.

“Presentasi sendiri kalau hanya bermodalkan bicara saja kemungkinan orang-orang akan merasa bosan atau tidak terlalu tertarik,” ujar Ranita Claudiya Akerina, Training & Development Officer dalam Webinar Literasi Digital di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Supaya presentasi menarik audiens, kita harus memikirkan beberapa unsur. Pertama, sederhana yakni memaparkan poin-poin penting hindari presentasi berupa penjelasan panjang. Kedua, gunakan visual yang menarik agar orang tidak merasa bosan melihat slide presentasi. Ketiga, kontras yakni adanya penekanan supaya inti topik yang dibicarakan bisa dipahami audiens. 

Ia menjelaskan, untuk membuat visual lebih menarik kita bisa menambahkan gambar-gambar sesuai dengan poin yang ingin diutarakan. Apabila kita takut lupa materi karena hanya berisi poin-poin saat presentasi, kita dapat memberikan penjelasan singkat berisi intinya saja. Di dalam membuat slide presentasi, kita harus konsisten dengan tema supaya lebih menarik. Gunakan template dan manfaatkan ikon-ikon dalam presentasi. 

“Slide presentasinya bisa disesuaikan dengan template yang mau digunakan. Kalau misalnya presentasinya lebih formal maka cari template yang formal,” tutur Ranita.

Ranita mengatakan bahwa kita bisa memanfaatkan website penyedia template gratis seperti slidesgo.com, allppt.com, atau slidescarnival.com. Salah satu yang familiar digunakan ialah Canva yang bisa diakses lewat handphone atau komputer. Dengan Canva, kita bisa langsung membuat slidenya tanpa mendownload template dari situs lain.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah  Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (2/12/2021) juga menghadirkan pembicara, Byarlina Gyamitri (Konsultan Pemberdayaan SDM), Aan Faturohman (Guru SMK Wahidin kota Cirebon), Yoseph Hendrik (Dosen Informasi & Technology Sekolah Tinggi Tarakanita), dan Marcella Vionita (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Resso Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 10:19 WIB

Resso Coaching Clinic Dorong Musisi untuk Berkreasi dalam Lagu dan Memahami Selera Pendengar

Edisi kelima Coaching Clinic memberikan gambaran lengkap perjalanan sebuah lagu karya musisi hingga sampai di telinga pendengar, yang didukung oleh berbagai platform musik digital. Vokalis dan…

Menparekraf Dorong Biro Perjalanan Perkuat Promosi Desa Wisata untuk Kebangkitan Ekonomi

Senin, 27 Juni 2022 - 10:15 WIB

Desa Wisata Mampu Akselerasi Pemulihan Ekonomi Indonesia

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani menyampaikan pengembangan desa wisata di Indonesia terbukti mampu mengakselerasi pemulihan ekonomi dengan terbukanya…

MenKopUKM Teten Masduki saat membuka gelaran Kebumen International Expo (KIE) 2022

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

Gairahkan Ekonomi Daerah, MenKopUKM Buka Gelaran Kebumen International Expo 2022

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi terselanggaranya Kebumen International Expo 2022 (KIE 2022) yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen dan diyakini bisa…

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan Malam Apresiasi Wajib Pajak Taat Pajak Kota Batam, yang memberikan penghargaan bagi wajib pajak taat pajak terbaik tahun 2022, Jumat (24/6/2022) malam…

Hewan Sapi disuntikkan vaksin oleh petugas

Senin, 27 Juni 2022 - 08:26 WIB

Dalam Dua Hari, Vaksinasi PMK Tembus 58 Ribu Dosis

Pemerintah terus melakukan percepatan vaksinasi terhadap hewan ternak untuk mencegah peningkatan jumlah hewan sakit PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku.