Bakal Segera Diresmikan Jokowi, KIPI Tanah Kuning Kantongi Komitmen Investasi Capai Rp1.800 Triliun

Oleh : Ridwan | Jumat, 03 Desember 2021 - 17:30 WIB

Kawasan Industri Pelabuhan International (KIPI) Tanah Kuning
Kawasan Industri Pelabuhan International (KIPI) Tanah Kuning

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah tengah melalukan percepatan pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan International (KIPI) di Tanah Kuning, Kalimantan Utara (Kaltara).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan meresmikan proyek tersebut pada Kamis (16/12).

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil menuturkan, sudah ada rencana investasi jumbo yang akan masuk di kawasan Tanah Kuning. 

Oleh karenanya, tambah Sofyan, perlu dukungan penuh dalam pembangunannya guna membuka keran investasi.

"Sampai hari ini proyeknya belum groundbreaking, tetapi yang sudah komitmen sekitar US$130 miliar, kalau dirupiahkan sekitar Rp1.800 triliun. Artinya sudah antre (investor), padahal proyeknya belum ada. Jadi, betapa besar potensinya daerah ini," kata Sofyan dalam keterangan resmi, Jumat (3/12).

Lebih lanjut, Sofyan Djalil menegaskan dukungan terhadap pembangunan kawasan industri ini dengan membantu melakukan pembebasan lahan. 

"Saya siap mendukung apa saja yang dapat kita dukung sehingga dapat menciptakan ruang investasi yang luar biasa di sini," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ada sembilan perusahaan dari Mancanegara akan investasi di Kawasan Industri Pelabuhan International (KIPI) Tanah Kuning, Kalimantan Utara.

"Nanti ada sembilan perusahaan dari mancanegara yang akan investasi Kawasan Industri Pelabuhan Internasional," katanya.

Menko Luhut mengungkapkan bahwa siapa saja investor yang ingin ikut berperan aktif membangun proyek KIPI maupun PLTA bakal diterima.

"Kita cari mana yang duluan investor ke Proyek KIPI dan PLTA, maka langsung ada duitnya, jadi jangan hanya bercakap-cakap saja," terangnya.

Dijelaskan Luhut, hasil rapat bersama Gubernur Kalimantan Utara,  Bupati Bulungan, dan Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara dan Kabupaten Bulungan akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Kami diperintahkan Pak Presiden untuk melihat persiapan ground breaking Tanah Kuning dan Insya Allah kami akan laporkan ke Presiden," tutur Menko Luhut.

Terkait energi pendukung mega Proyek KIPI Tanah Kuning Mangkupadi, Menko Luhut mengatakan, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan di Kecamatan Peso juga akan dibangun tahun ini.

"Ya proyek itu (PLTA) Kayan, sedang berproses, saat ini kita pakai energi tambang batubara dan solar panel sambil menunggu juga konstruksi pembangunan dari hydro power," tutupnya.

Sebelumnya, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil bersama Menko Luhut mendatangi langsung KIPI Tanah Kuning pada Kamis (2/12). Kunjungan kali ini untuk melihat kesiapan groundbreaking di kawasan industri tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…