MenKopUKM Teten Masduki Ajak Sekretaris K/L Berdayakan Koperasi, UMKM Hingga Wirausaha Produktif

Oleh : Ridwan | Jumat, 03 Desember 2021 - 15:00 WIB

MenkopUKM Teten Masduki
MenkopUKM Teten Masduki

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak seluruh Sekretaris Kementerian, Sekretaris Jenderal, dan Sekretaris Utama Kementerian/Lembaga (K/L) untuk bersinergi memberdayakan Koperasi, UMKM dan Wirausaha Produktif di Tanah Air.

Hal itu diungkapkan MenKopUKM Teten Masduki saat memberikan sambutan secara daring dalam acara Forses (Forum Sekretaris), yang diselenggarakan pada hari Kamis, 2 Desember 2021 

Teten menambahkan, melalui Forses, para Sesmen, Sekjen, dan Sestama, diharapkan dapat bergerak bersama, berkoordinasi mengembangkan Koperasi, dan UMKM serta mendorong peningkatkan rasio kewirausahaan nasional lintas K/L. 

"Sinergi yang telah terjalin ini akan terus berlanjut,  dan dapat memberikan semakin banyak manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia," ungkapnya. 

Teten menceritakan, saat ini Kementerian Koperasi dan UKM memiliki 4 strategi transformasi yang akan menjawab tantangan tersebut, yakni dengan mendorong UMKM agar menjadi usaha formal,  UKM masuk ke dalam rantai pasok, pertumbuhan wirausaha produktif, dan modernisasi koperasi. 

Strategi tersebut, lanjut Teten, juga butuh dukungan serta kolaborasi dengan lintas kementerian dan lembaga. Seperti transformasi usaha mikro dari informal ke formal, fasilitasi akses pembiayaan melalui lembaga keuangan formal, hingga fasilitasi sertifikasi dan standarisasi. 

Teten juga mengapresiasi, kerjasama lintas K/L maupun stakeholder, yang selama ini telah bersama-sama mengembangkan Koperasi dan UMKM di tanah air. 

Diwaktu yang sama Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim menambahkan, saat ini pengembangan Koperasi dan UMKM tersebar di 28 K/L, sehingga perlu adanya sinergi agar tidak terjadi tumpang tindih. 

Arif meminta lintas K/L untuk bersinergi dalam kegiatan prioritas Kementerian Koperasi dan UKM, diantaranya, Digitalisasi UMKM, Sistem Informasi Data Tunggal UMKM, Pengembangan 500 Koperasi Modern, Penumbuhan 500 Ribu Wirausaha Produktif, Transformasi Usaha Informal ke Formal, Pemanfaatan 30 Persen Infrastruktur Publik Untuk Tempat Pengembangan Usaha dan Tempat Promosi, dan Implementasi 40% Belanja Pengadaan Barang Jasa Pemerintah Bagi UMKM. 

Arif Menjelaskan, untuk mendukung UMKM naik kelas, pihaknya telah memfasilitasi biaya kepengurusan sertifikasi dan izin edar dari BPOM dengan alokasi terbatas, yakni Sertifikasi Halal sebanyak 50 usaha mikro, Izin Edar MD sebanyak 20 usaha mikro, dan Fasilitasi Penyuluhan keamanan pangan sebanyak 250 usaha mikro. 

“Dengan alokasi anggaran yang terbatas di tahun 2022 diharapkan bisa bersinergi dengan berbagai K/L lainnya, yang memiliki program serupa, dalam rangka mangakselerasi sertifikasi dan izin edar produk bagi pelaku UMKM,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, dalam acara Forum Sekretaris (Forses) K/L, turut terpilih Noor Sidharta sebagai Ketua Forses yang baru. Noor Sidharta merupakan Sekretaris Jenderal pada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…