TIKI Siapkan Inovasi Produk Unggulan dan Pengelolaan Operasional yang Lebih Cerdas dan Efisien
Oleh : Herry Barus | Jumat, 03 Desember 2021 - 14:00 WIB
Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI
INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT. Citra Van Titipan Kilat (“TIKI”), perusahaan jasa pengiriman di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 50 tahun di Indonesia, bersiap menghadapi perubahan perilaku konsumen terhadap layanan kurir yang terbentuk akibat dari kondisi pandemi selama hampir 2 tahun belakangan ini.
Untuk mengakomodasi trend ini, TIKI telah mempersiapkan berbagai strategi penguatan mulai dari infrastruktur digital, strategi pengelolaan operasional yang lebih cerdas, andal dan efisien, serta perluasan inovasi produk dan layanan yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan konsumen di era normal baru.
Rencana bisnis TIKI 2022 ini disampaikan oleh Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI di acara Media Gathering & Talkshow bertajuk “Berbisnis Rumahan Semakin Mudah Bersama TIKI SERLOK”. Pada acara tersebut, TIKI menghadirkan pebisnis kopi dan makanan sebagai narasumber untuk berbagi kisahnya menjalankan bisnis di tengah pandemi. Pada kesempatan tersebut TIKI juga berbagi informasi mengenai inovasi layanan yang memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi UMKM Indonesia.
Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI mengatakan, “Pemanfaatan layanan digital oleh konsumen TIKI menunjukkan trend peningkatan selama 2 tahun terakhir ini. Terjadi peningkatan pengunduhan Aplikasi TIKI mencapai 10-15%. Layanan Jemput Online (JEMPOL) menjadi layanan pick up online yang paling banyak diakses di Aplikasi TIKI dimana kurir kami yang akan datang menjemput paket di lokasi yang ditentukan konsumen. Tidak hanya itu, kami juga melihat konsumen semakin menginginkan produk dan layanan kurir yang menawarkan kecepatan pengiriman tiba di hari yang sama bahkan hitungan jam namun tetap dengan biaya yang terjangkau dan flat. Hal ini tentunya akan semakin memacu para pelaku bisnis kurir untuk meningkatkan standar layanannya agar tetap kompetitif.”
TIKI membangun infrastruktur digital sejak tiga tahun lalu yang mencakup infrastruktur di dalam operasional, dan sistem interface untuk memberikan pengalaman transaksi yang lebih cepat, aman dan nyaman bagi konsumen. Ke depannya, TIKI akan terus membangun infrastruktur digital berbasis internet of things dan cloud dimana seluruhnya dikembangkan secara internal.
Dari sisi inovasi produk dan layanan, TIKI telah meluncurkan beberapa inovasi produk dan layanan yang menekankan pada kecepatan pengiriman di hari yang sama hingga hitungan jam, yaitu TIKI PUTAR (Jemput Antar) dan SDS KITA (Same Day Service Kuliner Nusantara).
“Kami melihat pertumbuhan yang cukup pesat dari kedua produk yang kami luncurkan di pertengahan tahun 2020 lalu ketika awal masa pandemi. Oleh karena itu kami akan terus memperluas jangkauan produk TIKI PUTAR dan SDS KITA ke kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.” Lanjut Yulina.
Komentar Berita