Agar Bisa Berkembang Selama Pandemi, UMKM Harus Maksimalkan Pemanfaatan Ruang Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 Desember 2021 - 21:00 WIB

Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM

INDUSTRY.co.id - Pandemi Covid-19 telah memberi dampak besar pada perekonomian dan segala aspek kehidupan masyarakat. UMKM pun harus bertahan di masa pandemi dengan adaptasi dengan mengubah cara kerja dari konvensional ke digital dan memanfaatkan digital skills.

“UMKM harus semaksimal mungkin memanfaatkan ruang digital. Mereka harus semaksimal mungkin memanfaatkan internet, sebagai tempat berpromosi dan jualan UMKM,” kata Agus Jamiatul, General Manager Tc Invest saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih jauh dia mengatakan digital skills sebagai kemampuan untuk mengoperasikan perangkat digital serta menggunakannya untuk promosi berjualan juga akan membuat UMKM naik kelas yaitu menjadi digital. Keuntungannya, para pelaku UMKM akan mendapatkan market yang lebih besar sehingga akan menambah pendapatan dan menggaet kembali pasar yang hilang karena kondisi pembatasan sosial selama pandemi Covid-19.

UMKM harus benar-benar memanfaatkan teknologi digital agar bisa tumbuh di masa pandemi. UMKM bisa mengoptimalkan aktivitas penjualan online, salah satunya melalui platform e-commerce dan lapak media sosial agar bisa semakin berkembang. Dengan go digital ruang lingkup lebih luas, tak terbatas geografis. Kemudian penjualan produk bisa diakses kapan saja, tidak terbatas waktu. Selain itu statistik, jumlah pengunjung konsumen yang melakukan pembelian online juga bisa diakumulasi.

"Penjual bahkan bisa berkomunikasi langsung dengan pembeli secara mudah, karena percakapan dua arah dalam obrolan di dalam aplikasi yang disediakan platform e-commerce. Berbagai pengetahuan seputar dunia usaha ketika sudah go digital juga mudah didapat dari media digital, hingga komunitas yang bisa menjadi tempat bergabung di media sosial," jelasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula narasumber seperti Cyntia Jasmine, Founder GIFU, Loka Hendra, Head of Food & Beverage Cinepolis Indonesia, dan Benny Daniawan, Dosen Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma dan Nyimas Indriana, seorang Food & Beauty Enthusiast.   

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.