Tak Kalah Populer dengan Kota, Kabupaten Semarang juga Memiliki Banyak Potensi Wisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 Desember 2021 - 17:00 WIB

Bupati Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha (Dok: Himpunan Anak Media (HAM))
Bupati Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha (Dok: Himpunan Anak Media (HAM))

INDUSTRY.co.id - Kota Semarang memang populer di kalangan wisatawan namun, tidak memungkinkan bahwa daerah lainnya seperti Kabupaten Semarang yang ternyata memiliki kawasan destinasi wisata yang tak kalah menarik dari segi potensi pariwisata.

Disampaikan oleh Bupati Ngesti Nugraha bahwa ini menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat bagi pemerintah daerah Kabupaten Semarang. 

"Selama ini orang hanya tahu Kota Semarang. Jadi, upaya kita untuk membangkitkan dengan memberikan supporting destinasi wisata di Kabupaten Semarang dan kita punya ambisi untuk memiliki identitras diri agar tidak kalah tenar dengan Kota Semarang," katanya dalam perayaan Hari Jadi Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta pada (23/11/2021) di Sky View, Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Menurutnya, Kabupaten Semarang pun memiliki destinasi wisata yang tidak kalah populer dibandingkan Kota Semarang. Namun, sayangnya daerahnya tidak begitu dikenal. 

"Sementara Semarang ini cukup luas, di tengah Kabupaten Semarang ada Kota Salatiga. Bahkan dari Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga lebih dikenal orang. Padahal potensi kami sangat besar,” ungkapnya.

"Oleh karena itu sebagai penyangga ibukota, Kabupaten Semarang harus bangkit dan berusaha maksimal minimal mengimbangi dengan perbedaan Kota Semarang. Kita lihat di Kota Semarang nggak punya seperti Candi Gedung Songo, kebudayaan yang indah dan bagus kebanyakan di Kabupaten Semarang. Maka dari itu, kita harus unggul dan mengekspos wisata minimal sejajar dengan Kota Semarang," tambahnya.

Kabupaten Semarang sendiri memiliki keunggulan pariwisata, pertanian, perdagangan dan jasa. Dimasa pandemi Covid-19 pariwisata dan pertanian sebagai penopang PAD terbesar pendapatannya terjun bebas. Bahkan, Kabupaten Semarang ekonominya minus 2,26 persen. 

Lebih lanjut, Bupati Ngesti Nugraha menjelaskan tidak hanya Candi Gedung Songo, Kabupaten Semarang pun memiliki potensi pariwisata, di antaranya 50 daya tarik wisata dan 55 desa wisata yang terus bergerak dan terus dikembangkan.

"Adanya dana desa sangat mendukung pengembangan desa wisata. Perkembangan untuk desa wisata cukup besar. Ada wisata alam yang jumlahnya kurang lebih 225 destinasi wisata, serta ada sekitar 700 restauran," tuturnya.

Beberapa destiniasi wisata di kab Semarang yang menjadi ikon di antaranya Candi Gedong Songo—satu kawasan Candi peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra dari abad ke-9 yang ditemukan oleh yang ditemukan oleh Rafles—pemerintahan Belanda pada tahun 1804. Lokasinya berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dan berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Di kawasan Bandungan, saat ini terus dilakukan pengembangan dan pembenahan infrastrukturnya. "Bersama Kementerian PUPR kami merelokasi pasar tradisional yang membuat kemacetan sedang dibangun menjadi taman. Kemudian rencana selanjutnya merevitalisasi benteng di Ambharawa sebagai destinasi wisata di Ambarawa terkait dengan candi Borobudur," jelasnya.

Selain itu ada destinasi kekinian yang menjadi buruan pada generasi milenial yaitu Bukit Cinta dan Kampoeng Kopi Banaran. Tak sekedar mampu mengurai dahaga para milenial untuk memenuhi kebutuhan eksistensinya di ruang media sosial dengan view Rawa Pening. 

Dan khusus Kampoeng Kopi Banaran, dari atas ketinggiannya yakni di Sky View wisatawan dapat menikmati panorama tujuh gunung sekaligus. Sembari menikmati sajian kopi langsung dari kebun Kampoeng Kopi Banaran warisan Belanda, wisatawan dapat menikmati kesejukan udara yang datang dari perbukitan di kawasan wisata ini.

Selain itu, ada beberapa potensi wisata kekinian untuk di urai dan cukup viral, sebut saja lagi destinasi wisata Dusun Semilir, Sunrise Hill, Umbul Sidomukti, Saloka Park, dan Desa Wisata Sepakung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:45 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Tinjau Kesiapan Sarpras Catar AAL Surabaya

Markas Komando (Mako) Pangkalan Korps Marinir (Lanmar) Surabaya, Jalan Opak, No.09, Surabaya, yang rencananya akan dijadikan sebagai tempat Test Terpusat Werving Calon Taruna (Catar) Akademi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:30 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Pimpin Pengukuhan Kadispen Kormar dan Penyerahan Jabatan Kapuskodal Kormar

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto memimpin acara pengukuhan jabatan Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir (Kadispen Kormar) dan penyerahan jabatan Kepala…

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:15 WIB

Prajurit YONIF 3 Marinir Sidoarjo Tingkatkan Beladiri Karate

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono tentang bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:00 WIB

Sejumlah Taruna Akmil dan AAL Dalami Ilmu Kepemimpinan di Yonif Raider 300 Bjw

Taruna Akademi Militer (Akmil) dan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mendalami materi kepemimpinan saat melakukan kunjungan ke Mako Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw, yang berlokasi di Kabupaten…

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:49 WIB

Presiden Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Semarang

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengunjungi Pasar Peterongan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada hari Selasa, 5 Juli 2022. Tiba sekira pukul 12.30 WIB, kehadiran Presiden…