Tak Kalah Populer dengan Kota, Kabupaten Semarang juga Memiliki Banyak Potensi Wisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 Desember 2021 - 17:00 WIB

Bupati Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha (Dok: Himpunan Anak Media (HAM))
Bupati Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha (Dok: Himpunan Anak Media (HAM))

INDUSTRY.co.id - Kota Semarang memang populer di kalangan wisatawan namun, tidak memungkinkan bahwa daerah lainnya seperti Kabupaten Semarang yang ternyata memiliki kawasan destinasi wisata yang tak kalah menarik dari segi potensi pariwisata.

Disampaikan oleh Bupati Ngesti Nugraha bahwa ini menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat bagi pemerintah daerah Kabupaten Semarang. 

"Selama ini orang hanya tahu Kota Semarang. Jadi, upaya kita untuk membangkitkan dengan memberikan supporting destinasi wisata di Kabupaten Semarang dan kita punya ambisi untuk memiliki identitras diri agar tidak kalah tenar dengan Kota Semarang," katanya dalam perayaan Hari Jadi Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta pada (23/11/2021) di Sky View, Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Menurutnya, Kabupaten Semarang pun memiliki destinasi wisata yang tidak kalah populer dibandingkan Kota Semarang. Namun, sayangnya daerahnya tidak begitu dikenal. 

"Sementara Semarang ini cukup luas, di tengah Kabupaten Semarang ada Kota Salatiga. Bahkan dari Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga lebih dikenal orang. Padahal potensi kami sangat besar,” ungkapnya.

"Oleh karena itu sebagai penyangga ibukota, Kabupaten Semarang harus bangkit dan berusaha maksimal minimal mengimbangi dengan perbedaan Kota Semarang. Kita lihat di Kota Semarang nggak punya seperti Candi Gedung Songo, kebudayaan yang indah dan bagus kebanyakan di Kabupaten Semarang. Maka dari itu, kita harus unggul dan mengekspos wisata minimal sejajar dengan Kota Semarang," tambahnya.

Kabupaten Semarang sendiri memiliki keunggulan pariwisata, pertanian, perdagangan dan jasa. Dimasa pandemi Covid-19 pariwisata dan pertanian sebagai penopang PAD terbesar pendapatannya terjun bebas. Bahkan, Kabupaten Semarang ekonominya minus 2,26 persen. 

Lebih lanjut, Bupati Ngesti Nugraha menjelaskan tidak hanya Candi Gedung Songo, Kabupaten Semarang pun memiliki potensi pariwisata, di antaranya 50 daya tarik wisata dan 55 desa wisata yang terus bergerak dan terus dikembangkan.

"Adanya dana desa sangat mendukung pengembangan desa wisata. Perkembangan untuk desa wisata cukup besar. Ada wisata alam yang jumlahnya kurang lebih 225 destinasi wisata, serta ada sekitar 700 restauran," tuturnya.

Beberapa destiniasi wisata di kab Semarang yang menjadi ikon di antaranya Candi Gedong Songo—satu kawasan Candi peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra dari abad ke-9 yang ditemukan oleh yang ditemukan oleh Rafles—pemerintahan Belanda pada tahun 1804. Lokasinya berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dan berada di ketinggian 1.200 mdpl.

Di kawasan Bandungan, saat ini terus dilakukan pengembangan dan pembenahan infrastrukturnya. "Bersama Kementerian PUPR kami merelokasi pasar tradisional yang membuat kemacetan sedang dibangun menjadi taman. Kemudian rencana selanjutnya merevitalisasi benteng di Ambharawa sebagai destinasi wisata di Ambarawa terkait dengan candi Borobudur," jelasnya.

Selain itu ada destinasi kekinian yang menjadi buruan pada generasi milenial yaitu Bukit Cinta dan Kampoeng Kopi Banaran. Tak sekedar mampu mengurai dahaga para milenial untuk memenuhi kebutuhan eksistensinya di ruang media sosial dengan view Rawa Pening. 

Dan khusus Kampoeng Kopi Banaran, dari atas ketinggiannya yakni di Sky View wisatawan dapat menikmati panorama tujuh gunung sekaligus. Sembari menikmati sajian kopi langsung dari kebun Kampoeng Kopi Banaran warisan Belanda, wisatawan dapat menikmati kesejukan udara yang datang dari perbukitan di kawasan wisata ini.

Selain itu, ada beberapa potensi wisata kekinian untuk di urai dan cukup viral, sebut saja lagi destinasi wisata Dusun Semilir, Sunrise Hill, Umbul Sidomukti, Saloka Park, dan Desa Wisata Sepakung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…