Lewat Program EHS, Pertamina Lubricants Ajak Siswa 3 SMK di Malang jadi Enterpreneur

Oleh : Ridwan | Rabu, 01 Desember 2021 - 14:00 WIB

Program EHS Pertamina Lubricants
Program EHS Pertamina Lubricants

INDUSTRY.co.id - Malang – PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui Sales Region V wilayah Jatimbalinus kembali melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bersasis Creating Shared Value (CSV) Enduro Home Service (EHS) di tiga sekolah di wilayah Malang Raya yaitu SMK Negeri 6 Malang, SMK Muhammadiyah 1 Malang, dan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang dilaksanakan secara secara online melalui Mteams dan tatap muka di SMK Muhammadiyah 1 Malang (30/11).

Pembukaan program EHS ditandai dengan penandatanganan MoU dan penyerahan bantuan secara simbolis peralatan mekanik, pelumas dan wearpack bagi siswa yang dilakukan oleh Sales Region Manager V PTPL Jatim Balinus, Syafaat Jajuli bersama dengan perwakilan dari 3 SMK yaitu Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Malang Drs. Arief Efendi, Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Malang, Drs. Sidik Priyono, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang, Munali S.T. M.Pd. yang juga dihadiri yang disaksikan oleh perwakilan jajaran guru dan staff pendamping masing-masing sekolah.

Program EHS merupakan salah satu program Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang sejalan program Link & Match Industri dari Pemerintah. 

Program Link and Match ini dilaksanakan untuk menyinergikan antara pendidikan vokasi dengan dunia industri guna meningkatkan penyerapan lulusan sekolah vokasi agar dapat menjadi tenaga kerja andal sekaligus menghemat pengeluaran untuk menjadi sumber daya manusia baru yang sesuai dengan kebutuhan industri. 

Dengan mengikuti program EHS, siswa SMK akan didorong untuk memadukan kompetensi teknis yang diperoleh dari pembelajaran produktif di kelas dengan materi teknis pelumas dan kewirausahaan dengan output berupa pelayanan home service oleh siswa untuk masyarakat di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa yang membutuhkan jasa berbaikan kendaraan roda dua, ganti oli dan servis ringan lainnya.

Sales Region Manager V PTPL Jatim Balinus, Syafaat Jajuli dalam sambutannya menyampaiakan, pihaknya berharap siswa SMK peserta program EHS ini akan memiliki jiwa kemandirian dan berdaya saing tinggi untuk dapat bersaing di industri di Indonesia.

"Kami berharap melalui program kerja sama ini, siswa SMK dapat belajar menjadi entrepreneur, dan mempraktekan serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan dengan melalui program EHS ini," katanya.

Meniurut Jajuli, siswa SMK harus berdaya saing tinggi untuk dapat bersaing di industri di Indonesia. 

"Program EHS ini merupakan media bagi siswa-siswa SMK untuk mengasah ilmu pengetahuan terkait teknik otomotif sekaligus belajar mengenai dunia wirausaha. Kami juga berharap peserta EHS akan memiliki jiwa kemandirian setelah lulus nanti dan mampu memanfaatkan ilmu yang didapatkannya melalui program ini," tambahnya.

Sinergi PTPL dengan SMK merupakan penerapan skema Sistem Bisnis Terintegrasi (Business Integrated Educated System) yang bertujuan dalam meningkatan kualitas siswa lulusan SMK. Selain itu juga program ini bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat siswa di bidang teknik otomotif dan kewirausahaan di bidang perbengkelan roda dua.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Malang Drs. Arief Efendi menyatakan bahwa kolaborasi PTPL bersama SMK menjadi awal mula kerjasama yang berkelanjutan dan terus dapat berkembang dalam memberikan manfaat bagi siswa dan sekolah menengah kejuruan khususnya di wilayah Malang Raya untuk meningkatkan daya saing siswa-siswa lulusan SMK di dunia kerja. 

Program Enduro Home Service tidak hanya melatih kemampuan otomotif para siswa namun juga kemampuan komunikasi & softskill mereka dalam Customer Orientation. 

Saat ini, program EHS sudah berjalan di 12 SMK di wilayah kerja PTPL, melibatkan lebih dari 3000 peserta dan sudah disosialisasikan di 23 SMK dengan jumlah peserta sebanyak 15,000 siswa di seluruh Indonesia.

Program ini sejalan dengan komitmen Pertamina Go Collaborative yakni membangun kolaborasi baik di lingkungan internal dan eksternal dan Pertamina Go Sustainability untuk menghadirkan pendidikan berkualitas yang berkelanjutan, serta sebagai wujud kontribusi PTPL dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 4 tentang Pendidikan Berkualitas dan nomor 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…