KASAD Jenderal Dudung Panen Sayur di Kasuari Green Kodam Kasuari

Oleh : Herry Barus | Minggu, 28 November 2021 - 05:00 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman
KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

INDUSTRY.co.id - Jakarta-– Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa meninjau Kebun Kasuari Green yang berada di dalam komplek Markas Kodam Kasuari , Arfai, Manokwari, Papua Barat, Kamis (24/11/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam XVIII/Kasuari, Jumat (26/11/2021) dan Dispen TNI,  kegiatan tersebut dilaksanakan di sela-sela kunjungan Kasad bersama Ketua Umum Persit KCK Ny. Rahma Dudung Abdurachman ke Wilayah Timur Indonesia termasuk Kodam Kasuari untuk bertemu dan memberikan pengarahan kepada para Komandan Satuan (Dansat).

Selain meninjau Kasuari Green, Kasad juga berkesempatan untuk memanen buah semangka dan sayuran kol serta menanam pohon durian. Selain memanen hasil kebun, Kasad juga mencicipi langsung buah semangka yang dipanenya bersama para prajurit dan Persit KKC Kodam Kasuari.

Kasad bersama rombongan menuju kebun menumpang mobil yang dikendarai Pangdam. Saat mencicipi buah semangka yang dipanennya, Kasad mengatakan semangka tersebut lezat, manis dan kandungan airnya tidak terlalu banyak.

‘’Semangkanya manis sekali, tidak terlalu banyak air jadi rasanya renyah, “ujar Kasad sambil menikmati buah semangka.

Kasad menilai keberadaan Kasuari Green yang ada di Kodam Kasuari merupakan suatu hal yang sangat positif dan luar biasa karena selain melestarikan lingkungan juga dapat memenuhi kebutuhan pangan di lingkungan Kodam Kasuari dan sekitarnya.

‘’Kebun Kasuari Green ini menurut saya inisiatif yang luar biasa, artinya dari situasi kondisi yang sangat terbatas seperti di Papua dan sangat sulit seperti masa pendemi Corvid-19. Tetapi Kodam Kasuarii masih bisa bercocok tanam,” ujar Kasad.

Kasad juga menambahkan hal tersebut sesuai dengan arahannya kepada Prajurit di mana Ia selalu mengatakan bahwa di manapun berada terus semangat walaupun dalam kondisi yang terbatas, dan Kasuari Green ini meruapakan salah satu langkahnya.

”Saya selalu katakan bahwa sekecil apapun kesulitan-kesulitan tapi jika didasari dengan semangat dan rasa ingin maju maka itu tidakakan hilang,’’ sambungnya.

Sebagai informasi, Kebun Kasuari Green ini merupakan inisiasi Pangdam Kasuari Mayjen TNI Nyoman Cantiasa dalam meyukseskan program ketahanan pangan di mana Kodam Kasuari harus dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri salah satunya dengan membangun kebun yang hasilnya dapat dinikmati Prajurit Kodam Kasuari.

Selain mencicipi hasil panen dan menanam pohon, Kasad juga ramah tamah dengan Prajurit Kodam Kasuari dan memberikan pakan ikan lele di kolam ikan di area Green Kasuari hasil budidaya ikan Kodam Kasuari.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Kornas-Jokowi Milenial, Riyon

Jumat, 21 Januari 2022 - 20:23 WIB

Kornas-Jokowi Milenial Tantang Wakil Wali Kota Tangsel Laporkan Pihak Sekolah Yang Lakukan Pungli

Inspektorat Kota Tangerang Selatan banyak menerima laporan masyarakat bahwa telah terjadi pungutan liar dibeberapa sekolah di Tangerang Selatan.

Menperin Agus

Jumat, 21 Januari 2022 - 20:12 WIB

Menperin Agus: Peran Jajaran Kemenperin Sangat Dibutuhkan dalam Mencapai Target Sektor Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasmita melantik total sejumlah 17 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional Ahli Utama┬ádi lingkungan Kementerian Perindustrian(Kemenperin),…

Ilustrasi industri baja

Jumat, 21 Januari 2022 - 19:45 WIB

Berkat Substitusi Impor, Kinerja Industri Logam dan Baja Makin Mengkilap Tahun 2021

Kinerja sektor industri logam dan baja mengalami pertumbuhan positif selama tahun 2021. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada kuartal III tahun 2021, sektor industri logam dengan HS 72-73…

Presidensi G20

Jumat, 21 Januari 2022 - 18:35 WIB

Bapak Ibu Tolong di Catat! Ini Tujuh Fakta Penting Presidensi G20 Indonesia

Untuk pertama kalinya di tahun 2022 Indonesia memegang Presidensi G20. Mandat ini dilaksanakan sejak 1 Desember 2021 sampai dengan 30 November 2022 mendatang. Diperkirakan ada sekitar 150 rangkaian…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 21 Januari 2022 - 18:32 WIB

Pacu Kinerja di 2022, Menperin Agus Lantik 17 Pejabat Eselon II

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasmita melantik total sejumlah 17 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional Ahli Utama di lingkungan Kementerian Perindustrian…