Gelar Festival Gedong Songo, Kabupaten Semarang Ajak Generasi Muda Cintai Seni Budaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 27 November 2021 - 10:00 WIB

Festival Gedong Songo di Kabupaten Semarang (Foto: Himpunan Anak Media)
Festival Gedong Songo di Kabupaten Semarang (Foto: Himpunan Anak Media)

INDUSTRY.co.id - Setiap tahunnya Kabupaten Semarang menggelar Festival Gedong Songo. Namun, event tahunan tersebut baru diselenggarakan kembali setelah dua tahun tertunda akibat pandemi Covid-19. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Dewi Pramuningsih menyatakan, diselenggarakannya Festival Gedong Songo ini menjadikan momentum untuk membangkitkan kembali pariwisata di Kabupaten Semarang yang mengalami keterpurukan akibat pandemi. 

Festival Gedong Songo yang berlangsung dari tgl 23-24 November 2021 ini menjadi langkah strategis untuk membangkitkan kembali promosi pariwisata daerah Kabupaten Semarang. 

"Festival Gedung Songo ini merupakan salah satu ajang promosi untuk memperkenalkan pariwisata kepada masyarakat untuk tidak takut berwisata karena kita berusaha memberikan kepercayaan kepada mereka bahwa wisata kita sekarang sehat, aman. Karena kita kan menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan protokol kesehatan yang kita lakukan. Maka, melalui Festival Gedung Songo ini selain mempromosikan tempat wisata kita juga untuk melestarikan seni budaya," terangnya saat menghadiri perayaan hari jadi Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta di Kampoeng Kopi Banaran pada hari Selasa (23/11/2021).

Ia menjelaskan selama berlangsungnya festival akan menampilkan berbagai kesenian dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Semarang. 

"Menyesuaikan dengan kondisi pandemi, jumlah peserta yang mengisi atraksi kesenian dan kebudayaan pun di batasi. Hari pertama ada tiga sampai empat Kecamatan, selebihnya pada hari kedua. Pada kali ini tidak dapat menampilkan kesenian semua harus bergantian. Sebenarnya kita ingin menampilkan semua kesenian-kesenian dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Semarang ke masyarakat khususnya pada generasi muda agar mereka cinta terhadap seni budaya," jelasnya.

Karena pada event itu kita tampilkan kesenian-kesenian dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Semarang secara bergantian. Jadi kalau tadi ada 3-4 kecamatan besok lagi ada dari beberapanya. Jadi kita ingin itu semuanya kita perkenalkan kepada masyarakat khususnya pada generasi muda agar mereka cinta terhadap seni budaya.

Sebelum pandemi, festival yang memasuki tahun keempat ini setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang cukup signifikan.  "Di tiga tahun terakhir, Festival Gedong Songo meningkat antara 30-40 persen. Pada penyelenggaraan kali ini pasti menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya.

Tentu saja ia pun mengaku kesulitan dan terbatas sebab, selama pandemi tidak bisa sama sekali menyelenggarakan event. Walau begitu, Kadispar Dewi pun mengatakan jika tahun ini dari pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang tidak ada penambahan event, tetapi semuanya diselenggarakan secara virtual. 

Kabupaten Semarang sekarang ini pada level 1 dimulai pada bulan November, kemudian Festival Gedung Songo pun menjadi uji coba pertama dimasa pandemi. Sehinnga, banyak yang dibatasi mulai dari jumlah peserta, dan wisatawan sebagaimana aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.  

"Kita belum berani buka semuanya. Kalau uji coba kan sifatnya on-off atau buka-tutup. Ketika dalam posisi sudah agak membahayakan maka kita off atau tutup. Festival ini juga upaya memperkenalkan pariwisata ke masyarakat agar tidak takut berwisata karena kami memberikan kepercayaan dengan cara berwisata yang sehat dan aman," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang berfoto dengan President & CEO Takasago International Corporation Satoshi Masumura

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:02 WIB

Tarik Minat Investor Jepang, Menperin Agus Tawarkan Fasilitas Insentif Fiskal

Dalam lawatanya ke Jepang Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan jajaran direksi¬†Takasago International Corporation. Hal itu bertujuan untuk memperkuat…