Memahami Pentingnya Produktivitas dan Kreativitas di Dunia Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 26 November 2021 - 19:30 WIB

Ilustrasi Membuat Konten Kreatif (Dok: Kemenparekraf)
Ilustrasi Membuat Konten Kreatif (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Jumlah pengguna internet berbanding lurus dengan banyaknya informasi yang beredar di internet. Dengan informasi sangat banyak, kita harus bijak menghabisakn waktu kita dalam bermain gadget dengan maksimal lewat hal-hal bermanfaat.

Kita harus menyadari apakah waktu digunakan dengan produktif saat mengakses internet atau sebaliknya. Perlu diingat bahwa produktif bukan berarti sibuk dan sibuk belum tentu kita melakukan kegiatan produktif.

“Saat produktif kita berpikir dulu lalu bertindak, fokus terhadap tujuan besar dan jelas, bisa memprioritaskan pekerjaan dengan baik, dan seimbang antara waktu bekerja dan beristirahat,” tutur Intan Maharani, COO Positivibe dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (24/11/2021).

Produktivitas erat kaitannya dengan kemampuan otak kita untuk fokus. Intan mengatakan, otak manusia hanya bisa fokus dan bekerja maksimal selama 10-20 menit untuk suatu hal. 

Jadi, lebih dari itu kita perlu berinstirahat seperti minum sehingga kita bisa maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan. Apabila kita mambu beraktivitas dengan produktif, hal ini dapat meningkatkan kualitas berpikir bahkan menambah kreativitas diri sehingga kita bisa menciptakan suatu ide, gagasan, atau karya.

Bentik-bentuk kreatif ini berupa ide, produk atau jasa. Ide merupakan hasil dari pemikiran kreatif dan menciptakan solusi dari sebuah permasalahan. Produk dan jasa ialah hasil dari kreativitas yang bisa digunakan masyarakat. Ciri orang yang kreatif memiliki rasa penasaran yang tinggi, berpikiran terbuka, berani mengambil risiko, dan ambisius.

“Ketika kita sudah memahami kreativitas, kita harus menyampaikannya dengan cara yang beretika. Etika ini mengingatkan kita pada rekam jejak digital. Jadi masukkan hal yang baik-baik seperti karya,” tuturnya.

Intan mengimbau agar kita bisa menempatkan diri pada waktu dan situasi sesuai dengan etika di dunia digital. "Kita harus bijak berinteraksi sebagai individu dan warga negara Indonesia yang baik," tukasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (24/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Dee Rahma (Digital Marketing Strategist), Andry Hamida (Head of Creative Hello Monday Morning), Pipit Djatma (Fundraiser Consultand & Physchosocial Aktivist IBU Foundation), dan Vivian Wijaya (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.