Indonesia Ranking Pertama Pertumbuhan Marketplace Tercepat di Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 26 November 2021 - 18:30 WIB

Ilustrasi Marketplace (Ist)
Ilustrasi Marketplace (Ist)

INDUSTRY.co.id - Marketplace sebagai sebuah platform dagang yang dikelola perusahaan yang bertindak sebagai pihak ketiga, memfasilitasi bertemunya penjual dan pembeli untuk bertransaksi secara online. Di Indonesia pertumbuhan marketplace termasuk pesat, Databoks bahkan mencatat Indonesia sebagai ranking pertama negara dengan pertumbuhan bisnis e-commerce tercepat di dunia.

“Ini sangat luar biasa sekali ya, Indonesia dapat mengembangkan marketplace ini lebih maju dari negara yang ada di dunia,” kata Rizki Tantan Kurniawan, Young Enterpreneur dan Ketua Hima Eksyar 2021 saat webinar Literasi Digital wilayah Ciamis, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Di posisi kedua menyusul Indonesia ada Meksiko, Philipina, diikuti Kolumbia, dan Uni Emirat Arab, Vietnam, Arab Saudi dan Israel dalam jajaran sepuluh besar negara dengan pertumbuhan marketplace tercepat di dunia.

Karakteristik marketplace dengan penjual yang jumlahnya banyak membuatnya sebagai platform yang bertumbuh. Berbagai fitur khusus di marketplace juga membuat penjual dan pembeli bisa memanfaatkannya dengan baik dan adanya jaminan keamanan transaksi untuk penjual maupun pembeli menjadi kelebihan lainnya.

Dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia cukup signifikan yakni menjadi 202,6 juta pengguna tentunya marketplace sangat potensial menjadi sarana para pemilik bisnis. 

"BPS mencatat nilai belanja transaksi online di marketplace naik sebesar 20 persen selama pandemi 2020. Hal ini tentunya membawa peluang bagi pelaku usaha untuk memperluas saluran pemasaran di marketplace," jelasnya.

Webinar Literasi Digital di Ciamis, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula narasumber seperti Reza Hidayat, CEO Oreima Films, Aap Nurpalah, Ketua BLM FEB UNSIL, Anna Agustin, Managing Partner di Indonesia Global Lawfirm, dan Manda Utoyo, seorang Digital Creator.  

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur (Presdir) JNE, Mohamad Feriadi saat menerima plakat Ramadhan Bahagia oleh Bendahara Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) Ahmad Zuhdi

Jumat, 01 Juli 2022 - 22:54 WIB

Kunci Sukses PT JNE, Berbisnis Melibatkan Tuhan

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menjadi salah satu perusahaan logistik ternama di Tanah Air.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:52 WIB

Menkeu: Anggaran Perlinsos Naik Seiring Guncangan yang Dirasakan Masyarakat

Jakarta, Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran perlindungan sosial (perlinsos) mengalami kenaikan seiring dengan guncangan yang dirasakan oleh masyarakat.

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:41 WIB

Tegas! Sri Mulyani: Kami Tak Akan Lagi Berikan Program Pengampunan Pajak!

Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), menegaskan pihaknya tidak akan lagi memberikan program pengampunan pajak.

Ikan Gurame Asam Manis (Foto: Instagram: dcost.seafood)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:30 WIB

3 Rekomendasi Tempat Makan Seafood Nikmat, dijamin Bikin Ketagihan

Bagi kamu pecinta hidangan laut, ada satu rekomendasi restoran yang wajib kamu coba nih! Ya, namanya D'Cost, ini merupakan jaringan restoran seafood terbesar di Indonesia.

Direktur SDM dan Hukum PT ASABRI (Persero) Sri Ainin Muktirizka beserta jajaran menghadiri langsung Penanaman Pohon di Polda Kepulauan Riau

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:16 WIB

ASABRI Tanam Pohon di Sejumlah Kesatuan Kepolisian

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022, PT ASABRI (Persero) melaksanakan Program Pelestarian Alam melalui Penanaman Pohon di sejumlah kesatuan Kepolisian.