Tiga Tahun Berdiri, Politeknik Industri Furnitur Kemeperin di KEK Kendal Sukses Gelar Wisuda Angkatan Pertama

Oleh : Hariyanto | Jumat, 26 November 2021 - 10:18 WIB

Politeknik Industri Furnitur Kemeperin di KEK Kendal Sukses Gelar Wisuda Angkatan Pertama
Politeknik Industri Furnitur Kemeperin di KEK Kendal Sukses Gelar Wisuda Angkatan Pertama

INDUSTRY.co.id - Kendal - Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal sukses menggelar acara wisuda untuk pertama kalinya. Turut hadir Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI)  yang diwakilkan oleh Dadi Marhadi, Kepala Pusdiklat SDM Aparatur, serta Mudjiono, Tenaga Ahli BPSDMI, dan Presiden Direktur Kawasan Industri Kendal, Stanley Ang. 

Seremoni tersebut menjadi salah satu moment yang istimewa di mana ini merupakan wisuda angkatan pertama dari satu-satunya Politeknik Negeri berbasis furnitur di Indonesia.

Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal sendiri dimiliki oleh Kementerian Perindustrian dan dibangun atas inisiasi dan bentuk komitmen antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Singapura dalam memastikan ketersediaan tenaga kerja terampil bidang furniture, berlokasi di Kawasan Industri Kendal (KIK). 

Secara keseluruhan, tujuan didirikannya Politeknik Furnitur ini adalah untuk mendorong pertumbuhan investasi industri melalui penyediaan tenaga kerja yang kompeten, serta sebagai pusat inovasi, penelitian dan pengembangan Industri furnitur dalam negeri. 

Adapun pembangunan politeknik ini dimulai sejak tahun 2017, kemudian memulai operasional pendidikan angkatan pertama pada 1 Oktober 2018 dengan 100% program beasiswa. 

Terdapat tiga program studi Diploma III yang meliputi Teknik Produksi Furnitur, Desain Furnitur, dan Manajemen Bisnis Industri Furnitur. Setelah tiga tahun berdiri, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal sukses menggelar acara wisuda angkatan pertamanya dengan total 87 wisudawan. 

Menurut Tri Ernawati selaku Direktur dari Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal, hampir seluruh mahasiswa yang diwisuda pada hari ini (25/11/2021) sudah terserap dan bekerja di beberapa perusahaan. 

“Kami sangat bersyukur meskipun ini merupakan wisuda angkatan pertama, Kami memilki para wisudawan yang berprestasi serta memiliki kompetensi siap kerja. Sebanyak 80,45% lulusan angkatan pertama ini sudah diterima bekerja di sektor industri furniture dan lainnya yang tersebar di dalam dan luar Jawa Tengah. Adapun sisanya saat ini dalam proses perekrutan.” kata Ari.

Menurut Mudjiono, keberadaan Politeknik Furnitur di dalam KIK ini, selain untuk mendukung kebutuhan industri akan tenaga kerja yang kompeten, juga diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas dan potensi furnitur nasional.
 
“Indonesia memiliki target untuk industri funitur ini dapat menjadi sektor unggulan ekspor nasional hingga mencapai 5 Miliar USD kedepannya. Dan Jawa Tengah sendiri menjadi salah stau menyumpang terbesar produksi furnitur dalam negeri. Oleh karena itu, dengan terciptanya SDM yang berkompeten dari Politeknik Furnitur Kendal ini diharapkan dapat memberikan inovasi dan meningkatkan nilai tambah produk furnitur Jateng dan nasional hingga semakin dapat bersaing dan menguasai pasar global” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut Dico selaku Bupati Kendal mengucapkan selamat dan harapannya untuk Politeknik Furnitur Kendal, “Saya ucapkan selamat bagi para wisudawan yang lulus pada hari ini. Semoga akan semakin banyak lulusan berkompeten yang berasal dari Politeknik Furnitur dan Pengolahan Kayu Kabupaten Kendal.” katanya.

Saat ini terdapat 450 mahasiswa aktif dan diprediksi jumlah mahasiswa yang lulus pertahunnya dari Politeknik Funitur Kendal ini akan semakin bertambah. Bahkan  tahun ini, Politeknik Furnitur Kendal menambah satu program studi Diploma I yaitu Teknologi Ukir yang dikombinasikan dengan CNC Craft. 

Dalam hal ini Politeknik menerapkan sistem pendidikan berbasis Industri 4.0 dan telah bekerjasama dengan industri untuk penempatan lulusan D-1 tersebut. 

Hal ini tentunya disambut baik oleh para perusahaan dan juga pengembang Kawasan Industri Kendal. “KIK saat ini sudah memiliki 70 perusahaan yang tergabung dan masih akan terus menerima investor baru. Artinya, jumlah perusahaan di kawasan akan semakin bertambah dan kebutuhan akan SDM juga semakin meningkat. Harapannya, dengan semakin berkembangnya Politeknik Furnitur dan Pengolahan Kayu Kendal ini akan memberikan kemudahan bagi para investor untuk mendapatkan tenaga kerja lokal yang terampil dan berkompeten di bidangnya” ungkap Stanley Ang, Presiden Direktur Kawasan Industri Kendal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Krakatau Sarana Properti Jajaki Ekspansi Kerjasama Dengan PT Asahimas Chemical

Rabu, 19 Januari 2022 - 21:43 WIB

Krakatau Sarana Properti Jajaki Peluang Kerjasama Dengan Perusahaan Asal Jepang, PT Asahimas Chemical

Krakatau Sarana Properti (KSP) terus melakukan ekspansi bisnis dengan para mitranya. Terbaru, KSP tengah menjajaki peluang kerjasama dengan PT Asahimas Chemical (ASC), perusahaan asal Jepang…

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:09 WIB

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS) Subholding Integrated Marine and Logistics (IML), memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 dengan…

SUN Energy Teken Nota Kesepahaman Dengan Sojitz Indonesia

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:59 WIB

Wujudkan Energi Hijau, SUN Energy dan Sojitz Indonesia Kembangkan Proyek PLTS di Kawasan Industri GIIC

Dalam mewujudkan target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025, kawasan industri mempunyai peran yang sangat penting. Mengingat kegiatan operasional di kawasan industri…

PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:23 WIB

Peduli Gempa Banten, Pegadaian Serahkan Bantuan untuk Warga Pandeglang

Pandeglang- PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di JIS

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:17 WIB

Usai Nidji, Gubernur Anies Pamer Potret Afgan 'Check Sound' di JIS, Netizen: Luar Biasa Pak...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini kembali mengunggah sebuah penampilan dari musisi Indonesia yakni Afgan yang melakukan check sound dan check venue di lapangan Jakarta International…