Jernihnya Air di Umngot, Sungai Terbersih di India

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 19 November 2021 - 09:15 WIB

Sungai Umngot, Sungai Terbersih di India (Foto: Twitter/@MoJSDoWRRDGR)
Sungai Umngot, Sungai Terbersih di India (Foto: Twitter/@MoJSDoWRRDGR)

INDUSTRY.co.id - Terkenal dengan polusi udara, pencemaran lingkungan di sungai India pun juga disebut sebagai paling parah di dunia. Bagaimana tidak, banyak tumpkan sampah serta limbah pun masih berserakan di sungai-sungainya.

Namun, sebenarnya negara ini juga punya tempat yang kebersihannya pun terjaga yaitu Sungai Umngot. Ya, sungai ini sempat viral beberapa waktu lalu karena keindahan dan kebersihannya. 

Dilansir dari laman Times of India, Sungai Umngot, juga dikenal sebagai Sungai Dawki ini sempat menjadi perbincangan warganet karena memiliki air yang nampak seperti cermin. 

Sungai ini berada di desa Shnongpdeng, tepatnya di perbukitan Jaintia. Letaknya sekitar 100 kilometer dari Shillong dan cuma berjarak 2 kilometer dari perbatasan Bangladesh. 

Dalam sebuah postingan foto yang diunggah oleh Kementerian Jal Shakti, Pemerintah India mengatakan salah satu sungai terbersih di dunia. 

"Sungai Umngot, 100 Km dari Shillong, di negara bagian Meghalaya. Seolah-olah perahu itu berada di udara. Airnya sangat bersih dan transparan. Semoga semua sungai kami bersih. Bangga untuk orang-orang Meghalaya," jelasnya di akun Twitternya @MoJSDoWRRDGR.

Dalam foto tersebut kamu dapat melihat lima orang di atas perahu, dan dasar sungai begitu jelas terlihat sehingga tampaktidak nyata. Dawki adalah tujuan wisata penting di sini di negara bagian Meghalaya, dan merupakan tempat wisata yang populer.

Sebelumnya, perairan di sana lebih populer untuk perdagangan antara nelayan dari dua negara. Namun kini mulai banyak yang melirik kawasan tersebut sebagai tempat wisata yang populer di India.

Wisatawan bisa menikmati keindahan sungai ini dengan naik kayak, perahu motor, kano, atau loncat tebing. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Pastikan Tak Ada Hari Tanpa Pembangunan Fasilitas Prajurit

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sangat memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan bagi Prajurit Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan…

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Iggi H Achsien ditunjuk sebagai komisaris utama Bank Muamalat menggantikan Ilham Akbar Habibie yang mengundurkan diri.

Jumat, 24 Juni 2022 - 20:26 WIB

Iggi Haruman Achsien Diangkat Sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengangkat Iggi Haruman Achsien diangkat sebagai komisaris utama.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo (kiri) bersama perwakilan industri jasa keuangan (IJK) serentak menanam 20.000 Pohon Bakau yang di inisiasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan seluruh Industri Jasa Keuangan dalam rangka Pembangunan Keuangan Berkelanjutan di Bali.

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:55 WIB

BSI Bersama Industri Jasa Keuangan dan OJK Tanam 20.000 Pohon Bakau di Pesisir Pantai Bali

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong pembangunan keuangan berkelanjutan sebagai salah satu komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan di…