Tujuh Destinasi Wisata Menarik di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 November 2021 - 11:40 WIB

Destinasi Wisata Banyuwangi
Destinasi Wisata Banyuwangi

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi- Banyuwangi memiliki banyak pilihan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari gunung, pantai, agrowisata, hutan wisata, dan lain sebagainya. Kamu berencana untuk berlibur ke Banyuwangi dalam waktu dekat ini? Kalau begitu, yuk simak ulasan singkat tentang destinasi wisata yang bisa dikunjungi nanti.

  1. Kawah Ijen

Siapa yang tidak tahu Kawah Ijen. Kawah yang berada di ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini mampu menghadirkan pesona alam yang indah untuk dipandang. Uniknya, jika kamu naik pada dini hari, bisa jadi akan mendapati pemandangan tak biasa dari Blue Fire atau Api Biru.

Blue Fire merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi karena gas bumi bertemu dengan oksigen pada suhu tertentu. Nah, warna biru pada api itu berasal dari tingginya suhu di kawah tersebut.

Buat yang belum tahu, Kawah Ijen termasuk salah satu dari dua tempat di dunia yang memiliki fenomena alam yang langka.

  1. Agrowisata Taman Suruh

Agrowisata Taman Suruh adalah area wisata berupa hamparan kebun bunga yang terletak di Lereng Gunung Ijen, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah. Pada area seluas 8 hektar ini kamu bisa melihat langsung bunga yang didominasi warna kuning dan merah.

Selain dapat menikmati pemandangan bunga-bunga, kamu juga bisa melihat langsung perkebunan sayur dan  buah-buahan organik yang ada di sana.

Jika ingin berkunjung ke destinasi wisata ini, alangkah baiknya untuk memakai pakaian berwarna polos dan senada dengan pemandangan yang ada di Agrowisata Taman Suruh.

  1. Hutan De Djawatan

Pernah menonton film The Hobbit: An Unexpected Journey? Dalam film tersebut,  Woodland Realm digambarkan sebagai hutan belantara dengan lekukan pepohonan besar yang akarnya saling menyatu satu sama lain. Nah, jika ingin merasakan vibes seperti ini, kamu bisa loh mendapatkannya di Indonesia.

Adalah Hutan De Djawatan, destinasi wisata di Banyuwangi yang serupa dengan Woodland Realm. Dijamin jika berfoto-foto di hutan ini, kamu akan mendapatkan momen menarik dan indah.

  1. Pantai Cacalan

Mencari destinasi wisata air yang asyik dikunjungi di Banyuwangi? Pantai Cacalan mungkin bisa jadi salah satu yang bisa dikunjungi Terletak di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, kamu bisa mendatangi Pulau Santen dengan menyewa perahu untuk bisa sampai ke sana.

Pantai Cacalan cenderung memiliki ombak yang kecil, jadi cocok sekali untuk kamu yang ingin menikmati hari sambil berenang di pantai. Tak usah takut kelaparan, sebab di area pinggir pantai banyak yang menjual berbagai macam kuliner seafood.

  1. Pantai Pulau Merah

Selain Pantai Cacalan, ada juga Pantai Pulau Merah yang bisa kamu kunjungi. Asyiknya di lantai ini kamu tidak akan mendapati banyak baru karang, jadi sangat aman untuk dijadikan spot berenang bagi para pemula.

Pantai yang terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran ini juga merupakan surga dunia bagi para peselancar loh. Gulungan ombaknya yang hanya setinggi dua meter, membuat para peselancar jadi lebih mudah untuk mengontrol papan selancar mereka.

Selain berenang dan berselancar, kamu juga bisa menikmati keindahan area Pantai Pulau Merah dari ketinggian, tepatnya di atas bukit yang berada tak jauh dari lokasi utama pantai ini.

  1. Grand Watu Dodol

Grand Watu Dodol harus dijadikan destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika mampir ke Banyuwangi. Area wisata yang terletak di Kecamatan Wongsorejo ini memiliki banyak pepohonan rimbun. Sehingga ketika berkunjung ke sana, kamu bisa menikmati suasana sembari duduk di pinggir pantai.

Selain bersantai di pinggir pantai, kamu bisa menjelajahi area wisata ini dengan menyewa perahu yang sudah disediakan. Jika memungkinkan, kamu juga bisa loh sekaligus  diving dan snorkeling.

  1. Fish Market Kampung Mandar

Banyuwangi memiliki destinasi wisata kuliner terbaru yaitu Fish Market Festival yang berlokasi di kawasan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi. Fish Market Festival adalah pasar ikan segar yang letaknya tak jauh dari Pantai Boom. Demikian informasi dihimpun dari sekertariat PIS

Beberapa ikan yang bisa dinikmati secara langsung di antaranya kerapu, baronang, cakalang, kakap, dan masih banyak lagi yang lainnya Ketika datang ke sana, kamu bisa menikmati langsung ikan yang sudah dipilih, baik itu dikukus, di akar, atau digoreng.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…