Bank OCBC NISP Berdayakan UMKM, Penyaluran Kreditnya Capai Rp18,5 Triliun

Oleh : Wiyanto | Jumat, 12 November 2021 - 15:46 WIB

PT Bank OCBC NISP Tbk
PT Bank OCBC NISP Tbk

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Bank OCBC NISP hari ini menyelenggarakan ONPreneurship MENCARI JAGOAN LOKAL SEHAT’, sebuah ekosistem kolaboratif untuk mendukung pelaku UMKM terus MelajuJauh dalam berkontribusi pada perekonomian nasional.

Bank OCBC NISP bekerjasama dengan Kompas Gramedia Group menggelar serangkaian program, mulai dari webinar, networking dan bootcamp, yang bertujuan tidak hanya menginspirasi, namun juga memberikan solusi praktis tantangan bisnis di era new normal, khususnya pada aspek digital, marketing, branding, financial dan funding.

Melalui ‘#ONPreneurship MENCARI JAGOAN LOKAL SEHAT’, Bank OCBC NISP menyasar lebih dari 1.500 pelaku UMKM dari berbagai provinsi di Indonesia untuk mengikuti program yang pertama, yakni Webinar dengan tema “Jurus Membangun Bisnis 4 Sehat, 5 Sempurna”. Hadir untuk membuka rangkaian program Direktur Bank OCBC NISP Ka Jit dan Direktur Utama SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata.

Bank OCBC NISP secara konsisten menghadirkan solusi perbankan dan non-perbankan atau beyond banking yang relevan bagi para pelaku UMKM. Dari sisi produk dan layanan, Bank terus berinovasi menghadirkan solusi Nyala Bisnis untuk rekening khusus pelaku usaha individu, TAYTB WOMEN Warriors solusi untuk pelaku usaha wanita, pendanaan online KTA CashBiz, sampai dengan solusi cash management dan trade finance. Sampai dengan September 2021, Bank OCBC NISP telah menyalurkan kredit senilai Rp18,5 Triliun untuk sektor UMKM.

Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit mengatakan, besarnya kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional mendorong kami secara konsisten berinovasi, tidak hanya sekadar menghadirkan solusi produk dan layanan perbankan, tetapi juga solusi non-perbankan atau beyond banking, yakni melalui berbagai program pemberdayaan UMKM.

"Salah satunya adalah ‘#ONPreneurship MENCARI JAGOAN LOKAL SEHAT. Program yang merupakan bagian dari CSR Bank OCBC NISP ini bertujuan untuk meningkatkan skill pengelolaan bisnis di era new normal, mulai dari aspek keuangan, pemasaran, memperluas jaringan bisnis (network), membantu transformasi digital, hingga mendekatkan akses UMKM pada permodalan.”

Direktur Utama SMESCO, Leonard Theorsabrata mengatakan, program ‘ONPreneurship mencari jagoan lokal sehat diselenggarakan pada momentum yang tepat. Saat ini upaya pengendalian pandemi memberikan dorongan positif terhadap ekonomi Nasional yang mulai berangsur pulih dan daya beli masyarakat yang semakin meningkat.

"Momentum ini perlu kita optimalkan, salah satunya dengan bersama- sama meningkatkan kapabilitas pelaku UMKM untuk menghadapi tantangan bisnis di era new normal, khususnya pada aspek digital, marketing, branding, financial dan juga funding”," katanya.

Program ‘ONPreneurship MENCARI JAGOAN LOKAL SEHAT’, menghadirkan para expert berpengalaman sebagai business coach untuk membangun bisnis yang fit dari berbagai aspek, yakni

1. FinancialFit oleh Jenny Hartanto, Executive Vice President, National Network Head Bank OCBC NISP & Margareth Theresia, Emerging Business Cluster Head Bank OCBC NISP

2. BrandingFit oleh Handoko Hendroyono, Creative Storyteller

3. MarketingFit oleh Dian Gemiano, CMO KG Media & Chairman of Indonesia Digital Association

4. DigitalFit oleh Fransiska PW Hadiwidjana, Co-Founder & CTO of Womenworks

5. Funding oleh Darry Ratulangi, Managing Director OCBC NISP Ventura

Setelah webinar, rangkaian program kemudian dilanjutkan dengan sesi networking pada tanggal 1 Desember 2021 dan ditutup dengan sesi Bootcamp mulai tanggal 3 Desember hingga 14 Desember. Melalui #ONPreneurship JAGOAN LOKAL SEHAT, peserta memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah modal usaha senilai total Rp75 Juta serta berbagai dukungan untuk pengembangan bisnis lainnya.

Chief Marketing Officer KG Media dan Chairman of Indonesia Digital Association, Dian Gemiano mengatakan, “Pemberdayaan UMKM sudah menjadi salah satu fokus kami di KG Media sejak awal masa pandemi melalui program Jagoan Lokal. Kami berharap kolaborasi Bank OCBC NISP dengan KG Media ini bisa menjadi program yang mengakomodasi semua kebutuhan UMKM untuk menjadi ‘sehat’ dan siap mengembangkan bisnis. Apabila UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional sehat dan berkembang, maka Indonesia pasti bangkit lebih cepat”.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…