BSI Siap Optimalkan Kekuatan Ekonomi Umat untuk Kurangi Pengangguran

Oleh : Wiyanto | Minggu, 31 Oktober 2021 - 13:27 WIB

Ilustrasi angka pengangguran
Ilustrasi angka pengangguran

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Bank Syariah Indonesia (BSI) terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah, terutama pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid. Terbaru, BSI menjadi salah satu pengisi materi dalam acara Workshop Manajemen Masjid yang dilaksanakan oleh salah satu masjid bersejarah di Yogyakarta yaitu Masjid Jogokariyan.

Dalam sambutannya, Wakil Direktur Utama 2 BSI, Abdullah Firman Wibowo mengatakan saat ini diperlukan perluasan fungsi masjid dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk mengurangi pengangguran. Mengutip dari data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah pengangguran pada bulan Februari 2021 meningkat sebanyak 1,82 juta orang dibandingkan dengan bulan Februari 2020.

“Semakin meningkatnya pengangguran ini diperlukan adanya upaya untuk memperluas fungsi masjid dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat sehingga dapat berperan dalam mengurangi angka pengangguran yang saat ini ada. Masjid memiliki peran yang cukup besar bagi masyarakat, bukan hanya sebagai tempat ibadah, melainkan juga sebagai pusat peradaban bagi umat Islam. Masjid harus dimaknai dalam berbagai dimensi kehidupan, diantaranya sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi umat, seperti penyelenggara Baitul Maal, unit pelayanan zakat, infaq dan shodaqah. Oleh karena itu, masjid menyimpan potensi yang sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan umat sekaligus menjadi pilar penting terwujudnya cita-cita pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia,” kata Firman, Sabtu (30/10/2021).

Apalagi, lanjut Firman, memasuki digital era 4.0 yang mana perubahan secara cepat dan dinamis sehingga mengharuskan seluruh elemen untuk menjawabnya melalui digitalisasi ekosistem halal agar dapat diimplementasikan dari hulu hingga hilir. Seluruh elemen baik perbankan syariah, e-commerce, fintech, koperasi syariah maupun masjid perlu mengambil peran ini sehingga potensi ekonomi kerakyatan dapat dikelola dengan baik, transparan, digital.

“Dengan kolaborasi antara masjid dan perbankan syariah diharapkan menjadi salah watu wujud pengabdian kepada masyarakat untuk membantu memakmurkan masjid dan ummat. Keberadaan Bank Syariah Indonesia tentu merupakan bagian dari satu kesatuan ekosistem halal dalam kehidupan masyarakat Indonesia,” tutur Firman.

Sebagai informasi pada Q1 tahun 2021 jumlah masjid dan mushala yang ada di Indonesia seluruhnya hampir mencapai 800 ribu masjid dengan jumlah yang sudah tercatat resmi Kementerian Agama sebanyak hampir 300 ribu masjid.

Masjid Jogokariyan sendiri dibangun pada tahun 1966 dan mulai digunakan pada 1967. Nama masjid diambil dari nama kampung di mana masjid itu berdiri, Kampung Jogokariyan, Kelurahan Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Hal ini mengikuti kebiasaan Nabi Muhammad SAW yakni memberi nama masjid sesuai dengan di mana masjid itu berada.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…