IDRC: Siapa Jubir Presiden Selanjutnya, Febri Diansyah atau Effendi Gazali atau Anggawira ?

Oleh : Herry Barus | Jumat, 29 Oktober 2021 - 15:00 WIB

Pengamat IDRC Usulkan Jubir Pengganti Fadjroel Rachman Harus Berpengalaman
Pengamat IDRC Usulkan Jubir Pengganti Fadjroel Rachman Harus Berpengalaman

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Fadjroel Rachman kini menjadi Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Republik Kazakhstan.

Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memberi arahan terkait pengganti Fadjroel Rachman sebagai juru bicara (jubir) presiden.

Pengamat dari Indonesia Digital Research Center (IDRC), Dimas berharap agar Presiden Jokowi memilih jubir yang komunikatif dan cerdas. Ia mengimbau, agar jubir yang akan diangkat tentunya komunikatif, smart, dan energik.

"Kami mengusulkan jubir Pak Jokowi harus cerdas dan komunikatif jangan sampai melakukan blunder-blunder dan offside yang memang tidak seirama dengan Bapak Presiden Jokowi. Karena kondisi pandemi sekarang perlu keteduhan, ketenangan, kestabilan dalam ekonomi dan politik," ujar Dimas, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (29/10/2021).

Untuk itu, Dimas mengatakan, perlu jubir yang memang handal di bidang komunikasi dan juga memang perlu figur yang smart serta bijaksana dan juga bagaimana melek terhadap teknologi dan digital karena kondisi sekarang memang perlu figur. Selain itu, menurutnya, jubir juga tentunya dari kalangan anak muda jangan sampai melakukan permainan sendiri dan melakukan gerakan-gerakan sendiri.

"Tugas pokok bukan hanya menjadi jubir saja, tapi bagaimana media sosial ini bisa menjadi sebuah tools medium communication kepada publik jangan sampai sentimen-sentimen negatif terhadap pemerintah semakin besar karena kondisi pandemi Covid-19 ini perlu kestabilan yang sangat luar biasa dari pemerintah. Pemerintah perlu mengajak seluruh elemen untuk konsolidasi kepada seluruh kalangan masyarakat," ucapnya.

Kemudian, Dimas menyampaikan bahwa Presiden Jokowi tentu harus memilih jubir baru yang tepat, bukan hanya pandai atau cerdas dalam konteks komunikasi atau edukasi kepada masyarakat saja.

Sosok juru bicara presiden juga harus memiliki pengalaman yang jelas dalam bidang politik, profesional, maupun dunia usaha. Hal ini bertujuan agar dapat memperkuat komunikasi yang dibangun pejabat Istana Kepresidenan, sehingga mampu memberikan kepercayaan masyarakat dalam menyampaikan ide-ide pemerintahan.

"Bapak Jokowi harus mampu mendengar aspirasi dan keinginan publik untuk memilih sosok juru bicara yang tepat, sehingga dapat memberikan tren positif dan meningkatnya kepuasan masyarakat pada sisa dua tahun pemerintahan Jokowi-Maruf," ungkapnya.

Selain itu, dalam penelitiannya, Dimas juga memberikan rekomendasi nama-nama yang banyak muncul di kalangan masyarakat. Nama-nama tersebut di antaranya adalah Fahri Hamzah (Wakil Ketua Umum Partai Gelora), Febri Diansyah (Mantan Juru Bicara KPK), Anggawira (Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI & Eks Jubir Prabowo-Sandiaga), Effendi Gazali (Pengamat Politik Universitas Indonesia), dan Raja Juli Antoni (Politikus Partai Solidaritas Indonesia).

"Kami melihat dari big data dan sentimen media sosial, ini beberapa nama yang mungkin bisa menjadi rekomendasi atau referensi Pak Presiden Jokowi untuk posisi jubir yang kosong yang sedang menjadi perhatian publik sosok yang akan menggantikan Fadjroel Rahman," tuturnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…