Amar Bank Berpartisipasi dalam FinEXPO BIK 2021, Dukung Inklusi Keuangan dengan Teknologi Digital

Oleh : Herry Barus | Jumat, 29 Oktober 2021 - 10:27 WIB

Amar Bank Dukung Inklusi Keuangan dengan Teknologi Digital
Amar Bank Dukung Inklusi Keuangan dengan Teknologi Digital

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan, Amar Bank, perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan, berpartisipasi dalam acara FinEXPO BIK 2021, sebuah pameran produk/jasa keuangan yang digelar secara virtual oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2021. Dengan berpartisipasi dalam virtual expo bertema “Inklusi Keuangan untuk Semua. Bangkitkan Ekonomi Bangsa”, Amar Bank berharap dapat menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia dan memperluas akses terhadap edukasi dan layanan keuangan.

Inklusi keuangan masih menjadi salah satu fokus utama pemerintah Indonesia, terutama dengan adanya perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019  yang dilakukan oleh OJK, indeks inklusi keuangan Indonesia mencapai 76.19%. Untuk dapat mencapai target inklusi keuangan sebesar 90% di tahun 2024, dibutuhkan berbagai program dan upaya untuk meningkatkan literasi keuangan.

Merespon hal ini, Amar Bank memperkuat komitmen untuk menjangkau dan memberdayakan masyarakat yang belum memiliki rekening (unbanked) dan kurang terlayani perbankan (underserved) melalui teknologi  dan pemanfaatan penetrasi internet. EVP Retail Banking Amar Bank, Abraham Lumban Batu berkomentar, “Kami memahami bahwa masih ada gap antara masyarakat yang sudah memiliki akses terhadap layanan perbankan formal dan mereka yang masih tidak memiliki rekening atau kurang terlayani. Inilah mengapa acara seperti FinEXPO BIK 2021 penting untuk diadakan, dan kami sangat mengapresiasi OJK atas penyelenggaraan virtual expo yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat. Dalam virtual expo ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi terkait keuangan pribadi maupun bisnis dan beragam layanan keuangan dari berbagai bank dan institusi keuangan. Dengan berpartisipasi dalam expo ini, kami berharap dapat memperluas layanan keuangan kami ke lebih banyak orang yang membutuhkannya.” 

Salah satu produk utama Amar Bank yang dikedepankan dalam virtual expo ini adalah Tunaiku, aplikasi KTA online yang didesain untuk melayani dan menjangkau masyarakat yang belum atau tidak terlayani oleh layanan perbankan, terutama di daerah yang sulit dijangkau layanan keuangan formal dan konvensional, asalkan di daerah tersebut memiliki jaringan internet layak. Melalui Tunaiku, Amar Bank telah memperluas akses terhadap layanan keuangan ke seluruh penjuru negeri. Ini adalah cara Amar Bank memberdayakan masyarakat yang tidak memiliki rekening dan kurang terlayani, demi meningkatkan taraf hidup mereka.

Masyarakat dapat mengakses virtual booth Amar Bank melalui kategori perbankan pada Fin EXPO BIK 2021 (finexpo-bik2021.id) dari tanggal 18 Oktober hingga 2 November 2021. Baru-baru ini, Amar Bank melalui Tunaiku meluncurkan kampanye #SemuaBisaLebih untuk meningkatkan kesadaran masyarakat seputar produk keuangan yang aman dan kredibel untuk mendukung kebutuhan produktif. Melalui Tunaiku, Amar Bank juga menawarkan  Program Referral untuk memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menambah pendapatan mereka dengan memberikan referensi pinjaman Tunaiku. Sebagai agen referral, mereka akan menerima komisi setiap bulannya berdasarkan program referral yang diikuti. Ada dua skema program referal yaitu Silver dengan komisi Rp 30,000 untuk setiap pengajuan aplikasi pinjaman yang valid dan Gold dengan komisi Rp 200,000 per pengajuan pinjaman yang berhasil dicairkan. Sejak 2014, sudah ada lebih dari 1,500 referral yang aktif berpartisipasi dalam program ini

Di bulan inklusi keuangan ini, Amar Bank juga menawarkan program spesial untuk mendorong dan menumbuhkan kebiasaan menabung, seperti memberikan bunga hingga 9% per tahun untuk deposito di digital bank, Senyumku. Melalui Senyumku, Amar Bank menawarkan digital bank yang dipersonalisasi dengan memahami perilaku nasabah dan menyesuaikan kebiasaan menabung ke dalam kehidupan sehari-hari mereka untuk mencapai kesejahteraan finansial.

Inklusi keuangan harus berjalan beriringan dengan literasi keuangan. Untuk itu, Amar Bank terus mempublikasikan konten-konten edukatif terkait keuangan pribadi, UMKM dan juga edukasi lainnya melalui platform swara.tunaiku.com, meliputi berbagai topik seperti bagaimana menghindari deposito bodong, mengelola keuangan bagi pengantin baru, tips sukses mengajukan pinjaman ke bank untuk modal bisnis, bagaimana perubahan pandemi menjadi endemi akan mempengaruhi ekonomi, dan sebagainya.

Tunaiku sebagai produk KTA online Amar Bank menerapkan teknologi big data  yang canggih sehingga membuat pengajuan pinjaman tanpa agunan menjadi lebih cepat, lebih mudah, dan lebih aman. Beroperasi sejak 2014, Tunaiku menjadi penyedia pinjaman digital pertama yang diawasi penuh oleh OJK & BI. Hingga hari ini, Tunaiku telah mencairkan lebih dari 700,000 pinjaman, sebesar 47,20% diarahkan untuk memberdayakan perempuan dan sebanyak 32.36% merupakan nasabah yang sudah mengajukan pinjaman lebih dari satu kali.  Berdasarkan data terbaru, total pinjaman yang sudah dicairkan Tunaiku mencapai lebih dari Rp 6.6 triliun. Di tahun 2021, Tunaiku menginisiasi kampanye #SemuaBisaLebih yang bertujuan mengajak masyarakat untuk berusaha lebih demi meningkatkan taraf kehidupan dan mengatasi tantangan keuangan mereka

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.