Ketum Kadin Bakal Lanjutkan Kerja Sama Pendidikan Vokasi dengan Jerman

Oleh : Ridwan | Selasa, 26 Oktober 2021 - 12:07 WIB

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid menilai upaya kerja sama diantara Kadin Indonesia dan lembaga Jerman, antara lain GIZ, IHK Trier, dan EKONID mulai menunjukkan kemajuan yang positif. 

Hal ini ditunjukkan oleh adanya Perpres mengenai revitalisasi pendidikan vokasi yang tengah banyak dibahas dan menjadi sorotan dalam penerapan pendidikan vokasi di Indonesia saat ini.

"Kami berterimakasih kepada pemerintah Jerman dan GIZ dan kementerian Indonesia atas kerjasama yang baik dengan Kadin selama ini. Program yang telah berjalan sangat positif untuk reformasi sistem TVT (Technical and Vocational Education and Training) untuk pengembangan SDM, utamanya di sektor industri di Indonesia," jelasnya di Jakarta (25/10).

Kadin bersama pelaku industri, kata dia, telah banyak terlibat dalam proses penyusunan program pendidikan vokasi, pelatihan dan magang hingga dilanjutkan dengan Strategi TVET Nasional, dan Roadmap TVET. 

Pihaknya pun secara khusus mengapresiasi GIZ, IHK Trier, dan EKONID yang telah ikut memperkuat peran Kadin untuk program TVET baik di tingkat nasional maupun daerah, yakni melalui pembangunan infrastruktur TVET di Kadin Indonesia, penerapan standar TVET di perusahaan, dan pelatihan para trainer (pelatih) di perusahaan.

Kadin dalam kepemimpinannya, kata Arsjad, mengusung entitas yang inklusif dan kolaboratif, yang berarti tingkat nasional dan daerah akan bekerja sama untuk mencapai target bersama.

"Komite tetap kami untuk pelatihan dan pendidikan kejuruan dan sertifikasi dan pengembangan tenaga kerja akan melanjutkan kerjasama ini ke depannya. kami akan terus berkoordinasi dengan lembaga pemerintah Jerman terkait untuk program TVET yang lebih baik di Indonesia," kata Arsjad.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Senin, 06 Desember 2021 - 03:30 WIB

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Memantapkan wawasan, pengetahuan dan pemahaman personel terhadap bentuk, proses dan implementasi kebijakan, politik dan kerja sama internasional di bidang keamanan dan keselamatan lautKemarin.…

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…