Hebat! Temukan Sistem Penyimpanan Energi Traksi untuk Kereta Api, Toshiba Raih Penghargaan Good Design Award 2021

Oleh : Kormen Barus | Senin, 25 Oktober 2021 - 10:26 WIB

Teknologi Toshiba
Teknologi Toshiba

INDUSTRY.co.id, Tokyo —Toshiba Group mendapatkan dua penghargaan di Japan’s Good Design Award 2021, suatu penghargaan tahunan yang disponsori oleh Japan Institute of Design Promotion sebagai penghargaan atas sebuah desain dan kualitas produk yang baik.

Produk-produk yang memenangkan penghargaan adalah sistem penyimpanan energi traksi (traction energy storage system) untuk kereta api dengan SCiB™ dan AC inverter HAORI.

Penyerahan produk tersebut merupakan aplikasi bersama (joint entries) antara Toshiba Corporation (TOKYO: 6502) (selanjutnya disebut "Toshiba"), Toshiba Infrastructure Systems & Solutions Corporation (selanjutnya disebut "TISS"), dan Toshiba dan Toshiba Carrier Corporation (selanjutnya disebut "TCC").

Produk yang sama juga mendapatkan penghargaan pada iF Design Award di awal tahun ini. Pengakuan terhadap Toshiba Group di kedua penghargaan desain produk bergengsi tersebut menegaskan kembali komitmen Grup terhadap kualitas tinggi dan standar yang luar biasa dalam desain yang berfokus pada pemakai (user-centric designs).

Komentar dari Juri Good Design terhadap produk unggulan Toshiba:

1.    Sistem penyimpanan energi traksi untuk kereta api dengan SCiB™ - aplikasi bersama oleh Toshiba dan TISS
Sistem penyimpanan daya regeneratif untuk perkeretaapian ini, suatu antarmuka (interface) bagi infrastruktur sosial utama yang tidak kasat di mata umum, diciptakan melalui kolaborasi antara insinyur dan perancang, dan terlibat dengan hal-hal baru terkait produk dan layanan Bisnis ke Bisnis (B2B). Di saat perekrutan insinyur muda semakin sulit, dan berkurangnya jumlah insinyur terampil yang bekerja di lapangan, para pengembang mendengarkan dengan seksama pendapat yang ada di tempat kerja, dan dihargai karena menyarankan pentingnya membuat suatu antarmuka yang mudah digunakan, bahkan oleh insinyur yang tidak berpengalaman sekalipun.

2.    AC inverter HAORI - aplikasi bersama oleh Toshiba dan TCC
Untuk mewujudkan AC yang menjadi pelengkap ruang interior, bodi dan penutup dipisahkan, dan struktur rumah dipertimbangkan kembali. Finishingnya sederhana, dengan kain penutup yang bisa diubah-ubah menyesuaikan dengan ruangan. Selain itu, pertimbangan penuh diberikan pada penampilan penutup setelah operasi, sumber kebisingan selain kain penutup. Kami mengevaluasi proposal ini sebagai cara baru dalam menggabungkan peralatan dengan kain dan menjadikannya bagian dari interior.
 Good Design Award

Terbentuk pada tahun 1957, Good Design Award adalah sistem penghargaan terkemuka di Jepang. Mencakup lingkup pekerjaan yang luas, meliputi produk, arsitektur, aplikasi dan perangkat lunak, proyek dan inisiatif yang memanfaatkan desain dan banyak lagi. Melalui sistem ini, banyak orang bisa bersentuhan dengan “desain yang baik” dan menghargai nilainya.

Tingkat pengakuan penghargaan adalah 84%*, dengan simbolnya yang sudah sangat dikenal, G-Mark.
Toshiba memimpin sebuah grup perusahaan global yang menggabungkan pengetahuan dan kemampuan dari pengalaman lebih dari 140 tahun di berbagai bisnis—dari energi dan infrastruktur sosial hingga perangkat elektronik—dengan kemampuan kelas dunia dalam pemrosesan informasi, teknologi digital, dan AI. Kekuatan khas ini mendukung evolusi berkelanjutan Toshiba menuju Perusahaan Layanan Infrastruktur yang mempromosikan pemanfaatan dan digitalisasi data, dan salah satu perusahaan teknologi sistem siber-fisik terkemuka di dunia.

Dipandu oleh Komitmen Dasar Grup Toshiba, “Berkomitmen pada Manusia, Berkomitmen pada Masa Depan,” Toshiba berkontribusi pada perkembangan positif masyarakat dengan layanan dan solusi yang mengarah ke dunia yang lebih baik. Grup dan 120.000 karyawannya di seluruh dunia memperoleh penjualan tahunan melebihi 3,1 triliun yen (US$27,5 miliar) pada tahun fiskal 2020.

TISS adalah perusahaan inti yang mendukung bisnis Toshiba Group di bidang infrastruktur sosial. Berpisah dari Toshiba Corporation pada tahun 2017, TISS dan perusahaan grupnya mendorong realisasi produk dan sistem yang andal untuk masa depan berkelanjutan yang aman dan terjamin, dan berupaya meningkatkan nilai bagi pelanggan dengan solusi untuk infrastruktur, bangunan, dan fasilitas sosial dan industri.

TCC adalah perusahaan patungan AC yang berbasis di Jepang antara Toshiba Corporation dan Carrier Global Corporation. Sebagai perusahaan solusi pompa panas global, TCC berkomitmen untuk menjawab kebutuhan pelanggan dengan menawarkan produk, sistem, dan layanan unggulan, semuanya menampilkan solusi aplikasi panas khas kami.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.