Pamer Potret di Harvard, Sri Mulyani Ingin Mahasiswa RI Dapat Belajar Teori dan Praktek Kebijakan Publik yang Baik

Oleh : Candra Mata | Minggu, 24 Oktober 2021 - 19:11 WIB

Sri Mulyani di Harvard
Sri Mulyani di Harvard

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melalui akun instagramnya mengunggah sejumlah potret dirinya sedang berada di salah satu sekolah public policy terbaik dunia yakni Cambridge Massachusetts USA.

Dalam unggahan itu, Sri Mulyani juga berfoto di depan potret Presiden AS Jhon F Kennedy.

"Dua minggu lalu, foto di depan gambar Presiden John F Kennedy di gerbang The Harvard Kennedy School (The John F. Kennedy School of Government, or HKS) di Cambridge Massachusetts USA - salah satu sekolah public policy school terbaik di dunia," terangnya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Minggu (24/10/2021).

Dalam unggahan itu, Sri Mulyani menjelaskan bahwa sekolah terbaik tersebut didirikan pad tahun 1936 dengan dana mencapai US$ 2 juta, hadiah dari Lucius Littauer (alumni Harvard).

Di momen tersebut, Sri Mulyani juga mengungkap bahwa dirinya teringat 25 tahun lalu di Universitas Indonesia ketika Ia mendirikan sekolah pasca sarjana Magister Perencanaan dan Kebijakan Pembangunan (MPKP-UI).

Menurutnya, MPKP-UI didirikan untuk melatih mahasiswa dan para pembuat kebijakan memahami prinsip teknokrasi dan dasar-dasar kebijakan publik yang baik. 

Pembangunnya sendiri berasal dari Bantuan Pemerintah (Bappenas-masa Menteri Ginandjar Kartasasmita) sebesar Rp 2 milyar.

Dana tersebut digunalan untuk mendirikan gedung perkuliahan, perpustakaan dan laboratorium komputer di kampus UI Depok. 

Adapun di Harvard HKS, sebut Sri Mulyani,  para mahasiswa belajar dari para pembuat kebijakan di Amerika Serikat, yaitu para bekas pejabat yang pernah terlibat dan membuat kebijakan-kebijakan penting. 

Sehingga mahasiswa mampu memahami teori dan prinsip kebijakan publik yang baik dan sekaligus praktek dan realita pembuatan kebijakan publik yang kompleks dan rumit dengan dimensi politik, hukum, sosial dan bahkan kepentingan yang sangat beragam.

Sementara dengan adanya MPKP-UI, dirinya berharap para mahasiswa dapat belajar dengan kualitas teori dan praktek kebijakan publik yang juga sama baiknya.

"Meski 60 tahun lebih muda, saya berharap di MPKP UI dan kampus-kampus di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, para mahasiswa juga memiliki kesempatan belajar dengan kualitas teori dan praktek kebijakan publik yang baik, sehingga Indonesia dapat terus dibangun maju secara rasional, sehat, terbuka, demokratis, dinamis, modern, inovatif dan terap akuntabel terhadap rakyat," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Kementerian PUPR Uji Coba 3D Concrete Printing

Senin, 06 Desember 2021 - 09:34 WIB

Optimalkan Teknologi Revolusi Industri 4.0, Kementerian PUPR Uji Coba 3D Concrete Printing Karya Anak Bangsa

Bertepatan dengan Hari Bakti ke-76 PU, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama dengan PT. PP (Persero) Tbk. dan Autoconz melakukan…

ASUS ROG Phone 5s Series

Senin, 06 Desember 2021 - 09:26 WIB

ASUS Republic of Gamers Hadirkan ROG Phone 5s Series untuk Gamers Indonesia, Ini Harganya...

ASUS Republic of Gamers menghadirkan perangkat terbarunya pada lini ROG Phone 5. Dengan kehadiran processor terbaru dan tercepat dari Qualcomm® Snapdragon™ membawa ROG Phone 5s Series sebagai…

Jalan Rusak di Karo, Sumatera Utara

Senin, 06 Desember 2021 - 09:03 WIB

Kementerian PUPR Siapkan Rencana Penanganan Jalan Rusak di Karo, Sumatera Utara

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara (Sumut), Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga melakukan pengecekan…

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Senin, 06 Desember 2021 - 08:00 WIB

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Berkolaborasi dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Lanal Sangatta, Bakrie Amanah menggelar aksi penanaman 7000 pohon untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap…

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Senin, 06 Desember 2021 - 07:10 WIB

Realisasi Capai 73%, Menteri Bahlil Percaya Diri Target Investasi Tembus Rp900 Triliun di Akhir 2021

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahl Lahadalia optimis target investasi Rp900 triliun bakal tercapai pada akhir tahun 2021.