Pamer Potret di Harvard, Sri Mulyani Ingin Mahasiswa RI Dapat Belajar Teori dan Praktek Kebijakan Publik yang Baik

Oleh : Candra Mata | Minggu, 24 Oktober 2021 - 19:11 WIB

Sri Mulyani di Harvard
Sri Mulyani di Harvard

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melalui akun instagramnya mengunggah sejumlah potret dirinya sedang berada di salah satu sekolah public policy terbaik dunia yakni Cambridge Massachusetts USA.

Dalam unggahan itu, Sri Mulyani juga berfoto di depan potret Presiden AS Jhon F Kennedy.

"Dua minggu lalu, foto di depan gambar Presiden John F Kennedy di gerbang The Harvard Kennedy School (The John F. Kennedy School of Government, or HKS) di Cambridge Massachusetts USA - salah satu sekolah public policy school terbaik di dunia," terangnya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Minggu (24/10/2021).

Dalam unggahan itu, Sri Mulyani menjelaskan bahwa sekolah terbaik tersebut didirikan pad tahun 1936 dengan dana mencapai US$ 2 juta, hadiah dari Lucius Littauer (alumni Harvard).

Di momen tersebut, Sri Mulyani juga mengungkap bahwa dirinya teringat 25 tahun lalu di Universitas Indonesia ketika Ia mendirikan sekolah pasca sarjana Magister Perencanaan dan Kebijakan Pembangunan (MPKP-UI).

Menurutnya, MPKP-UI didirikan untuk melatih mahasiswa dan para pembuat kebijakan memahami prinsip teknokrasi dan dasar-dasar kebijakan publik yang baik. 

Pembangunnya sendiri berasal dari Bantuan Pemerintah (Bappenas-masa Menteri Ginandjar Kartasasmita) sebesar Rp 2 milyar.

Dana tersebut digunalan untuk mendirikan gedung perkuliahan, perpustakaan dan laboratorium komputer di kampus UI Depok. 

Adapun di Harvard HKS, sebut Sri Mulyani,  para mahasiswa belajar dari para pembuat kebijakan di Amerika Serikat, yaitu para bekas pejabat yang pernah terlibat dan membuat kebijakan-kebijakan penting. 

Sehingga mahasiswa mampu memahami teori dan prinsip kebijakan publik yang baik dan sekaligus praktek dan realita pembuatan kebijakan publik yang kompleks dan rumit dengan dimensi politik, hukum, sosial dan bahkan kepentingan yang sangat beragam.

Sementara dengan adanya MPKP-UI, dirinya berharap para mahasiswa dapat belajar dengan kualitas teori dan praktek kebijakan publik yang juga sama baiknya.

"Meski 60 tahun lebih muda, saya berharap di MPKP UI dan kampus-kampus di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, para mahasiswa juga memiliki kesempatan belajar dengan kualitas teori dan praktek kebijakan publik yang baik, sehingga Indonesia dapat terus dibangun maju secara rasional, sehat, terbuka, demokratis, dinamis, modern, inovatif dan terap akuntabel terhadap rakyat," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…