Kunjungi JIS, PSI Lontarkan Pujian: Pak Anies dan Jakpro, Stadionnya Keren Banget...

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 24 Oktober 2021 - 10:15 WIB

Gubernur Jakarta Anies Baswedan di Lapangan JIS
Gubernur Jakarta Anies Baswedan di Lapangan JIS

INDUSTRY.co.id, Jakarta –Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) terus dikebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di tengah pandemi COVID-19. Berdasarkan instruksi Anies, JIS akan diresmikan pada Desember 2021.

"Meskipun dalam pandemi COVID-19, saat ini pembangunan JIS (minggu ke-105) telah terealisasi sebesar 69,85 persen. Memberdayakan lebih dari 2.400 tenaga kerja," tulis dokumen Pemprov DKI seperti dikutip industry.co.id.

Adapun peresmian Jakarta International Stadium direncanakan akan dilaksanakan pada akhir 2021. Pemprov DKI mengajak semua pihak berkontribusi untuk meregenerasi kawasan sekitar JIS.

"Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta mengajak seluruh pihak untuk berpartisipasi dan berkolaborasi untuk mengaktivasi, bahkan meregenerasi, Kota Jakarta melalui kawasan JIS," tulisnya.

Awalnya pembangunan Jakarta International Stadium direncanakan sejak 2009 pascakonversi Stadion Lebak Bulus menjadi stasiun MRT.

Pembangunan Jakarta International Stadium tersebut sekaligus untuk menjadi pusat pariwisata baru berskala internasional yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian kawasan sekitar.

JIS dibangun sebagai stadion multievent bertaraf internasional yang berpihak pada seluruh masyarakat serta mendukung visi kota yang liveable dan berkelanjutan.

Pembangunan infrastruktur Jakarta International Stadium ini berada di kawasan Jakarta Utara. Diketahui Jakarta Utara merupakan wilayah kota dengan jumlah penduduk miskin tertinggi kedua di Jakarta pada 2019 sebanyak 91 ribu warga. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta terus mendorong pemerataan pembangunan fisik, sosial, dan ekonomi di daerah tersebut.

Lebih lanjut, pembangunan Jakarta International Stadium diharapkan dapat meregenerasi kawasan Jakarta Utara, di antaranya melalui penyediaan 13 ribu meter persegi ruang usaha, 1.300 hunian dengan 238 hunian terjangkau, 14 ribu meter persegi ruang terbuka, 5.700 meter persegi fasilitas olahraga publik.

Selain itu, regenerasi kawasan ini diharapkan akan memberikan layanan publik yang memadai, dan secara progresif berdampak kepada lingkungan sekitar dan kualitas hidup masyarakat setempat.

Anggota DPRD DKI Jakarta lintas fraksi mengunjungi lokasi pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (22/10). Kunjungan itu dipimpin Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik dari Fraksi Gerindra.

Selain Taufik, mereka yang berada di lokasi, yaitu Abdurrahman Suhaimi (PKS), Basri Baco (Golkar), Wibi Andrino (Nasdem), dan Anggara Satro (PSI), dan Farazandi Fidina Delegasinsyah (PAN).

Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI, Wibi Andrino merasa kagum dengan pembangunan stadion megah berkapasitas 82 ribu penonton tersebut. Lewat Instastory, Wibi pun mengapresiasi kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan beserta jajaran, yang berusaha menghadirkan stadion berkelas dunia bagi warga Ibu Kota.

Setelah membuat testimoni, Widi mengajak Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Anggara Wicitra Sastroamidjojo membuat testimoni. Anggara yang memakai kaus berlogo Persija tersebut pun tidak sungkan memuji pencapaian Anies. "Pak Anies dan Dirut Jakpro, dan jajaran Japro, stadionnya keren banget," kata cucu mantan perdana menteri Republik Indonesia, Ali Sastroamijoyo tersebut, seperti yang dikutip dari republika.

Sementara itu, pimpinan delegasi DPRD DKI M Taufik menyatakan, pembangunan JIS bisa menjadi warisan pemerintahan eksekutif dan legislatif DKI Jakarta periode ini. Dia mengatakan, pembangunan stadion tersebut dicita-citakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sejak 16 tahun lalu.

Akhirnya, baru diwujudkan saat pemerintahan Gubernur Anies dan DPRD DKI periode ini. "Insya Allah menjadi legacy pemerintahan. Bagi masyarakat Jakarta kita senang, bagi PT Jakarta Propertindo (Jakpro) harus berpikir setelah ini jadi bagaimana nih? mengelolanya," jelas Taufik.

Politikus Partai Gerindra DKI itu mengatakan, pembangunan JIS membutuhkan biaya yang tinggi. Namun demikian, hasil itu bisa menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta dan masyarakat Indonesia yang berkunjung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…