RADIATE, Kampanye Unik Untuk Lebih Memahami Penyandang Autis

Oleh : Erni S | Sabtu, 23 Oktober 2021 - 23:45 WIB

Prischa Nova, M. Psi., Psi - Salah Satu Pembicara Pada Rangkaian Kampanye Kesehatan RADIATE
Prischa Nova, M. Psi., Psi - Salah Satu Pembicara Pada Rangkaian Kampanye Kesehatan RADIATE

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dengan prevalensi Autism Spectrum Disorder yang kian meningkat secara global dan nasional dari tahun ke tahun dan minimnya pengetahuan masyarakat perihal apa itu sebetulnya gangguan autisme, penyebab autisme, dan tatalaksana individu dengan autisme hingga munculnya banyak stigma dan miskonsepsi di masyarakat tentang mereka.

Salah satu dari Top 12 Finalists Ambassador of Public Health AMSA-Indonesia (Asian Medical Students’ Association) yaitu Keisha Annabel Garnette, akrab dipanggil Abel, mencetuskan sebuah rangkaian program kampanye kesehatan yang berfokus pada Autism Spectrum Disorder berjudul “RADIATE”.

Radiate merupakan akronim dari Embrace Differences, Admire Autism yang berjalan dari tanggal10 Oktober - 23 Oktober 2021.

Sulitnya mendapatkan edukasi dan terapi untuk para penyandang autisme di Indonesia terutama pada masa pandemi ini, kampanye kesehatan RADIATE bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kepedulian masyarakat mengenai autisme melalui rangkaian acara yang menarik dan intim dengan para penyandang autisme.

RADIATE tidak berdiri sendiri dalam melaksanakan rangkaian kampanye kesehatan ini, tetapi juga bekerja sama dengan beberapa organisasi non-profit, media partners, dan influencers yang berupaya meningkatkan penyebarluasan pengetahuan mengenai Autism Spectrum Disorder serta menghadirkan mata acara memikat yang dapat dikonsumsi masyarakat secara daring.

Pembukaan kampanye dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober berupa talk show bersama dr. Fransiska Kaligis, SpKJ (K)serta sesi mengecat tote bag interaktif bersama para penyandang autisme dari London School Beyond Academy melalui Zoom Meeting berjudul “I Am Able”.

Rangkaian acara selanjutnya adalah “RADIATE Goes To FKUI” dilaksanakan pada pada tanggal 15 Oktober 2021, berupa pemaparan mengenai informasi dasar Autism Spectrum Disorder, mini quiz seputar mitos atau fakta dari gangguan atau siem, serta promosi mengenai RADIATE untuk lebih memperluas komunitas yang diajak untuk berkontribusi.

Pada acara ini juga diadakan open volunteer program untuk masyarakat umum yang ingin ikut serta berkontribusi pada aksi kampanye ini yang dinamakan sebagai “Autism Warriors”. 

Dimana para Autism Warriors nantinya akan membantu untuk meningkatkan kewaspadaan orang terdekat perihal autisme melalui postingan rutin berupa poster digital di akun Intagram mereka, dari ilmu yang mereka dapatkan pada sesi pengenalan & pelatihan relawan. Program relawan ini dilaksanakan selama enam hari dari tanggal 17 - 22 Oktober 2021.

Tak hanya itu ada juga talk show Instagram Live berjudul “Life On The Autism Spectrum” yang berlangsung pada tanggal 18 - 19 Oktober 2021 bersama narasumber-narasumber, yakni keluarga dan teman-teman penyandang autisme dari London School Beyond Academy dan Yayasan MPATI. 

Talk show ini membahas seputar stigma dan miskonsepsi yang hadir di masyarakat tentang para penderita autisme, mengecualikan hal-hal tersebut dari pikiran para audiens melalui pengalaman pribadi penyandang, serta meninggikan kemampuan dan talenta para penyandang autisme yang sebenarnya sangat menarik.

Acara puncak dilaksanakan dua hari berturut-turut dari tanggal 21 - 22 Oktober 2021 diisi dengan storytelling day bersama anak-anak penyandang autisme dari Rumah Autis Depok, serta experts day bersama Prof. Dr. dr. Tjhin Wiguna, SpKJ(K) dan Prischa Nova, M. Psi., Psi. Dan ada pula sesi interaktif mewarnai dan menggambar, serta sesi berbagi pengalaman dari representatif Rumah Autis Depok. 

Pada sesi expert day membahas lebih perihal tatalaksana serta cara pengembangan minat dan bakat individu penyandang autisme terutama pada masa pandemi. Keseluruhan rangkaian acara kampanye kesehatan Radiate dilakukan secara daring dengan media Instagram.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…