Community Investment Prudential Indonesia, Dorong Inklusi Keuangan yang Ideal melalui Peningkatan Literasi

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 23 Oktober 2021 - 08:53 WIB

Peringati Bulan Inklusi Keuangan 2021 & Hari Asuransi 2021, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) gencar tingkatkan literasi keuangan masyarakat, salah satunya melalui webinar pelatihan literasi keuangan untuk perempuan yang digelar bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)
Peringati Bulan Inklusi Keuangan 2021 & Hari Asuransi 2021, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) gencar tingkatkan literasi keuangan masyarakat, salah satunya melalui webinar pelatihan literasi keuangan untuk perempuan yang digelar bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)

INDUSTRY.co.id, Jakarta– PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) percaya bahwa kecakapan literasi keuangan merupakan salah satu kunci penting untuk memberdayakan masyarakat agar dapat membuat keputusan keuangan yang tepat. Oleh karena itu, Prudential Indonesia melalui inisiatif Community Investment secara berkelanjutan melaksanakan beragam pelatihan literasi keuangan kepada sejumlah target yang sangat potensial untuk berkembang dan berperan penting dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional, yaitu perempuan, anak, komunitas ekonomi Syariah,
dan UMKM.

Komitmen edukasi ini juga kian digencarkan untuk turut menyukseskan Bulan Inklusi Keuangan 2021 & Hari Asuransi 2021 sepanjang Oktober.
Saat ini nilai indeks inklusi keuangan Indonesia dilaporkan sudah mencapai 76,19 persen, melampaui target Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI)1 yaitu sebesar 75 persen.

Meski demikian, kondisi ini masih belum ideal karena masyarakat menggunakan produk keuangan tanpa pemahaman yang memadai tentang pengelolaannya. Hal ini terlihat dari indeks literasi keuangan yang baru mencapai 38,03 persen.

Indrijati Rahayoe, Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia menanggapi, “Masih terdapat kesenjangan yang cukup besar
antara indeks inklusi dan literasi keuangan. Oleh karena itu, kita perlu mengatasinya dengan membekali masyarakat pengetahuan untuk membuat keputusan keuangan yang cerdas dan memahami berbagai pilihan perencanaan keuangan yang tersedia, seperti  perlindungan asuransi untuk keluarga. Pemahaman keuangan harus kian ditingkatkan terutama dalam kondisi pandemi yang menyebabkan berbagai tekanan dan ketidakpastian
ekonomi.”

Memahami pentingnya upaya-upaya untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia guna membantu individu menghindari kerapuhan ekonomi di masa depan, pendidikan menjadi salah satu pilar utama inisiatif Community Investment perusahaan dalam memberdayakan masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, Indri menambahkan, “Prudential Indonesia melalui berbagai program Community Investment terus melatih kemampuan pengelolaan uang bagi para perempuan, anak-anak sebagai generasi penerus, komunitas ekonomi Syariah, hingga pelaku UMKM agar mereka dapat memiliki
perencanaan keuangan yang sehat dan bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya.”

Community Investment Prudential Indonesia telah melakukan berbagai rangkaian inisiatif yang strategis untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, di antaranya:
1. Edukasi literasi keuangan untuk perempuan Telah dilaksanakan sejak 2009 sebagai respons atas rendahnya literasi pada perempuan, padahal mereka memegang peran penting untuk memberdayakan dirinya serta lebih jauh lagi, menjadi ‘menteri keuangan’ keluarga dan mewujudkan keuangan
keluarga yang sehat. Pada 2019 indeks literasi keuangan perempuan Indonesia juga masih tertinggal dibandingkan laki-laki yaitu 36,13 persen2. Sejumlah pelatihan terus dilakukan Prudential Indonesia berkolaborasi dengan berbagai kementerian, antara lain Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Hingga September 2021, program ini telah memberikan manfaat kepada lebih dari 41.000 perempuan Indonesia di seluruh Indonesia, dan ditargetkan untuk mencapai 50.000 perempuan pada 2022.

2. Edukasi literasi keuangan untuk anak Cha-Ching merupakan program literasi keuangan untuk anak usia 7-12 tahun yang dikembangkan oleh Prudence Foundation. Hadir sejak 2012 dengan format menarik bagi anak melalui platform digital, yang kemudian berkembang seiring waktu menjadi modul
pembelajaran tambahan di berbagai sekolah untuk mengajarkan empat kunci utama konsep pengaturan keuangan sehari-hari yaitu Peroleh (Earn), Tabung (Save), Belanjakan (Spend) dan Sumbangkan (Donate). Bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia, selama enam tahun terakhir, program Cha-Ching telah mendapatkan dukungan dari berbagai Dinas Pendidikan dan diimplementasikan di 2.675 sekolah dasar di Jakarta, Sidoarjo, Trenggalek, Blitar dan menjangkau 4.828 guru dan 146.799 anak. Merespons pandemi, Prudential Indonesia meluncurkan Cha-Ching Kid$ at Home sehingga anak tetap dapat belajar pengelolaan keuangan dari rumah.

3. Edukasi literasi keuangan untuk komunitas ekonomi syariah Edukasi berkelanjutan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan demi
terjaminnya kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui roadshow dengan masyarakat ekonomi syariah (MES) sejak 2014 dan hingga kini telah menjangkau hampir 28.000 masyarakat.

4. Edukasi literasi keuangan untuk pelaku UMKM UMKM adalah tulang punggung perekonomian bangsa, namun pandemi COVID-19 telah
memberi hantaman keras terhadap usaha mereka. Memahami hal ini, di tahun 2020-2021, Prudential Indonesia memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM dengan mengadakan webinar edukasi literasi keuangan yang memfasilitasi mereka dengan materi-materi pengelolaan bisnis, dan menghadirkan sosok pemilik bisnis untuk menginspirasi. Program ini ditargetkan menjangkau 800 pemilik UMKM hingga akhir tahun ini.

Selama Bulan Inklusi Keuangan, seluruh kegiatan edukasi secara intensif dilakukan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam format virtual di lingkup nasional. Selain itu, sejak akhir Desember 2020, Prudential Indonesia juga secara aktif melakukan edukasi literasi keuangan, khususnya yang terkait dengan literasi asuransi melalui sosial media dan media online. Hingga kini, inisiatif literasi asuransi tersebut telah menjangkau lebih dari 2,38 juta masyarakat Indone

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…