PON XX Papua Sukses, Kondusif, Bukti Kuatnya Persatuan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 19 Oktober 2021 - 15:00 WIB

Saiful SH Pengamat Kebijakan Pub;ik
Saiful SH Pengamat Kebijakan Pub;ik

INDUSTRY.co.id - Jakarta –  Helatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua berakhir sudah selama 13 hari dengan sukses dan kondusif dengan hasil yang memuaskan dimana Provinsi Jawa Barat sebagai juara umum. Dengan suksesnya even ini artinya membuktikan kuatnya persatuan dan kesatuan sebagai bangsa yang majemuk.

Demikian disampaikan pengamat kebijakan publik, Saiful dalam podcast secara virtual yang digagas oleh ICF  indonesia dengan tema ‘ PON XX Papua, Sukses Kondusif Tidak Terprovokasi Aksi KST’, Senin, 18 Oktober 2021.

Menurut Saiful,  seluruh komponen bangsa dan rakyat Indonesia bangga dan memberikan apresiasi yang setinggi tinggi nya atas sukses nya PON  XX di Papua.

Suksesnya PON XX Papua kata Saiful mengandung pesan dan kesan positif, yakni atas kebijakan yang bijaksana dari Presiden Jokowi yang membuktikan bahwa Papua bukan daerah tertinggal. Bayangkan saja, Stadion Lukas Enembe di Kabupaten Jayapura sebagai venue PON merupakan stadion termegah di Asia pasifik yang mampu menampung sekitar 40.000 pengunjung. Dengan desain yang terbaik dan modern lintasan atletis nya juga bersertifikat kelas satu  standart federasi atletik internasional IAAF.

Masih menurut Bejo alias Saiful, kesan positif lainnya adalah PON XX Papua, memiliki makna besar  selain untuk meningkatkam prestasi olahraga  juga berperan sebagai alat pemersatu bangsa dan menjadi panggung persatuan, pangggung kebersamaan.

“Kita semua tau bahwa PON XX di Papua di laksanakan di tengah pandemi Covid-19. Yang mana agendanya ada 36 pertandingan dengan 56 disiplin   dan di ikuti 6.422 atlet yang memperebutkan 681 medali emas. Dan alhamdulilah sukses,” tegasnya.

Dan yang tak kalah penting  PON XX Papua kondusif dan seluruh elemen  masyarakat di semua lapisan tidak terprovokasi oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab seperti KST .

“Kita semua berterimakasih kepada bapak Presiden atas kebijakan kebijakan dengan terselenggaranya PON  XX di Papua dengan Sukses. Kepada Polri/TNI, Kementerian Olahraga, BIN, Satgas Covid, awak media baik TV, Online dan para jurnalis, Pemprov  Papua dan seluruh rakyat Papua atas suksesnya Pon Papua ini. Semoga ke depan Akan  terlaksana even even olahraga baik nasional dan Internasional di Papua,” tandasnya.

Ferry Junaedi, Pelatih PON XX Papua Cabang Olahraga Atletik Sumatera Selatan menambahkan bahwa terdapat nilai – nilai spirit sangat bagus, bahwa masyarakat Papua sangat antusias menyambut dan menjadi tuan rumah yang sukses dan kondusif.

“Saya merasakan sendiri sangat aman dan persatuan kesatuan terlihat, masyarakatnya ramah dan protokol kesehatan secara ketat dan alhamdulilah sukses,” tukasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…