Terkuak! Ini yang Dibahas Menko Luhut dengan Utusan Joe Biden saat Makan Malam Bersama, Luar Biasa

Oleh : Ridwan | Senin, 18 Oktober 2021 - 13:53 WIB

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan makan malam bersama John Kerry selaku utusan khusus Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk iklim yang juga mantan Menteri Luar Negeri AS.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Luhut menyatakan Indonesia berkomitmen untuk mendukung pengendalian perubahan iklim.

"Menyangkut kepada perubahan iklim, Indonesia itu sangat serius mengendalikan perubahan iklim. Saya barusan selesai makan malam dengan utusan khusus Presiden Biden (Joe Biden), John Kerry bersama bu Nani (Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Nani Hendiarti). Dan kita bicarakan panjang lebar sekali bagaimana program mengenai itu. Saya sampaikan Indonesia sangat serius untuk pengendalian perubahan iklim," ujarnya dalam acara Festival Iklim 2021, Senin (18/10).

Luhut mengatakan, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar dan pemilik hutan tropis, menjadikan penanggulangan perubahan iklim sebagai salah satu kepentingan nasional. Antara lain melalui langkah kebijakan, pemberdayaan, dan penegakan hukum.

"Laju defortasi kita jelaskan, dalam beberapa tahun terakhir ini punya prestasi sangat baik. Nah, itu mereka (AS) akui. Kemudian, pencegahan konversi hutan alam dan lahan gambut juga 62,6 juta hektare, pengurangan kebakaran hutan sebesar 82 persen. Sedangkan di beberapa wilayah Amerika, Australia, dan Eropa mengalami peningkatan terbesar," terangnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengemukakan program rehabilitasi 620.000 hektare ekosistem mangrove terdegradasi di Indonesia sebagai yang terbesar sepanjang zaman.

"Kita ada 3,31 juta hektare (lahan mangrove), target kita empat tahun ke depan ini sekitar 620.000 hektare, di antaranya ada yang kritis. Tahun ini kita lakukan 150.000 hektare," katanya dalam acara Kick Off Penanaman Mangrove di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten dilansir Antara, Rabu (3/3) siang.

Menurut Luhut Indonesia sedang terkenal di dunia karena selama empat tahun terakhir dianggap berhasil dalam penanganan deforestasi.

"Saya bicara 'zoom call' dengan mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang sekarang menangani masalah lingkungan hidup, yakni John Kerry, Indonesia diumumkan yang paling berhasil di seluruh dunia dalam penanganan deforestasi," papar Luhut

Dia mengatakan program rehabilitasi 620.000 hektare ekosistem mangrove terdegradasi di Indonesia juga turut diamati dunia, di antaranya Bank Dunia yang membantu pendanaan program tersebut senilai USD400 juta.

"Walaupun kita tidak pernah minta, tapi mereka alokasikan untuk ini," katanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.