Terkuak! Ini yang Dibahas Menko Luhut dengan Utusan Joe Biden saat Makan Malam Bersama, Luar Biasa

Oleh : Ridwan | Senin, 18 Oktober 2021 - 13:53 WIB

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan makan malam bersama John Kerry selaku utusan khusus Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk iklim yang juga mantan Menteri Luar Negeri AS.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Luhut menyatakan Indonesia berkomitmen untuk mendukung pengendalian perubahan iklim.

"Menyangkut kepada perubahan iklim, Indonesia itu sangat serius mengendalikan perubahan iklim. Saya barusan selesai makan malam dengan utusan khusus Presiden Biden (Joe Biden), John Kerry bersama bu Nani (Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Nani Hendiarti). Dan kita bicarakan panjang lebar sekali bagaimana program mengenai itu. Saya sampaikan Indonesia sangat serius untuk pengendalian perubahan iklim," ujarnya dalam acara Festival Iklim 2021, Senin (18/10).

Luhut mengatakan, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar dan pemilik hutan tropis, menjadikan penanggulangan perubahan iklim sebagai salah satu kepentingan nasional. Antara lain melalui langkah kebijakan, pemberdayaan, dan penegakan hukum.

"Laju defortasi kita jelaskan, dalam beberapa tahun terakhir ini punya prestasi sangat baik. Nah, itu mereka (AS) akui. Kemudian, pencegahan konversi hutan alam dan lahan gambut juga 62,6 juta hektare, pengurangan kebakaran hutan sebesar 82 persen. Sedangkan di beberapa wilayah Amerika, Australia, dan Eropa mengalami peningkatan terbesar," terangnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengemukakan program rehabilitasi 620.000 hektare ekosistem mangrove terdegradasi di Indonesia sebagai yang terbesar sepanjang zaman.

"Kita ada 3,31 juta hektare (lahan mangrove), target kita empat tahun ke depan ini sekitar 620.000 hektare, di antaranya ada yang kritis. Tahun ini kita lakukan 150.000 hektare," katanya dalam acara Kick Off Penanaman Mangrove di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten dilansir Antara, Rabu (3/3) siang.

Menurut Luhut Indonesia sedang terkenal di dunia karena selama empat tahun terakhir dianggap berhasil dalam penanganan deforestasi.

"Saya bicara 'zoom call' dengan mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang sekarang menangani masalah lingkungan hidup, yakni John Kerry, Indonesia diumumkan yang paling berhasil di seluruh dunia dalam penanganan deforestasi," papar Luhut

Dia mengatakan program rehabilitasi 620.000 hektare ekosistem mangrove terdegradasi di Indonesia juga turut diamati dunia, di antaranya Bank Dunia yang membantu pendanaan program tersebut senilai USD400 juta.

"Walaupun kita tidak pernah minta, tapi mereka alokasikan untuk ini," katanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bupati Indramayu, Jawa Barat, Hj. Nina Agustina

Minggu, 05 Desember 2021 - 09:04 WIB

Bupati Indramayu Nina dan Sembilan Lainnya Nominasi Anugerah Kebudayaan PWI-HPN 2022

Sepuluh bupati/wali kota dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi hingga Pulau Nusa Tengggara Barat, terpilih menjadi nomine Anugerah Kebudayaan (AK) PWI pada Hari Pers…

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).