Debby Kurniawan: Trofi Thomas Cup Jadi Momen Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 Oktober 2021 - 16:30 WIB

Penantian panjang Indonesia selama kurang lebih 20 tahun menjadi juara Piala Thomas akhirnya terwujud. Indonesia berhasil menjuarai Piala Thomas 2020 usai mengalahkan China. Puasa gelar dua dekade Merah-Putih di ajang ini berakhir sudah.(foto:instagram/badminton.ina)
Penantian panjang Indonesia selama kurang lebih 20 tahun menjadi juara Piala Thomas akhirnya terwujud. Indonesia berhasil menjuarai Piala Thomas 2020 usai mengalahkan China. Puasa gelar dua dekade Merah-Putih di ajang ini berakhir sudah.(foto:instagram/badminton.ina)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Anggota Komisi X DPR RI Debby Kurniawan mengapresiasi tim bulu tangkis putra Indonesia yang berhasil memboyong Piala Thomas 2020. Prestasi ini menjadi kado Hari Sumpah Pemuda dan momentum kebangkitan bulu tangkis Indonesia.

“Kita patut apresiasi perjuangan tim bulu tangkis putra Indonesia, sampai berhasil meraih juara di event Piala Thomas 2020,” ujar Debby Kurniawan, Jakarta, Senin (18/10/2021).

Ia menyayangkan, bendera merah putih tidak berkibar dalam upacara penyerahan trofi Piala Thomas, akibat sanksi oleh Badan Antidoping Dunia atau World Anti Doping Agency (WADA) kepada Indonesia.

“Ini (sanksi WADA) harus segera diselesaikan. Dan pemerintah harus memberikan perhatian, agar kita bisa menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga tingkat regional dan internasional,” terangnya.

“Sanksi WADA ini akan mempengaruhi nama baik Indonesia dalam bidang olahraga,” imbuhnya.

Lebih jauh Politisi Partai Demokrat ini mengungkapkan, melihat sejarah perjalanan bulu tangkis di Tanah Air, Indonesia memiliki segudang prestasi. Trofi Uber Cup pernah di boyong ke Tanah Air tahun 1975, 1994 dan 1996. Sementara trofi Thomas Cup, menurutnya, Indonesia berhasil meraih 14 kali.

“Raihan prestasi (Piala Thomas Cup 2020) kali ini telah mengobati dahaga kita selama 19 tahun. Kita berhasil memboyong trofi ini terakhir 2002 lalu,” kata Debby.

Ia meminta agar pemerintah lebih serius memperhatikan cabang olahraga (Cabor) bulu tangkis. Dengan memperbaiki sarana pelatihan dan pembinaan bagi para atlet. Selain itu, dibutuhkan pula anggaran yang cukup untuk melakukan pengembangan pencarian bibit-bibit atlet hingga ke daerah.

“Kita memiliki potensi prestasi di cabor bulu tangkis. Jadi pemerintah jangan menutup mata untuk terus memberikan perluasan pencarian bibit-bibit atlet sampai ke daerah,” ujar Debby.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MenKopUKM Teten Masduki saat membuka gelaran Kebumen International Expo (KIE) 2022

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

Gairahkan Ekonomi Daerah, MenKopUKM Buka Gelaran Kebumen International Expo 2022

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi terselanggaranya Kebumen International Expo 2022 (KIE 2022) yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen dan diyakini bisa…

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan Malam Apresiasi Wajib Pajak Taat Pajak Kota Batam, yang memberikan penghargaan bagi wajib pajak taat pajak terbaik tahun 2022, Jumat (24/6/2022) malam…

Hewan Sapi disuntikkan vaksin oleh petugas

Senin, 27 Juni 2022 - 08:26 WIB

Dalam Dua Hari, Vaksinasi PMK Tembus 58 Ribu Dosis

Pemerintah terus melakukan percepatan vaksinasi terhadap hewan ternak untuk mencegah peningkatan jumlah hewan sakit PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo

Senin, 27 Juni 2022 - 08:15 WIB

Keren! Sekolah Vokasi Kemenperin Olah Limbah Darah Sapi Jadi Pupuk Organik Cair

SMK Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMK-SMAK Padang), salah satu sekolah vokasi yang dimiliki oleh Kemenperin berhasil mengolah limbah darah sapi menjadi pupuk cair. Inovasi yang dinamai…

Menparekraf: Desa Wisata Pecinan Glodok Miliki Storynomics Tourism yang Kuat

Senin, 27 Juni 2022 - 08:11 WIB

Menparekraf Sandi Sebut: Desa Wisata Pecinan Glodok Miliki Storynomics Tourism yang Kuat

Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan Desa Wisata Pecinan Glodok, Jakarta…