Kabar Baik dari Papua! Menpora Amali Sampaikan, Kesuksesan PON XX Berkat Kerjasama Lintas Kementerian, TNI-Polri dan Pemda Papua

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 15 Oktober 2021 - 10:51 WIB

Menpora Zainudin Amali (Foto Fok Jawa Pos)
Menpora Zainudin Amali (Foto Fok Jawa Pos)

INDUSTRY.co.id, Jayapura- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Berjalan dengan lancar dan sukses tanpa ada gangguan. PON XX ini tidak hanya sukses penyelenggaraan, tapi juga sukses prestasi dan ada dampak ekonomi terhadap masyarakat Papua.

"Target- target yang kita harapkan di awal sebelum PON ini tercapai. Target prestasi, target penyelenggaraan, target ekonomi itu secara keseluruhan saya lihat tercapai," kata Menpora Amali di kantor RRI Jayapura, Jumat (15/10).

Untuk target penyelenggaraan, menurut Menpora Amali Papua berhasil menjadi tuan rumah yang baik dengan berjalannya kegiatan yang akan, lancar dan tidak ada gangguan yang mengharuskan pertandingan terhenti.

Selain itu, untuk target ekonomi, masyarakat Papua merasakan dampak ekonomi yang luar biasa, bahkan para pelaku usaha mendapatkan keuntungan tiga kali lipat.

Disisi lain, PON XX juga prestasi karena ada 57 rekor nasional dan internasional yang tercipta dalam ajang olahraga meskipun digelar di tengah-tengah pandemi COVID-19.

Menurut Menpora Amali, kesuksesan-kesuksesan ini tercapai berkat kerjasama dan kolaborasi antara lintas kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, pemerintah daerah, serta TNI-Polri.

"Kesuksesan ini bukan pekerjaan satu pihak saja. Tetapi kerja bareng, kerja bersama, kolaborasi yang luar biasa dari pemerintah pusat lintas kementerian, pihak Polri, TNI dan berbagai pimpinan instansi tingkat pusat. Juga kolaborasi dengan pemerintah daerah baik itu provinsi Papua kemudian kabupaten kota yang ada di Papua," kata jelas Menpora Amali.

Disamping itu, juga kegiatan ini berjalan dukses dengan adanya dukungab dan kerjasama dari kontingen-kontingen dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

"Nah semua orkestrasi ini mendapatkan arahan langsung dari bapak Presiden Pak Joko Widodo, sehingga kita semua bergerak, empat Menko bergerak, Pak Kapolri, Pak Panglima TNI, para menteri bergantian datang ke Papua memastikan bahwa pelaksanaan di Papua ini benar-benar bisa sukses," ungkapnya.

Kesuksesan kegiatan ini, menurut Menpora Amali sekaligus menjawab keraguan dan kekhawatiran bahkan ketakutan masyarakat selama ini terhadap penyelenggaraan PON XX Papua.

"Dan ternyata semua menyaksikan bahwa komitmen masyarakat Papua dengan tagline Torang Bisa, menerka membuktikan mereka bisa mensukseskan PON XX," ucap Menpora Amali.

Selanjutnya, untuk venue-venue yang telah dibangun dengan standar internasional, Menpora Amali berharap hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembinaan atlet dan talenta olahraga Papua maupun prestasi nasional.

"Kedepan kita berharap venue-venue yang sudah digunakan untuk PON ini bisa digunakan untuk minimal Kejuaraan Nasional masing-masing cabor. Dan sebisa mungkin saya akan mendorong kegiatan-kegiatan olahraga internasional maupun regional dilakukan di venue-venue yang sudah bertaraf internasional di Papua ini," harapnya.

Sementara itu, Kabaintelkam Polri, Komisaris Jenderal Paulus Waterpauw mengapresiasi kepada penyelenggara karena sudah berkerja keras dan dikomandai langsung  Menpora Amali sehingga PON XX Papua berjalan dengan lancar.

"Saya berikan apresiasi kepada penyelenggara, mereka kerja keras itu kita harus akui dan dikomandoi pak Menteri, langsung diarahkan oleh bapak Presiden," katanya.

Menurutnya, masyarakat Papua berhasil membuktikan bahwa Papua bisa menjadi tuan rumah dan menyelenggarakan event olahraga nasional di Bumi Cendrawasih.

"Saya pikir ini menunjukan bagaiamana martabatnya bangsa Papua orang Papua muncul di sini, selama ini kan banyak orang yang meragukan, tapi hari ini dengan PON martabat kami naik, artinya kami sama dengan saudara- saudara yang lain," kata pria asal Papua ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…