Sucofindo Apresiasi Telkom, Raih Sertifikat Surveilans dan Perluasan SMAP

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 15 Oktober 2021 - 10:29 WIB

 SUCOFINDO APRESIASI TELKOM, RAIH SERTIFIKAT SURVEILANS DAN PERLUASAN SMAP
SUCOFINDO APRESIASI TELKOM, RAIH SERTIFIKAT SURVEILANS DAN PERLUASAN SMAP

INDUSTRY.co.id, Jakarta– PT SUCOFINDO (Persero) menyerahkan sertifikat SNI ISO 37001: 2016 tentang Sistemn Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) kepada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Sertifikat ini diserahkan oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO (Persero) Budi Hartanto kepada Direktur Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Afriwandi serta Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Heri Supriadi secara virtual (7/10).

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO (Persero) Budi Hartanto turut menyampaikan apresiasinya kepada Telkom atas keberhasilannya dalam meraih sertifikat SMAP. “Kami sangat berterima kasih kepada Telkom telah mempercayakan kami sebagai Lembaga Testing, Inspection, and Certification untuk melakukan audit dan sertifikasi SMAP. Ini merupakan ke- 2 kalinya kita berkolaborasi, dan tahun ini Telkom kembali berhasil meraih sertifikat SMAP,” kata Budi.

Sebelumnya, Telkom telah meraih sertifikat SMAP pada tahun 2020. “Tahun ini merupakan surveilans SMAP dan Telkom menambah ruang lingkup di perwakilan regional-regionalnya. Kami pun sangat mengapresiasi atas komitmen dalam mengimplementasikan SMAP. Sertifikat ini pun sebagai pembuktian bahwa Telkom telah menerapkan zero anti penyuapan,” ujar Budi.

Penerapan standar SMAP dengan utuh dan konsisten dengan selalu mengidentifikasi risiko anti suap, akan mendukung pencapaian rencana strategis maupun kinerja Telkom. “Kami berharap SMAP ini mampu diterapkan secara berkala dan menjadi upaya dalam perbaikan, perubahan, dan peningkatan di berbagai lini pekerjaan dan perumusan regulasi Telkom,” jelas Budi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Afriwandi mengungkapkan rasa terima kasih kepada PT SUCOFINDO (Persero). “Terima kasih atas atas dukungan SUCOFINDO dalam melakukan audit dan sertifikasi kepada Telkom khususnya terkait SMAP. Sertifikat SMAP ini merupakan bentuk komitmen Telkom sebagai perusahaan publik yang menjunjung prinsip transparansi, compliance, dan telah menjalankan tata kelola perusahaan yang baik,” kata Afriwandi.

Setelah tahapan surveilans dan perluasan sertifikasi SMAP, Telkom berhasil meraih sertifikat SMAP. “Kedepannya kami akan terus berkomitmen dan SMAP ini menjadi panduan kami dalam mengimplementasikan: mencegah, mendeteksi, sampai menangani penyuapan, serta menjadi role model sebagai perusahaan yang patuh terhadapa Good Corporate Governance (GCG),” ujar Afriwandi.

Selanjutnya, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Heri Supriadi turut menyampaikan bahwa prestasi ini membuktikan semangat kolaborasi dan komitmen antarbagian di Telkom. “Ini pun menjadi energi positif bagi kami bahwa Telkom telah menerapkan zero penyuapan atas segala praktik-praktik penyuapan,” ujar Heri.

Heri berharap Telkom kedepannya dapat terus menjaga komitmen dalam mewujudkan SMAP dengan ruang lingkup yang lebih luas, hingga mencapai anak perusahaan. “Kami ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berkolaborasi. Dalam komitmen Telkom dalam memitigasi risiko penyuapan, Telkom memiliki tools digital seperti aplikasi pendafataran vendor secara digital,” kata Heri.

PT SUCOFINDO (Persero) merupakan BUMN Jasa Survei dengan layanan Inspeksi, Pengujian, dan Sertifikasi. Selanjutnya, melalui peranan SUCOFINDO, mampu memberi kepastian serta menjaminkan kualitas keamanan dan keselamatan suatu produk, bahan baku, dan/ atau proses kerja sesuai dengan standar dan regulasi.

Hal ini pun sebagai komitmen SUCOFINDO dalam memberikan pemastian untuk kepentingan perindustrian dan perdagangan, serta perlindungan konsumen.

SUCOFINDO pun dilengkapi dengan 10 portofolio bisnis, yaitu di bidang Mineral; Batu Bara; Minyak dan Gas; Energi Baru dan Terbarukan; Perdagangan, Industri & Kelautan; Layanan Publik, Sumber Daya Alam & Investasi; Industri; Laboratorium; Komoditi dan Solusi Perdagangan; dan Sertifikasi dan Ecoframework.

Untuk layanan jasa Sertifikasi, SUCOFINDO mampu memberikan pelayanan Sertifikasi Sistem Manajemen yang di antaranya Sertifikasi ISO 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi, Sertifikasi SNI ISO 28000:2009 tentang Sistem Manajemen Keamanan pada Rantai Pasokan, Sertifikasi ISO 22000:2018 tentang Sistem Manajemen Keamanan Pangan, Sertifikasi ISO 50001:2018 tentang Sistem Manajemen Energi, Sertifikat SNI ISO 9001:2015 tentang Sertifikat Sistem Manajemen Mutu, SNI ISO 14001:2015 Sertifikat Sistem Manajemen Lingkungan, dan  SNI ISO 45001:2018 Sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Di tengah masa wabah pandemi Covid-19, SUCOFINDO tetap melayani jasa secara prima salah satunya dalam pemastian mutu, pada peralatan kesehatan dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES). SUCOFINDO juga menyediakan pelaksanakan pelatihan secara online dan kegiatan audit dilakukan secara remote audit memanfaatkan teknologi informasi. 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.