Sucofindo Apresiasi Telkom, Raih Sertifikat Surveilans dan Perluasan SMAP

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 15 Oktober 2021 - 10:29 WIB

 SUCOFINDO APRESIASI TELKOM, RAIH SERTIFIKAT SURVEILANS DAN PERLUASAN SMAP
SUCOFINDO APRESIASI TELKOM, RAIH SERTIFIKAT SURVEILANS DAN PERLUASAN SMAP

INDUSTRY.co.id, Jakarta– PT SUCOFINDO (Persero) menyerahkan sertifikat SNI ISO 37001: 2016 tentang Sistemn Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) kepada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Sertifikat ini diserahkan oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO (Persero) Budi Hartanto kepada Direktur Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Afriwandi serta Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Heri Supriadi secara virtual (7/10).

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO (Persero) Budi Hartanto turut menyampaikan apresiasinya kepada Telkom atas keberhasilannya dalam meraih sertifikat SMAP. “Kami sangat berterima kasih kepada Telkom telah mempercayakan kami sebagai Lembaga Testing, Inspection, and Certification untuk melakukan audit dan sertifikasi SMAP. Ini merupakan ke- 2 kalinya kita berkolaborasi, dan tahun ini Telkom kembali berhasil meraih sertifikat SMAP,” kata Budi.

Sebelumnya, Telkom telah meraih sertifikat SMAP pada tahun 2020. “Tahun ini merupakan surveilans SMAP dan Telkom menambah ruang lingkup di perwakilan regional-regionalnya. Kami pun sangat mengapresiasi atas komitmen dalam mengimplementasikan SMAP. Sertifikat ini pun sebagai pembuktian bahwa Telkom telah menerapkan zero anti penyuapan,” ujar Budi.

Penerapan standar SMAP dengan utuh dan konsisten dengan selalu mengidentifikasi risiko anti suap, akan mendukung pencapaian rencana strategis maupun kinerja Telkom. “Kami berharap SMAP ini mampu diterapkan secara berkala dan menjadi upaya dalam perbaikan, perubahan, dan peningkatan di berbagai lini pekerjaan dan perumusan regulasi Telkom,” jelas Budi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Human Capital Management PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Afriwandi mengungkapkan rasa terima kasih kepada PT SUCOFINDO (Persero). “Terima kasih atas atas dukungan SUCOFINDO dalam melakukan audit dan sertifikasi kepada Telkom khususnya terkait SMAP. Sertifikat SMAP ini merupakan bentuk komitmen Telkom sebagai perusahaan publik yang menjunjung prinsip transparansi, compliance, dan telah menjalankan tata kelola perusahaan yang baik,” kata Afriwandi.

Setelah tahapan surveilans dan perluasan sertifikasi SMAP, Telkom berhasil meraih sertifikat SMAP. “Kedepannya kami akan terus berkomitmen dan SMAP ini menjadi panduan kami dalam mengimplementasikan: mencegah, mendeteksi, sampai menangani penyuapan, serta menjadi role model sebagai perusahaan yang patuh terhadapa Good Corporate Governance (GCG),” ujar Afriwandi.

Selanjutnya, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Heri Supriadi turut menyampaikan bahwa prestasi ini membuktikan semangat kolaborasi dan komitmen antarbagian di Telkom. “Ini pun menjadi energi positif bagi kami bahwa Telkom telah menerapkan zero penyuapan atas segala praktik-praktik penyuapan,” ujar Heri.

Heri berharap Telkom kedepannya dapat terus menjaga komitmen dalam mewujudkan SMAP dengan ruang lingkup yang lebih luas, hingga mencapai anak perusahaan. “Kami ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berkolaborasi. Dalam komitmen Telkom dalam memitigasi risiko penyuapan, Telkom memiliki tools digital seperti aplikasi pendafataran vendor secara digital,” kata Heri.

PT SUCOFINDO (Persero) merupakan BUMN Jasa Survei dengan layanan Inspeksi, Pengujian, dan Sertifikasi. Selanjutnya, melalui peranan SUCOFINDO, mampu memberi kepastian serta menjaminkan kualitas keamanan dan keselamatan suatu produk, bahan baku, dan/ atau proses kerja sesuai dengan standar dan regulasi.

Hal ini pun sebagai komitmen SUCOFINDO dalam memberikan pemastian untuk kepentingan perindustrian dan perdagangan, serta perlindungan konsumen.

SUCOFINDO pun dilengkapi dengan 10 portofolio bisnis, yaitu di bidang Mineral; Batu Bara; Minyak dan Gas; Energi Baru dan Terbarukan; Perdagangan, Industri & Kelautan; Layanan Publik, Sumber Daya Alam & Investasi; Industri; Laboratorium; Komoditi dan Solusi Perdagangan; dan Sertifikasi dan Ecoframework.

Untuk layanan jasa Sertifikasi, SUCOFINDO mampu memberikan pelayanan Sertifikasi Sistem Manajemen yang di antaranya Sertifikasi ISO 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi, Sertifikasi SNI ISO 28000:2009 tentang Sistem Manajemen Keamanan pada Rantai Pasokan, Sertifikasi ISO 22000:2018 tentang Sistem Manajemen Keamanan Pangan, Sertifikasi ISO 50001:2018 tentang Sistem Manajemen Energi, Sertifikat SNI ISO 9001:2015 tentang Sertifikat Sistem Manajemen Mutu, SNI ISO 14001:2015 Sertifikat Sistem Manajemen Lingkungan, dan  SNI ISO 45001:2018 Sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Di tengah masa wabah pandemi Covid-19, SUCOFINDO tetap melayani jasa secara prima salah satunya dalam pemastian mutu, pada peralatan kesehatan dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES). SUCOFINDO juga menyediakan pelaksanakan pelatihan secara online dan kegiatan audit dilakukan secara remote audit memanfaatkan teknologi informasi. 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Senin, 06 Desember 2021 - 03:30 WIB

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Memantapkan wawasan, pengetahuan dan pemahaman personel terhadap bentuk, proses dan implementasi kebijakan, politik dan kerja sama internasional di bidang keamanan dan keselamatan lautKemarin.…

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…