Ribuan Warga Intan Jaya Pesta Bakar Batu, Wujud Syukur Pentahbisan Tiga Putra Papua Jadi Imam

Oleh : Herry Barus | Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:15 WIB

Warga Intan Jaya Pesta Bakar Batu Sebagai Tanda Syukur
Warga Intan Jaya Pesta Bakar Batu Sebagai Tanda Syukur

INDUSTRY.co.id - Jayapura - Ribuan masyarakat Intan Jaya, Rabu pagi, (13/10/2021), mengadakan upacara bakar batu sebagai wujud rasa syukur umat Gereja Katholik Santo Misael Sugapa atas pentahbisan tiga orang putra daerah asli Papua menjadi imam yang akan bertugas di sejumlah gereja Dekenat Moni Puncak Jaya.

Hadir dalam acara tersebut Uskup Agung Bandung merangkap Uskup Timika  Mgr. Antonius Subianto .B.osc, para pastor, suster dan panitia pentahbisan.

Tampak juga Kapolres Intan Jaya AKBP Sandi Sultan, Wakapolres AKP Rudy, Kadin BPMK Intan Jaya Joakim Mujijau, anggota DPR Melianus Belau, Ketua Dewan Paroki Intan Jaya Jhon Abugau dan aparat keamanan.

Pesta rakyat diawali dengan doa yang dipimpin Uskup Agung Timika didampingi seluruh pastor, suster dan panitia. Setelah doa dan berkat, Panitia Pentahbisan Imam dan masyarakat mulai mempersiapkan bahan untuk keperluan kegiatan bakar batu.

Tampak tumpukan batu dan daun-daun untuk pembakaran daging sudah disiapkan. Ketika mulai dibakar, masyarakat mulai membunuh sekitar 200 ekor babi dengan menggunakan anak panah.

Setelah babi terbunuh, masyarakat memasukkan daging babi ke dalam lubang galian untuk ditimbun dengan batu yang sudah dibakar kemudian ditutup dengan daun-daunan dan menunggu hingga daging babi masak.

Sambil menunggu daging masak, masyarakat melakukan tarian adat (Waita) untuk menunjukkan rasa syukur dan ucapan terima kasih mereka atas kegiatan bakar batu.

Dengan didahuli doa bersama, masyarakat mulai membongkar daging babi yang ditimbun batu panas dan mulai membagi-bagi hasil bakar batu tersebut.

Ada hal yang unik, disaat masyarskat mulai memotong daging babi, mereka saling membagikan atau saling tukar daging babi sesuai adat, baru kemudian makan bersama.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:53 WIB

Sah! Jokowi Lantik 17 Dubes Baru RI, Ada Nama Mantan Bos Kadin Hingga Jubir Presiden

Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi melantik 17 duta besar baru RI untuk 34 negara sahabat di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/10/2021).

Anggota DPR Fraksi Gerindra Novita

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:52 WIB

Polemik Syarat Terbang PCR dari Mendagri! Novita DPR: Aturan ini Lahir Kenapa, Landasannya Apa?

Menyikapi Instruksi Menteri Dalam Negri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2 dan 1 di Jawa dan Bali, Novita Wijayanti selaku Anggota Komisi V mempertanyakan landasan aturan…

Ilustrasi Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:40 WIB

Kemenkop UKM Diminta Komisi VI Evaluasi Penyaluran BPUM, Enggak Tepat Sasaran?

Anggota Komisi VI DPR RI Haeny Relawati Rini Widyastuti berharap agar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dapat menyalurkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)…

Anggota Komisi IX DPR RI drg. Putih Sari

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:31 WIB

Penumpang Pesawat Wajib PCR, DPR Cantik Ini Geleng-geleng! Makin Susut Covid-19 Kok Aturannya Makin Ribet

Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sati menyoroti soal kebijakan pemerintah yang mewajibkan tes PCR bagi penumpang pesawat.  Padahal diketahui sebelumnya syarat perjalanan udara cukup hasil tes…

FLOORNAVI Sistem Kontrol Tujuan (Destination Control System) dari Toshiba Memenangkan Medali Emas di iF DESIGN AWARD 2020

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:26 WIB

Hebat! Temukan Sistem Penyimpanan Energi Traksi untuk Kereta Api, Toshiba Raih Penghargaan Good Design Award 2021

Tokyo —Toshiba Group mendapatkan dua penghargaan di Japan’s Good Design Award 2021, suatu penghargaan tahunan yang disponsori oleh Japan Institute of Design Promotion sebagai penghargaan…