Ibu Hamil Mengidap Diabetes Dianjurkan Tidak Puasa

Oleh : Irvan AF | Rabu, 31 Mei 2017 - 09:46 WIB

Diabetes
Diabetes

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ibu hamil yang menderita diabetes mellitus tipe 1 dianjurkan untuk tidak berpuasa karena harus memproduksi gula untuk janin, kata dokter Efendi Rimba dari Klinik Graha Citra Husada.

"Ibu hamil yang ada diabetes tipe 1 kalau bisa jangan berpuasa karena itu risiko sangat tinggi," ujar dia di Jakarta, Selasa.

Penderita diabetes tipe 1 tidak dapat mengatur gula dalam tubuhnya, kata Efendi, apalagi ditambah harus memproduksi gula untuk janin selama ada di kandungan.

"Selain produksi untuk diri sendiri, dia harus produksi gula juga untuk bayinya, jadi yang produksi gula itu ibunya karena janin belum bisa produksi gula," ucap Efendi.

Sementara untuk ibu hamil penderita diabetes tipe 2 yang merasa kuat dapat melakukan puasa dengan memperhatikan kadar gula darah.

Ibu hamil penderita diabetes biasanya menggunakan obat suntik insulin, bukan oral agar tidak mempengaruhi plasenta, sementara obat suntik dampaknya masuk ke plasenta hanya kecil.

Efendi menyarankan ibu hamil penderita diabetes yang berpuasa untuk rutin periksa gula darah, setidaknya dua minggu sekali.

"Dia harus sadar diri gula tinggi atau rendah, tahu sendiri saat drop bisa gemetaran, tangan tremor, jantung berdebar-debar, keringatan sampai basah kuyup karena gula rendah," tutur dia.

Penderita diabetes harus memperhatikan asupan gizi, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks agar tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Diabetes tidak bisa disembuhkan, melainkan hanya bisa dikendalikan dan menjaga kadar gula darahnya.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…