Gelar Groundbreaking Perluasan Lahan 105 Hektare, Bos KIIC: Permintaan Meningkat

Oleh : Ridwan | Selasa, 12 Oktober 2021 - 14:15 WIB

Groundbreaking perluasan lahan KIIC (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Groundbreaking perluasan lahan KIIC (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Karawang - Karawang International Industrial City (KIIC) resmi menggelar acara Groundbreaking atau peletakan batu pertama perluasan area kawasan industri yang mencapai 105 hektare (ha) pada Selasa (12/10/2021).

Acara groundbreaking tersebut dihadiri oleh Presiden Direktur KIIC Makoto Yamaguchi, Direktur KIIC Sanny Iskandar, CEO Commercial Sinarmas Land Hongky J. Nantung, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, serta Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh.

Dalam sambutannya, Sanny Iskandar mengatakan, perluasan area yang mencapai 105 ha ini menjadi bagian dari total area yang mencapai kurang lebih 1500 ha.

Dijelaskan Sanny, perluasan area ini dilatarbelakangi oleh permintaan atas lahan industri di Karawang yang terus meningkat meski pandemi Covid-19 masih melanda Tanah Air.

"Ya memang harus diakui bahwa permintaan akan lahan kawasan industri di Karawang terus meningkat, sekalipun kawasan Rebana terus didorong oleh Bapak Gubernur Jawa Barat, tetapi Karawang masih menjadi daya tarik tertinggi bagi para investor," terang Sanny.

Saat ini, jelas Sanny, beberapa industri besar sudah ikut bergabung dan melakukan produksi di dalam KIIC antara lain, Toyota, Yamaha, Philip Morris, Ajinomoto, Kao. Bahkan, beberapa sektor usaha yang berkembang saat ini seperti data center pun sudah mulai bergabung dengan KIIC.

"Dan harus diakui bahwa perusahaan yang masuk ke Karawang juga merupakan perusahaan-perusahaan kelas dunia," kata Sanny.

Selain itu, lanjutnya, perseroan juga terus mendorong industri yang ada di dalam kawasan KIIC untuk bermitra dengan para pengusaha lokal, sehingga turut berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan daerah Karawang.

"Kami berharap dengan adanya penambahan lahan ini, penyerapan tenaga kerja di daerah Karawang bisa semakin terus ditingkatkan," turur Sanny.

Presiden Direktur KIIC Makoto Yamaguchi mengungkapkan rasa bahagianya atas terlaksananya peletakan batu pertama perluasan lahan KIIC.

Ia berharap semua pihak yang ikut dalam proyek perluasan lahan KIIC ini bisa melakukan yang terbaik, serta melakukan pekerjaan yang aman, berkualitas dan smart.

"Semoga dengan perluasan lahan ini, KIIC dapat semakin berkontribusi lebih banyak terhadap masyarakat sekitar," kata Makoto.

Dikesempatan yang sama, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, groundbreaking ini menandakan bahwa Karawang masih menjadi daya tarik investasi terbaik di Indonesia.

"Walaupun banyak yang sedang mengembangkan kawasan industri di wilayah lainnya, tapi yakinlah Karawang tetap menjadi yang terbaik dan terbuka untuk pengelolaan kawasan industri," kata Cellica.

Lebih lanjut, Cellica mengungkapkan, memasuki usia ke 30 tahun, KIIC telah menjadi salah satu pusat perkembangan industrialisasi terbaik di Karawang.

"Hampir kurang lebih ada 60 ribuan pabrik di Karawang, yang terbaik ada di KIIC," terangnya.

Senada dengan Sanny Iskandar, Cellica juga menyebut bahwa perusahaan-perusahaan terbaik dunia saat ini ada di Karawang. Oleh karena itu, dirinya optimis bahwa sudah saatnya para investor ini melirik ke Karawang terlebih dahulu sebelum ke daerah lainnya.

"Harapan kami, dengan perluasan ini artinya sudah ada pembeli artinya Karawang Good Investment, Good Investasi, sehingga besar harapan dari 105 ha bisa berkembang dan tentunya kita bisa mampu menarik investor dunia sehingga besar harapan kami ini ada implikasinya kepada masyarakat di Karawang," tutup Cellica.

Karawang International Industrial City (KIIC) merupakan perusahaan joint venture antara Sinar Mas Land dan ITOCHU Corporation asal Jepang.

Dalam perjalanannya, KIIC adalah kawasan industri pertama di Indonesia yang menerima sertifikat ISO 9001:2000, ISO 14001:2004 untuk Sistem Manajemen Kualitas & Lingkungan pada tahun 2002, dan sertifikat OHSAS 18002:2007 untuk Sistem Manajemen Kesehatan & Keselamatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.